Kencur untuk Menobati Batuk Secara Alami

6 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Kencur atau yang dalam dunia ilmiah dikenal dengan sebutan Kaempferia galanga adalah salah satu tumbuhan herbal yang biasanya dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur layaknya kunyit, jahe, daun salam, dan yang lainnya. Namun siapa sangka, ternyata kencur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai manfaat kencur untuk kesehatan. Yuk, simak dengan seksama.

 

Mengatasi Gangguan Pencernaan

penyakitlambung.com
penyakitlambung.com

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diaret atau sembelit, salah satunya adalah dengan mengambil semua manfaat yang ada dalam kencur. Kencur yang dikenal sebagai rempah khas alami yang biasanya ditemukan di Indonesia ini ternyata mempunyai khasiat untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

Biasanya gangguan pencernaan terjadi karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Adapun cara penggunaannya adalah dengan menambahkan beberapa irisan rempah pada masakan. Atau bisa juga membuat ramuan alami sendiri dari kencur yang bisa kamu konsumsi setiap hari sebagai ramuan obat yang efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Mengatasi Pilek dan Sakit Gigi

cara-sembuh.blogspot.com

Pilek dapat menjadi penyebab mengapa suara kamu menjadi berdengung. Untuk bisa mengatasi pilek, kamu dapat mengonsumsi makanan yang dibuat khusus dengan menambahkan beberapa irisan kencur.

kencur dapat membantu menghangatkan tubuh dan tenggorokan serta membuatnya jauh lebih nyaman. Selain itu suara yang berdengung akan hilang setelah pilek kamu sembuh. Jika pilek sudah sembuh maka suara alami kamu akan kembali seperti sedia kala. Selain bisa untuk mengatasi pilek, irisan kencur juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Mengobati Sesak Napas

hargaobatacemaxsmurah.blogspot.com

Sesak napas jika tidak diatasi dengan segera maka akan bisa membahayakan tubuh. Nah, salah satu manfaat kencur untuk kesehatan adalah bisa mengobati sesak napas. Sesak napas bisa terjadi tergantung dengan kondisi kesehatan penderitanya. Bagi mereka yang sudah mempunyai riwayat asma, harus dapat menjaga dengan baik kesehatan tubuhnya.

Sesak napas ringan bisa terjadi jika kamu merasa gugup, terlalu resah atau stress. Untuk pengobatannya sendiri salah satunya bisa menggunakan kencur. Adapun cara penggunaannya adalah kamu bisa menaruh irisan kencur ke dalam makanan atau minuman kamu.

Mengatasi Sakit Kepala

pasberita.com
pasberita.com

Sakit kepala bisa menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitasmu. Hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya. Jika kamu seringkali mengalami sakit kepala, maka bisa mencoba menggunakan kencur sebagai media pengobatannya. Kencur bisa dijadikan seabagai obat alami sakit kepala pengganti obat sakit kepala dari bahan kimia.

Adapun cara penggunaan kencur sebagai obat sakit kepala adalah kamu hanya perlu mengonsumsi kencur yang diracik menjadi makanan atau minuman yang lezat. Selain rasanya yang lezat, makanan dan minuman yang terdapat kencur penuh dengan kandungan gizi dan tentunya menyehatkan tubuh.

Mencegah Jerawat dan Menurunkan Berat Badan

http://gazettereview.com
gazettereview.com

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, kencur juga memiliki manfaat untuk mencegah jerawat dan menurunkan berat badan. Buat kamu yang ingin menjadi lebih cantik dan menarik tanpa mengelurkan banyak biaya, maka bisa mencoba untuk memanfaatkan kencur.

Adapun cara pemanfaatan kencur sebagai pencegah jerawat adalah kamu bisa menggunakannya sebagai masker alami. Masker kencur bisa menghilangkan jerawat yang membandel serta mencegah jerawat datang lagi. Sedangkan manfaat kencur untuk menurunkan berat badan adalah dengan membuat ramuan khusus untuk membantu menghilangkan lemak berlebih di tubuh.

Mengobati Keseleo

kompas.com
kompas.com

Siapa sangka, ternyata kencur juga bisa bermanfaat untuk mengobati keseleo loh. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan kencur sebanyak 2-3 rimpang.
  • Kemudian bersihkan dengan cara dicuci.
  • Selain itu, siapkan juga beras satu genggam yang sebelumnya sudah kamu rendam.
  • Selanjutnya campur semua bahan dan haluskan dengan cara ditumbuk sampai halus sempurna.
  • Jika sudah halus, kemudian oleskan pada area tubuh yang keseleo.

Demikian beberapa manfaat kencur untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment