Tips Manajemen Sumber Daya Manusia yang Baik untuk Perusahaan

Manajemen sumber daya manusia atau MSDM merupakan ilmu yang mempelajari cara mengatur hubungan hubungan antar manusia agar kemampuannya dapat digunakan secara efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsep dari ilmu ini adalah bahwa karyawan bukanlah mesin dan juga bukan hanya sebagai sumberdaya bisnis. Ilmu ini menggunakan bidang ilmu lainnya seperti psikologi, sosiologi dan lain-lain. Suatu perusahaan akan berkembang dengan baik jika memiliki tenaga manajerial yang baik pula.

Namun untuk mendapatkan tenaga manajerial yang baik tidaklah mudah. Karena itu banyak perusahaan menggunakan jasa pihak ketiga seperti konsultan tenaga kerja untuk melaksanakan rekruitmen dan seleksi bagi calon karyawan baru.

Bahkan tidak jarang para perusahaan melakukan cara kurang pantas seperti membajak karyawan (headhunting/hijacking) dari perusahaan lain.

http://pixelperfect.qwikwebs.com/
http://pixelperfect.qwikwebs.com/

Mendapatkan karyawan memang tidak mudah, sekalipun sudah dapat belum tentu karyawan tersebut akan betah. Gaji besar, fasilitas lengkap dan karir cemerlang saja tidak cukup untuk mempertahankan orang apalagi pada tingkatan manajerial.

Orang baru mungkin senang dengan hal tersebut, namun itu hanya sementara. Jika syarat kerja, tuntutan kerja dan posisinya tidak sesuai dengan kemampuannya, bisa jadi orang baru tersebut akan mental dan keluar dari perusahaan.

Salah satu cara untuk membuat karyawan baru betah adalah dengan memperkenalkannya pada lingkungan kerja serta tugas-tugasnya secara spesifik dan di-expose budaya perusahaan serta nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan.

Tentunya ilmu MSDM ini penting untuk dipelajari jika Anda ingin memiliki karyawan yang dapat maksimal dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Leave a Comment