Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

130+ Kerajinan Tangan dari Barang Bekas, Keren!

KERAJINAN TANGAN – Punya barang bekas yang udah ngga terpakai? Jangan buru-buru untuk membuangnya ke tempat sampah.

Kamu bisa mendaur ulang barang bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai estetika serta nilai jual.

Selain itu dengan memanfaatkan kembali barang bekas tersebut, secara ngga langsung kamu ikut berperan dalam mengurangi sampah yang menjadi sumber masalah di berbagai tempat.

Sampah-sampah yang ada di sekitar kamu sejatinya bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bahan kerajinan tangan yang unik. Barang bekas seperti kertas koran, botol kaca, kardus, botol plastik bisa dibuat menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Video dari Netmedia ini adalah bukti bahwa barang bekas bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif.

Kali ini Satu Jam akan menampilkan setidaknya 130 karya unik dan inspiratif yang dibuat dari bahan-bahan bekas murah meriah.

Kerajinan Tangan Pot Bunga dari Botol Bekas

Kerajinan Tangan Pot Bunga dari Botol Bekas
fabartdiy.com

Selain kerajinan tangan dari kaleng bekas kamu juga bisa membuatnya dari bahan botol bekas. Saat ini botol bekas merupakan suatu barang yang sangat mudah kita jumpai.

Banyak sekali produk-produk yang memanfaatkan botol sebagai kemasan seperti minuman soda atau minuman sejenis. Biasanya setelah meminum minuman tersebut, botol kemasannya sering dibuang dan akhirnya menjadi sampah plastik.

Botol bekas yang dianggap sampah tersebut ternyata bisa disulap menjadi sebuah produk yang unik seperti pot bunga ini. Dengan memanfaatkan bagian bawah botol yang telah diwarnai serta sedikit sentuhan seni jadilah sebuah pot bunga yang lucu ini.

Kerajinan Tangan Burung Hantu dari Kertas Kardus

Kerajinan Tangan Burung Hantu dari Kertas Kardus
bahan-membuat.com

Bila di dalam gudang kamu banyak kardus bekas yang tidak terpakai jangan buru-buru untuk menjual atau membuangnya. Kamu bisa menggunakan barang tersebut sebagai bahan membuat burung hantu sebagai penghias rumah.

Dengan tekstur kardus yang ringan dan mudah untuk dibentuk sehingga proses untuk membuat burung hias ini cukup mudah.

Dalam membuat kerajinan tangan dari kertas kardus ada beberapa tahapan yang kamu harus lakukan. Langkah pertama yang harus kamu kerjakan adalah memilih terlebih dahulu kertas kardus yang telah dibelah dan ditipiskan lalu gulung bulat menyerupai badan serta mata burung.

Gabungan bulatan tersebut menggunakan lem kertas yang kuat. Untuk membuat efek mata yang bagus, kamu bisa menambahkan kelereng sebagai mata burung.

Kerajinan Tangan Lampu Hias dari Kardus Bekas

Kerajinan Tangan Lampu Hias dari Kardus Bekas
arq4design.com

Ingin mempercantik ruangan pribadi kamu? Tambahkanlah lampu hias agar ruangan pribadi kamu tampak menarik. Untuk menghemat biaya kamu bisa membuat kerajinan tangan dari kardus bekas yang tidak terpakai dengan bentuk lampu hias.

Biarpun terbuat dari kardus bekas, lampu hias ini tidak kalah keren lho dengan lampu hias di pasaran yang dijual dengan harga lebih mahal. Untuk lebih mempercantik ruangan, kamu bisa menambahkan aksesoris hasil kerajinan tangan dari kain flanel.

Kerajinan Tangan Jam Dinding dari Koran Bekas

Kerajinan Tangan Jam Dinding dari Koran Bekas
ggpht.com/

Koran bekas sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Apalagi bila di rumah kamu berlangganan koran setiap hari, sudah pasti koran-koran tersebut akan menumpuk di gudang.

Agar koran bekas tersebut tidak berserakan memenuhi gudang, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan dari koran sebagai bahan membuat jam dinding.

BACA JUGA: Macam-macam Kerajinan Tangan

Dengan menempelkan jam dari koran bekas ini di dinding ruangan, akan menambahkan kesan klasik pada rumah yang kamu tempati. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan menarik ini?

