Kura-kura Galapagos, Kura-kura Terbesar dan Tertua di Dunia yang Sampai Saat Ini Masih Hidup

Kamu semua pasti tahu kura-kura kan? Hewan yang selalu diidentikkan dengan hewan lambat atau lelet. Tapi, kamu tahu tidak kalau ada kura-kura yang bisa hidup 100 tahun lebih dan beratnya bisa mencapai 500 kg. Daripada penasaran mari kita pelajari salah satu reptil yang hampir punah ini.

 

Galapagos, Kura-kura Terbesar dan Tertua di Dunia

galapagos-tortoise-3
www.decatur-parks.org

Kura-kura Galapagos merupakan salah satu hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Kura-kura ini berasal dari Pulau Galapagos, Ekuador. Karena populasinya yang semakin menurun, pemerintah setempat menetapkan aturan ketat atas perlindungan  hewan ini.

Panjang tubuh Kura-kura Galapagos dapat mencapai 1,2 meter dan berat 500 kg. Kura-kura ini dapat hidup hingga usia 150 tahun. Seperti kura-kura pada umumnya yang berjalan sangat lambat, galapagos hanya dapat berjalan dengan sejauh 0.5 km per jam. Hal ini tentu karena ukuran kura-kura galapagos yang super besar, selain itu usianya juga bisa mencapai 100 tahun lebih.

Persebaran Kura-kura Galapagos

kura-kura galapagos
www.zmescience.com

Kura-kura ini berasal dari Pulau Galapagos, Ekuador. Sampai saat ini tercatat ada 14 spesies kura-kura galapagos yang mendiami pulau galapagos, namun sayangnya 4 dari 14 spesies tersebut telah punah, hanya tinggal 10 spesies yang masih tersisa.

Beberapa pulau yang menjadi habitat kura-kura galapagos adalah Pulau Espa├▒ola, Fernandina, Floreana, Pinta, Pinzon, San Cristobal, Santa Cruz, Santa Fe dan Santiago serta lima gunung berapi besar di Pulau Isabela (Wolf, Darwin, Alcedo, Sierra negra dan Cerro Azul).

Itulah beberapa pengetahuan tentang kura-kura galapagos, terbesar dan tertua di dunia. Semoga menambah pengetahuanmu tentang satwa langka yang hampir punah ini.

 

Leave a Comment