Apakah Kamu Sedang Menderita Anemia? Komsumsilah 6 Makanan Ini untuk Menambah Darah

Sebagian orang seringkali kurang bersemangat dalam beraktivitas. Mereka merasa lesu, lemas, dan cepat letih saat melakukan kegiatan. Hal ini mungkin saja orang tersebut sedang terkena anemia.

Anemia adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya zat homoglobin dalam darah dimana zat ini bertugas untuk mengedarkan oksigen dan air ke seluruh tubuh. Nah, hal inilah yang menyebabkan seseorang merasa letih, lesu, dan lemas.

Karena zat homoglobin dalam darah kurang, sehingga zat tersebut tidak mampu bekerja maksimal untuk mengendarkan oksigen dan air di dalam seluruh tubuh.

Oleh karena itu, para penderita anemia sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan sel darah merah. Mungkin, beberapa makanan di bawah ini bisa membantu kamu dalam mengatasi penyakit anemia.

Daging

duajurai.com

Makanan selanjutnya yang mampu membantu kamu dalam menyelesaikan permasalahan penyakit anemia yang sedang diderita adalah daging sapi. Karena daging sapi memiliki kandungan protein dan zat besi sangat tinggi.

Menurut penelitian, 100 gram daging sapi mengandung 2,8 miligram zat besi. Jika kamu teratur dalam mengonsumsi daging sapi ini, kemungkinan besar penyakit anemia kamu akan segera teratasi.

Jeroan

supplierayam.com

Mungkin, jeroan hewan, seperti ayam dan sapi dianggap makanan yang tidak layak dikonsumsi di luar negeri. Karena menurut mereka, makanan ini banyak menimbulkan berbagai penyakit.

Namun, ternyata jeroan, terutama hati memiliki kandungan zat besi seng, fosfor, dan vitamin B12 yang bisa membantu seseorang mengatasi anemia.

Dalam 3 ons hati sapi atau ayam terkandung 2,1 miligram zat besi. Hal ini sangat baik untuk kamu yang sedang mengalami anemia.

Sayuran

ragambudidaya.blogspot.com

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab seseorang terkena anemia adalah kurangnya zat homoglobin dalam tubuh. Zat homoglobin ini termasuk dalam zat besi. Sedangkan sayuran termasuk makanan yang banyak sekali mengandung zat besi.

Sehingga, dengan mengonsumsi sayuran, maka jumlah homoglobin kamu meningkat dan peredaran oksigen dan air di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik. Beberapa sayuran yang baik untuk mengatasi anemia ini adalah bayam, brokoli, dan kentang.

Kacang Almond

medicaldice.com

Makanan selanjutnya yang dapat membantu mengatasi anemia adalah kacang-kacangan. Karena kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi yang bisa mengatasi anemia.

Dari sekian banyak jenis kacang-kacangan, kacang almond termasuk kacang terbaik yang bisa mengatasi anemia. Karena dalam satu ons kacang almond terkandung 6% zat besi yang di butuhkan oleh tubuh.

Jadi, secara otomatis jumlah zat besi dalam tubuh kamu akan meningkat sebanyak 6% dari yang dibutuhkan tubuh, jika kamu mengonsumsi satu ons kacang almond.

Delima

www.mamapeduli.info

Mungkin, kandungan zat besi pada buah delima tidak sebanyak makanan lainnya. Karena delima hanya memiliki kandungan zat besi sebanyak 0,3 miligram dalam setiap 100 gram-nya.

Namun, delima bisa dijadikan variasi makanan penambah zat besi untuk mengatasi penyakit anemia. Karena tentu saja kamu akan merasa bosan jika makanan yang kamu konsumsi itu saja.

Selain itu, delima juga masih memiliki banyak sekali kandungan selain zat besi. Hal ini sangat baik untuk mengatasi permasalahan-permasalahan lainnya yang dialami oleh tubuh kamu.

Semangka

elitespringbedmattress.wordpress.com

Satu lagi buah yang bisa kamu jadikan variasi dalam upaya menambah zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi anemia adalah semangka. Memang, kandungan zat besi pada semangka jauh lebih sedikit dibandingkan makanan sebelumnya.

Namun, tidak ada salahnya membuat variasi makanan dengan mengonsumsi buah semangka. Dalam 100 gram buah semangka terkandung 0,2 miligram zat besi.

Leave a Comment