Kerajinan Tangan Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Kerajinan Tangan Miniatur Rumah dari Stik Es Krim
d2g0owqzt9gfoh.cloudfront.net

Stik es krim merupakan salah satu barang yang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Tekstur yang kuat serta kaku membuat bahan yang satu ini mudah untuk dikreasikan menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi.

Salah satu contoh kerajinan tersebut adalah miniatur rumah ini. Di luar sana biasanya miniatur yang terbuat dari stik es krim dijual dengan harga yang tinggi, berkisar dari 500 ribu sampai 900 ribu rupiah.

Kerajinan Tangan Bunga dari Botol Bekas

Kerajinan Tangan Bunga dari Botol Bekas
recycledreadsaustin.wordpress.com

Bunga merupakan salah satu bentuk kerajinan tangan yang paling sering dibuat. Karena jenis bahan ini sangat mudah untuk ditiru, selain itu keindahan kerajinan berupa bunga sangat diminati oleh masyarakat.

Kamu bisa membuat bunga hias dengan memanfaatkan botol bekas ini. Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu tinggal memotong bagian pantat botol kemudian belah menjadi 5 bagian untuk dijadikan kelopak bunga.

Setelah itu warnai dengan warna kesukaan kamu. Tambahkan putik pada tengah untuk mempercantik tampilannya.

BACA JUGA: Kerajinan dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Burung Merak dari Sedotan

Kerajinan Tangan Burung Merak dari Sedotan
drawingforkids.org

Burung merak merupakan salah satu jenis burung yang terkenal dengan keindahan bulunya yang berwarna-warni. Kamu bisa membuat kerajinan berbentuk burung merak ini dengan memanfaatkan sedotan bekas.

Untuk membuat kerajinan tangan burung merak ini diperlukan sebuah ketekunan, kamu harus menyusun ratusan sedotan satu persatu sehingga menyerupai sebuah burung merak. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa menggunakan sedotan dengan variasi warna yang bagus.

Kerajinan Tangan Kalung dari Tutup Bekas

Kerajinan Tangan Kalung dari Tutup Bekas
id.aliexpress.com

Ketika kita minum teh botol biasanya tutup kalengnya kita begitu saja, ya nggak? Hal ini lumrah dilakukan banyak orang tak terkecuali kita. Namun, siapa sangka tutup botol yang biasa orang buang bisa dijadikan kalung pernak-pernik yang menggemaskan.

Kalung ini sangat cocok dijadikan souvenir di acara-acara ulang tahun anak-anak kita. Cara membuatnya pun cukup mudah sehingga anak-anakpun bisa melakukannya.

Kalung ini akan terlihat spesial ketika anak kita membuatnya sendiri dan dijadikan hadiah bagi teman-teman di sekolahnya.

Cara membuatnya kita cukup menyediakan alat-alat dan bahan-bahan, seperti tutup botol kaleng, paku untuk melubangi tutup botol, ring untuk mengaitkan tali kalung dengan kaleng, tali kalung, mote-mote (hiasan batu cantik) dan gambar-gambar kartun yang lucu.

Kerajinan Tangan Tempat Tisu dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tangan Tempat Tisu dari Kaleng Bekas
nyamplungotnay.blogspot.com

Kaleng merupakan barang bekas yang banyak ditemukan di rumah dan di sekitar lingkungan kita. Untuk mengurangi jumlah kaleng kita bisa memanfaatkannya atau mendaur ulang menjadi barang-barang yang berguna, seperti tempat tisu, lampu hias dan masih banyak yang lainnya.

Kaleng terdiri dari dua bentuk, yaitu lingkaran yang terletak pada bawah dan atas kaleng serta persegi panjang yang terletak di badan kaleng.

Dalam pemanfaatan kaleng bekas ke kaleng daur ulang kita bisa memanfaatkan bentuk alami si kaleng tanpa harus merubah bentuknya ke bentuk lain.

Misalkan dalam pembuatan kotak tisu, kita cukup melubangi tutup kaleng sesuai keinginan. Lubang ini berfungsi sebagai tempat mengambil tisu. Agar warnanya lebih menarik maka kita bisa melapisi badan kaleng dengan kertas warna-warni atau kertas stiker.

