Buah Persik

Manfaat Buah Persik yang Cocok Untuk Membantu Program Dietmu

Kita mungkin sering mendengar tentang buah persik. Atau malah kita sering melihat buah persik tetapi tidak tahu bahwa namanya adalah buah persik. Ternyata, menurut penelitian buah persik memiliki banyak manfaat, dan ini akan kita bahas pada artikel kali ini.

Buah Persik, dengan kulit lembut dan daging manis, adalah buah yang biasanya berbuah pada musim panas / tropis. Buah persik adalah salah satu tanaman buah yang tumbuh terbesar di Amerika Serikat dan di beberapa negara lainnya. Persik memberikan banyak nutrisi tetapi dengan sedikit kalori dan tanpa lemak. Buah persik adalah salah satu resep sehat untuk dimasukkan dalam porsi buah harian kamu.

Satu buah persik besar, dengan diameter sekitar 2 3/4 inci , hanya mengandung 68 kalori dan tidak mengandung lemak. “Mengemil” buah persik tidak akan menggemukan sebagaimana makanan ringan olahan, seperti keripik, roti panggang, sereal batang dan berbagai jenis kue kering. Mengkonsumsi buah persik dapat membantu kamu mengelola berat badanmu.

Buah persik memiliki rasa manis secara alami dan dapat menggantikan beberapa gula buatan untuk membantu dalam program dietmu. Gunakan buah persik ke atas sereal gandum tanpa gula, yogurt polos, keju rendah lemak atau makanan lainnya. Ini sebagai alternatif dari pemanis seperti sirup jagung dengan fruktosa tinggi atau gula tebu.

Buah persik mengandung 10 vitamin yang berbeda. Sebuah persik besar mengandung 570 unit vitamin A, penting untuk menjaga kesehatan, dan 11,6 mg vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan dan pembentuk jaringan.

Buah persik menyediakan vitamin E dan K dangan tingkat yang lebih rendah, yaitu sekitar 6 persen dari kalori harian, 2.000 kalori. Vitamin E juga merupakan antioksidan, sementara vitamin K bermanfaat untuk kemampuan pembekuan darah tubuhmu (ketika luka). Buah persik juga merupakan sumber thiamin, riboflavin, vitamin B-6, niacin, folat dan asam pantotenat.

Manfaat buah persik
Manfaat buah persik – www.freegreatpicture.net

Sebuah persik besar mengandung 333 mg kalium. Kalium dapat membantu Anda menjaga tekanan darah yang sehat serta mencegah batu ginjal dan tulang. The Institute of Medicine merekomendasikan bahwa semua orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi 4.700 miligram potasium sehari. Buah persik memberikan beberapa magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, zat besi dan kalsium juga. Mineral ini juga bekerja untuk mendukung sel darah merah, tulang dan kesehatan sistem saraf.

Dalam “Journal of Medicinal Food,” sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Oktober 2009 melaporkan bahwa antioksidan yang terkandung daging dan kulit buah persik cukup signifikan. Salah satu antioksidan utama dalam buah persik, asam chlorogenic, membantu mengikat radikal bebas – senyawa yang tubuh kamu peroleh melalui paparan polutan, makanan dan lingkungan – untuk mengurangi efek penuaan dan mencegah penyakit kronis. Antioksidan ini juga dapat membantu mencegah kanker dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sebuah persik besar menyediakan 17 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Serat sangat penting untuk kelancaran dan pencernaan yang sehat, mencegah sembelit dan memastikan kesehatan pencernaan. Serat juga memainkan peran dalam mengatur kadar kolesterol kamu dan membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Seorang wanita dewasa harus mencoba untuk mengkonsumsi 25 gram serat setiap hari, dan orang dewasa pria 38 gram sehari.

Jadi, dari pembahasan di atas bisa kita simpulkan bahwa keutamaan buah persik kurang lebih adalah sebagai berikut:

  1. Rendah kalori, sehingga tidak menyebabkan kegemukan
  2. Memiliki rasa manis yang bisa menggantikan gula
  3. Memiliki banyak vitamin
  4. Mengandung antioksidan
  5. Mengandung serat

Itulah manfaat-manaat buah persik, kawan. Semoga kita bisa mengambil berkah dari diciptakannya buah persik.


Sumber data: Livestrong.com