Macam-macam Motif Batik dari Berbagai Penjuru Nusantara

Batik merupakan salah satu hasil dari kebudayaan asli Indonesia. Batik juga telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia.

Berbagai macam motif batik indonesia menjadi ciri khas yang dapat mempersatukan rakyat indonesia. Bahkan di acara kenegaraan, pemimpin pemimpin kita sering menggunakan batik sebagai pakaian resmi mereka.

Di acara pernikahan penduduk indonesia kita akan menemukan hampir semua yang hadir akan memakai batik. Dikampus kampus indonesia juga marak sekali pemakaian batik yang biasanya diadakan khusus untuk hari jumat.

Batik diciptakan menggunakan kain putih berbahan kain mori. Seiring perkembangan jaman, seni lukis batik juga bisa menggunakan di kain kain lain seperi sutera, rayon, poliester dan bahan bahan lainya. Motif batik dibuat dari cairan lain dengan menggunakan alat bernama canting.

Lilin yang dituiskan motif tertentu akan menyerap kedalam serat sgerat kain, sehingga bisa tahan lama. Setelah selesai ditulis, batik bisa dicelupkan ke cairan untuk proses pewarnaan. Indonesia memiliki berbagai macam motif batik yang berbeda disetiap daerahnya, bahkan ada beberapa daerah yang memiliki lebih dari satu motif batik. Untuk lebih jelasnya berikut adalah macam macam motif batik di Indonesia.

 

Batik Jepara

nationalbowlgame.org
nationalbowlgame.org

Batik jepara lama memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lainnya.

Batik Kudus

wordpress.com
wordpress.com

Batik kudus sebenarnya merupakan perpaduan dari beberapa motif batik dari Pekalongan, Jogja, dan Solo. Dahulu banyak pedagang yang membawa batik batik dari kota tersebut untuk diperdagangkan di kota Kudus.

Batik Kediri

sokashop.com
sokashop.com

Batik kediri khas dengan beberapa bulatan bulatan kecil yang membentuk suatu pola, batik ini terlihat sangat elegan ketika dikenakan dalam acara acara formal maupun non formal.

Batik Tulungagung

morphballs.com
morphballs.com

Batik tulungagung sangat khas dengan warna hitam dan cokelat. Motf batik ini berupa buket ceprik gringsing dan buket ceprik pacit ungker.

Batik Banten

blogspot.com
blogspot.com

Batik ini mulai dekenal masyarakat pada tahun 2002. Batik banten khas dengan motif dataluya, mandalikan, pasulaman dan masih banyak lagi

Batik Jombang

blogspot.com
blogspot.com

Batik Jombangan dikenal pada tahun 1993. Batik Jombang terinspirasi dari batik solo yang memang sangat kaya dengan berbagai motif batik. Batik jombang mengadaptasi pola pola candi Arimbi yang memang berada di Jombang.

Batik Cirebon

senirupaterapanbatikindonesia.blogspot.com
senirupaterapanbatikindonesia.blogspot.com

Ciri khas Batik Cirebon adalah adalah motif batik Mega Mendung. Pola motif batik ini berbentuk seperti awan. Namun Cirebon memiliki batik terkenal lain seperti batik kompeni transportasi, batik kupu kupu dan batik ikan laut.

Batik Sido Luhur

ubatik.wordpress.com
ubatik.wordpress.com

Motif batik ini merupakan motif batik asli keratorn solo. Motif batik ini mengandung makna keluhuran yang berarti harapan agar bisa mencapai kedudukan yang tinggi dan menjadi panutan masyarakat.

Batik Sidomukti

jejakbatik.blogspot.com
jejakbatik.blogspot.com

Motif batik ini biasanya digunakan dalam upacara adat pernikahan. Pola dasar motif batik ini adalah gurda yang memiliki filosofi harapan untuk mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin.

Batik Kawung

photobucket.com
photobucket.com

Motif batik ini berupa bulatan seperti buah kawung, yaitu sejenis buah kelapa. Kadang batik ini juga berupa motif bunga Teratai dengan 4 lembar daun bunga yang merekah.

Batik Sekar Jagad

http://batik.or.id/
http://batik.or.id/

Batik ini merupakan salah satu batik paling populer di Indonesia. Makna motif batik ini adalah kecantikan dan keindahan. Kata Jagad berartii dunia menggambarkan keragaman di seluruh dunia.

Batik Tambal

ubatik.wordpress.com
ubatik.wordpress.com

Motif batik ini mirip sekali dengan tambalan kain maun terlihat lebih elegan. Batik ini memang memilik makna menyembuhkan atau memperbaiki sesuatu.

Batik Cuwiri

batikmotifs.blogspot.com
batikmotifs.blogspot.com

Batik cuwiri biasanya dipakai untuk kemben dalam acara adat mitoni. Batik ini khas dengan motif meru dan gurda.

Batik Sudagaran

kedaibarangantik.blogspot.com
kedaibarangantik.blogspot.com

Batik saudagaran berasal dari motif keraton yang oleh seniman dimodifikasi agar masyarakat biasa dapat memakainya. Warna batik ini umumnya biru tua.

Batik Ceplok

www.sokashop.com
www.sokashop.com

Motif batik ini biasanya didasarkan pada mawar melingkar, bintang atau bentuk kecil lainya.

Batik Parang

dunianyamaya.wordpress.com
dunianyamaya.wordpress.com

Batik ini adalah salah satu yang paling populer di masyarakat Jawa. Terdapat dua jenis yaitu Parang Rusak dan Parang Barong. Parang Barong zaman dahulu hanya dipakai oleh raja dan dianggap sebagai pola yang suci.

Batik Semen

batikdan.blogspot.com
batikdan.blogspot.com

Batik ini terinspirasi dari alam sehingga motifnya pun berisi tentang sesuatu yang ada di alam, Seperti daun, gunung dan hewan.

  • Milal

    Makasih, sangat membantu. Hanya kurang asal daerahnya saja 🙂

  • bagus.kok hanya aku orang tahun 2017 ^-^