keutamaan surat al-kahfi di hari jum'at

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jum’at

Surah Al-Kahfi disebut juga Ashabul Kahf yang merupakan surah golongan Makkiyah yang diturunkan di Kota Mekah. Surah Al-Kahfi mempunyai keagungan dan keutamaan jika dibanding surah-surah Al-Qur’an lainnya.

Amalan tersebut dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan juga hari jum’at. Waktunya adalah semenjak matahari terbenam di hari kamis hingga terbenamnya matahari pada hari jum’at.

keutamaan membaca surat al-kahfi
santrigaul.net

Beberapa hadist mengungkapkan tentang keutamaan dan manfaat membaca Surah Al-Kahfi, di antaranya yaitu:

  1. Siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari jum’at, maka dirinya akan terhindar dari fitnah Dajjal.
  2. Siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari jum’at, maka akan mendapat pengampunan dosa di antara dua jum’at.
  3. Orang yang membaca Surah Al-Kahfi pada hari jum’at atau pada siang harinya akan disiapkan ganjaran bagi dirinya dan diberikan cahaya (disinari).
    Cahaya ini akan diberikan pada hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya hingga ke langit. Hal tersebut menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya.

Dengan membaca surah Al-Kahfi kita mendapatkan beberapa keutamaan serta keagungan. Selain itu kita juga akan terhindar dari fitnah Dajjal.

Sebab pada awal-awal surah Al-Kahfi berisi mengenai keajaiban-keajaiban serta tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkannya tidak akan terkena tipu daya dengan fitnah Dajjal.

Demikian ulasan tentang keutamaan membaca surah Al-Kahf. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment