Begini Jadinya Kalau 14 Keyboard Disatukan untuk Mengetik Emoji

Kamu pasti sering banget kan menggunakan aplikasi chatting di smartphone? Sebut saja salah satunya adalah WhatsApp. Aplikasi chatting yang sangat populer, bukan cuma anak muda saja, bahkan orang tua juga menggunakannya. Mungkin karena cara mengoperasikannya yang mudah dan tidak terlalu berat berjalan di jenis smartphone apa pun ya.

Nah, dalam ber-chatting ria, biasanya kamu menggunakan yang namanya emoji kan? Kamu tentu tau kan apa itu emoji? Itu lho, gambar-gambar lucu yang bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan perasaan tanpa harus menuliskannya dengan kata-kata. Ada gambar orang senyum, orang sedih, lagi nangis, gambar jempol atau ada juga gambar hewan seperti monyet yang sedang menutup mukanya, gambar ulat dan masih banyak lagi emoji yang lainnya.

Emoji ini sangat banyak jumlahnya, kalau dihitung, kira-kira ada lebih dari 1000 emoji yang sudah pernah dibuat. Nah, ternyata, ada sebuah video yang beredar di youtube tentang orang yang membuat keyboard khusus untuk mengetik emoji saja.

 

Sejarah Emoji

youtube.com
youtube.com

Emoji pertama dibuat pada tahun 1998 oleh seseorang dari Jepang bernama Shugetaka Kurita. Mungkin, karena yang membuat pertama adalah orang Jepang, banyak emoji berbau negara tersebut, seperti ramen, sushi, kimono dan sebagainya.

Pembuat Keyboard Emoji

youtube.com
youtube.com

Pada WhatsApp, emoji sangat banyak jenisnya, bahkan sampai dibagi menjadi beberapa bagian seperti hewan, wajah, tumbuhan, makanan, bendera dan masih banyak lagi lainnya. Nah, ada orang yang iseng atau mungkin kerjaannya emang bikin barang yang aneh bernama Tom Scott. Orang ini membuat keyboard yang dapat mengetik emoji dengan satu kali tekan tombol saja. Jadi kamu nggak perlu sulit-sulit mencari kombinasi simbolnya. Tapi kamu pasti kebingungan mencari tombolnya dimana untuk menulis salah satu emoji.

14 Keyboard

youtube.com
youtube.com

Tom Scott menggabungkan 14 buah keyboard komputer yang dihubungkan ke sebuah laptop dengan menggunakan software khusus. Dari 14 keyboard ini kemudian dibagi menurut jenis-jenis emoji-nya. Tom Scott juga menempelkan gambar emoji yang akan muncul ketika diketik di atas keyboard-nya. Jadi kamu nggak bakal bingung dan menebak-nebak, kira-kira emoji apa yang akan muncul.

Tombol Keyboard

youtube.com
youtube.com

Nah, dengan banyaknya tombol keyboard yang ada, pasti kamu akan kebingungan untuk mencari gambar emoji-nya. Makanya, Tom Scott juga mengelompokkan jenis emoji ke dalam satu keyboard agar lebih mudah mencarinya. Tapi, kalau dipikir-pikir, mana ada orang yang mau beli teknologi ini kalau fungsinya cuma untuk menulis emoji saja. Lagian ada 14 keyboard yang pasti akan memakan banyak tempat. Mungkin kalau dijual dan laku, keyboard ini juga nggak bakal sering digunakan. Paling cuma dibuat pajangan aja, tau ditumpuk di gudang bersama barang yang nggak terpakai lainnya.

1 Laptop, 14 Keyboard

youtube.com
youtube.com

Beginilah penampakan jika ada 14 keyboard yang terhubung ke satu buah laptop saja. Dibutuhkan cukup banyak tempat untuk dapat menampung 14 keyboard tersebut. Selain itu, kamu juga tidak bisa nyaman menggunakan laptopnya. Pertama karena terhalangi oleh keyboard, sehingga jarak antara kamu dengan laptop cukup jauh. Kedua, kamu akan kesulitan mengetik, karena 14 keyboard tersebut cuma bisa buat mengetik emoji. Bisa dibayangkan gimana rasanya punya banyak keyboard tapi cuma bisa buat ngetik emoji doang.

Video Keyboard Emoji


Nah, di atas ini merupakan video tentang “kegilaan” Tom Scott yang membuat keyboard untuk mengetikkan emoji saja. Tonton sampai habis ya dan mungkin kamu cuma akan geleng-geleng kepala da berkata, “Kok ada ya orang yang bikin kayak ginian?”