Kasta dan Pluralisme, Dua Keunikan Suku Bali yang Mempesona

Indonesia adalah negeri yang kaya akan keragamannya, baik itu keragaman hayati, keragaman suku, maupun keragaman budaya.

Hampir setiap suku di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan suku lainnya, entah itu keunikan dari sisi bahasa, budaya, ataupun yang lainnya.

Sebut saja suku Toraja yang memiliki keunikan dari cara mereka menghormati orang-orang yang telah meninggal dari kalangan mereka, dan cara mereka berbudaya yang cukup unik jika dibandingkan dengan suku lainnya.

Nah, salah satu suku yang memiliki keunikan lainnya adalah suku Bali. Suku Bali memiliki keunikan tersendiri dari cara mereka menjalani kehidupan, yakni mereka lebih menjunjung nilai Pluralisme dimana tidak banyak aturan didalamnya namun masyarakat tetap bisa hidup dalam kedamaian yang ada.

Selain itu, suku Bali juga memilki keunikan tersendiri dalam menentukan derajat keturunan yang ada pada masyarakat Bali.

Setidaknya ada 3 kasta atau derajat keturunan dalam masyarakat Bali, yakni:

Kasta Brahmana

Kasta ini merupakan kasta tertinggi pada masyarakat Bali. Kasta Brahmana adalah kelompok masyarakat keturunan bangsawan, dan mereka yang berprofesi sebagai guru atau pemuka agama.

Kasta Kesatria

Kasta ini merupakan kasta golongan menengah, yakni deperuntukan bagi orang-orang yang memiliki jiwa kepahlawanan yang tinggi, seperti raja, tentara, atau para pejabat daerah.

Kasta Sudra

Kasta ini merpakan kasta terendah. Kasta ini diberikan kepada orang-orang yang berprofesi sebagai pengemis, pengangguran, ataupun karyawan tingkat bawah.

Keunikan Suku Bali| Pict by. deloiz.blogspot.com
Keunikan Suku Bali| Pict by. deloiz.blogspot.com

 

Itulah beberapa keunikan dari suku-suku di Bali yang dapat penulis sampaikan dalam artikel ini, kalau kamu mempunyai referensi tambahan, silahkan untuk berkomentar pada kolom di bawah.

Leave a Comment