Macam-macam hal dan Keunikan Suku Alas

Suku alas atau ukhang alas merupakan salah satu suku yang bermukim di Kabupaten Aceh Tenggara Provinsi Aceh. Kata alas dalam bahasanya adalah tikar, karena di daerah tersebut keadaannya masih membentang datar seperti tikar di wilayah bukit barisan. Daerah tersebut banyak sekali sungai, salah satunya adalah sungai Alas.

Sebagai penduduk suku Alas, selain mendiami pedesaan mata pencahariannya  adalah sebagai petani tradisional dan peternak kuda, kerbau, sapi dan kambing. Tanah Alas terkenal sebagai lumbung padi di daerah Aceh. Selain bekerja sebagai petani, masyarakat Alas juga bekerja sebagai kebun karet, kemiri, dan kopi serta mencari berbagai hasil hutan seperti rotan, kayu dan damar.

Suku Alas Aceh Tenggara

Sebutan masyarakat Alas adalah Kute.  Pola kehidupan kekeluargaan suku Alas adalah kebersamaan dan persatuan. Mereka menarik garis keturunan yang disebut dengan patrilineal atau garis keturunan laki-laki. Mereka menganut adat dengan taat eksogami merge yang berarti jodoh harus dicari merge yang lain.

Agama islam sebagai agama yang mayoritas bagi masyarakat Alas. Akan tetapi sebagian kecil masih menganut praktik perdukunan, misalnya melakukan upacara-upacara dengan latar belakang tertentu. Hal ini dilakukan pada upacara pertanian agar hasil yang di capai dalam panen berhasil dengan baik serta terhindar dari hama pengganggu.

Setiap masyarakat tertentu memiliki kesenian, begitupula dengan Suku Alas mempunyai beberapa kesenian seperti: pelabat, landok alun, tari mesekat, tangis dilo, canang buluh, canang situ,  genggong, olio-olio, keketuk layakh. Begitu pula dengan kerajinan khas yang dimilik oleh Suku Alas seperti: Mbayu amak (membuat tikar dari daun pandan), Nemet (menganyam daun rumbia, Membordir pakaian adat, pandai besi (pisau bekhemu).

Sedangkan makanan tradisional Suku Alas seperti: manuk labakh, ikan labakh, puket megaukh, lepat bekhas, puket megaluh, buah khum-khum, ikan pacik kule, puket mekuah, tumpi, godekhr, sekuning, getuk, cimpe. Jenis makanannya namanya aneh-aneh yah. Itulah suku Alas dan Aceh semoga bertahan dan dilestarikan oleh kita semua. Selamat membaca.

Sekian penjelasan tentang keunikan suku alas. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah sains kamu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar