5 Kota dengan Biaya Hidup Per Orang Termurah di Indonesia

Mungkin orang Solo atau Cirebon akan heran dengan demonstrasi yang dilakukan oleh para buruh di Jakarta. Kok upah Upah Minimum Provinsi sebesar 3,1 juta masih saja dirasa kurang oleh para buruh di Jakarta. Padahal dengan pendapatan segitu, sudah cukup berlebih untuk hidup di Cirebon dan kota lain.

Walaupun gaji di ibukota Jakarta begitu tinggi, tapi biaya hidup di sana juga amat tinggi. Sedangkan di beberapa kota lain, walaupun gajinya tak seberapa, ternyata masih cukup untuk bisa hidup sehari-harinya.

Ada beberapa kota yang dikenal dengan biaya hidup yang cukup rendah di Indonesia. Mungkin bisa jadi alternatif pilihan buat kamu yang ingin berpindah tempat tinggal atau sekedar travelling.

Berikut adalah 5 kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia tersebut.

Kota Solo

ghiboo.com

Sebagai salah satu kota terkenal, destinasi wisata budaya yang favorit, siapa sangka kota Solo dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Walaupun UMR yang ditetapkan pemerintah sebesar 1,4 juta rupiah, tapi banyak warga Solo yang bisa bertahan hidup hanya dengan mengantongi 500 ribu/bulan.

Kamu akan menjumpai banyak warung sederhana yang menjual nasi mulai dari 5000-an. Kalau makan nasi kucing mungkin cukup dengan 3000 rupiah saja untuk dua bungkusnya.

Kota Cirebon

thepresidentpostindonesia.com

Cirebon yang dikenal dengan ragam kulinernya yang lezat, ternyata juga salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Untuk biaya hidup sederhana, kamu hanya perlu punya pendapatan 600-800 ribu rupiah saja perbulannya.

Sayangnya Kota Cirebon kurang diminati oleh anak-anak muda maupun perantau karena minimnya perguruan tinggi dan lapangan pekerjaan.

Kota Yogyakarta

jalanhematmurah.wordpress.com

Sebagai kota budaya dan kota pelajar paling utama di Indonesia, tentu saja biaya hidup di Jogja menjadi komponen paling penting bagi para pendatang. 130 perguruan tinggi di Yogyakarta menjadi magnet bagi 150.000 mahasiswa baru setiap tahunnya.

Namun untungnya biaya hidup di Jogja cenderung lebih murah, walaupun kini terus merangkak naik. Estimasi biaya hidup rata-rata adalah sekitar 800 ribu perbulannya, dengan UMP 1,4 juta.

Kota Sibolga

hutagalung-cyber.blogspot.com

Berpindah keluar Jawa, ada satu kota di pulau Sumatera yang punya biaya hidup yang paling murah, yakni kota Sibolga. Kota yang masuk dalam provinsi Sumatera Utara ini diperkirakan rata-rata penduduknya menghabiskkan 1-1,5 juta per bulannya.

Bagi kamu yang ingin mencari lokasi travalling yang indah namun murah biaya hidupnya, Sibolga adalah tempatnya. Kota ini memiliki pantai dan lereng indah yang menghadap pegunungan.

Kota Purwokerto

shintarismileatrain.wordpress.com

Kota Purwoekerto adalah bagian dari Kabupaten Banyumas. Biaya hidup di daerah yang terkenal dengan logat ngapaknya ini berkisar di angka 1 jutaan. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Purwokerto untuk sekedar berlibur, banyak destinasi wisata yang ditawarkan dengan biaya yang tak kalah murahnya.

4 thoughts on “5 Kota dengan Biaya Hidup Per Orang Termurah di Indonesia

  1. Betul itu mas/mbak sebagai warga solo saya merasakan betul betapa murahnya itu yang namanya nasi kucing 3000 rupiah saja sudah bisa makan, tapi cari uang agak sulit jika dibandingkan di jakarta dan sekitarnya. Sekarang aku di bandung rindu sekali dengan makanan solo yang enak dan murah itu..

  2. Belum pernah ke kota payakumbuh.kota pertanian dan peternakan sumatra barat ? Biaya hidup di sana hanya 700 ribu/bln.nasi sebungkus cuma 7000.

Leave a Comment