4 Manfaat Jambu Batu

Sebelum masuk pada manfaat Jambu Batu, Anda juga mengerti bahwa Jambu Batu bisa digunakan sebagai buah konsumsi sehari-hari. Buah ini biasa ditemukan di desa-desa baik di tengah rerumputan ataupun taman yang sengaja di tanam.

Jambu Batu atau dalam bahasa ilmiahnya Psidium Guajava ternyata mengandung banyak manfaat. Bila dalam kehidupan sehari-hari buah ini kadang hanya kita biarkan sampai membusuk, kini Anda harus merawatnya dan mengkonsumsinya demi kesehatan Anda.

kompasiana.com
kompasiana.com

Berikut ini 5 manfaat Jambu Batu menurut penelitian di bidang kesehatan:

  1. Mencegah Kanker

Jambu biji ternyata dapat menyembuhkan penyakit kanker. Mengapa demikian, sebab Jambu Batu terutama yang berwarna merah sangat banyak mengandung antioksidan. Antioksidan inilah yang akan melawan kanker bersama likopen yang mudah terserap.

  1. Mencegah Serangan Jantung

Hipertensi. Ya, kondisi semacam itu dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit serangan jantung. Buah ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sebab buah Jambu Batu mengandung serat yang dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Mengobati Diare

Manfaat selanjutnya yakni mengobati diare. Buah ini mengandung anti bakteri yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri saat terserang diare. Saat diare atau yang biasa disebut disentri, karetinoid, vitamin C dan potassium juga membantu membunuh bakteri.

  1. Mengobati Batuk dan Flu

Melanjutkan manfaat buah yang kaya akan vitamin C, Jambu Batu juga berfungsi sebagai obat batuk dan flu. Hal ini dikarenakan Jambu Batu yang diramu akan bekerja untuk mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernafasan bebas dari infeksi.

 

Demikian manfaat Jambu Batu, buah yang sering kita jumpai di sekitar kita. Semoga kita dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Leave a Comment