Kerajinan Tangan Tas dari Sedotan

Kerajinan Tangan Tas dari Sedotan
spirit-boutique.com

Kamu pernah ngebayangin nggak punya tas yang dibuat dari sedotan? Mungkin nggak pernah kepikiran atau bahkan nggak bakalan kepikiran tuh. Tapi ternyata, ada lho pengerajin yang bikin tas dari bahan sedotan.

Lihat tuh bentuknya, bener-bener mirip tas wanita yang mahal-mahal gitu. Padahal, bikinnya itu dari sedotan yang dianyam sedemikian rupa sehingga jadi tas cantik dan menarik. Nah, kamu tertarik untuk memilikinya? Coba aja cari di toko tas terdekat, siapa tau ada di sana, hehe.

Keranjang dari Koran Bekas

Keranjang tangan dari Koran Bekas
kufer.co.uk

Siapa sangka, koran yang awalnya hanya lembaran kertas, bisa disulap menjadi keranjang serbaguna. Tapi, ternyata bisa lho, gambar di atas buktinya. Kertas koran yang cuma lembaran tipis itu juga bisa jadi keranjang.

Kalau dilihat dari bentuknya sih, kertas koran pertama dibuat menjadi seperti tali atau mungkin dipilin sampai berbentuk silinder. Baru kemudian, setelah terkumpul banyak, kertas korannya dibentuk menjadi keranjang dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Tempat Aksesoris dari Botol Bekas

wirasejati.com
wirasejati.com

Sebagai seorang wanita, tentu kamu akan memakai berbagai macam aksesoris untuk menunjang penampilan. Tapi, terkadang, aksesoris tersebut tidak tertata dengan rapi karena saking banyaknya. Untuk mengakalinya, kamu perlu tempat menyimpan aksesoris yang tidak hanya dapat menyimpan, tapi juga mempunyai bentuk yang unik.

Nah, nggak perlu khawatir, bikin aja sendiri dari botol bekas yang ada dirumah. Siapin peralatan dan bahan yang dibutuhkan, kamu bisa lihat di gambar, apa aja yang dibutuhkan. Setelah itu tinggal potong-potong botolnya dan rangkai sampai berbentuk seperti tempat aksesoris deh.

Rak dari Kardus Bekas

bintang.com
bintang.com

Kalau biasanya kardus bekas itu cuma dijadikan tempat menyimpan barang-barang saja atau malah ada yang langsung dibuang. Tapi, dengan kreatifitas, ternyata kardus bisa juga dibuat menjadi rak serbaguna. Kamu bisa menyimpan buku, kertas, atau mungkin majalah yang akan kamu baca kembali nanti.

Celengan dari Kardus Bekas

www.instructables.com
www.instructables.com

Buat kamu yang punya adik kecil atau anak kecil, coba ajak berkreasi membuat celengan dari kardus. Disamping akan mempererat hubungan dengan si kecil, membuat kerajinan ini juga dapat meningkatkan kreatifitasnya lho.

Kamu tinggal buat aja pola celengan yang akan dibuat, terus serahkan pada si kecil untuk membuatnya menjadi celengan. Tapi ingat, jangan lupa untuk mendampinginya kalau di sedang menggunakan benda tajam. Biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Taplak Meja dari Sedotan

ohrumahminimalis.com
ohrumahminimalis.com

Ternyata sedotan juga bisa dibuat menjadi taplak meja lho. Malahan, taplak meja yang dibuat dari sedotan ini memiliki bentuk yang unik dan tidak biasa. Berbeda dengan taplak pada umumnya yang terbuat dari kain.

Taplak dari sedotan ini bisa kamu kreasikan sendiri motif dan ukurannya, sehingga akan memiliki bentuk yang tidak ada di tempat lainnya.

Tempat Tisu dari Koran Bekas

kerajinan koran bekas
candrapambudi86.blogspot.com

Tempat tisu itu nggak melulu harus dari bahan yang sulit atau mahal kok. Kamu bisa membuatnya dari kertas koran yang sudah tidak dibaca lagi.

Untuk membuatnya, pertama-tama, kamu harus memilin korannya sampai berbentuk seperti sedotan. Baru kemudian potong-potong dan tempel sampai berbentuk seperti tempat tisu. Unik bukan tempat tisunya?

Tas Wanita dari Koran Bekas

Wanita mana yang tidak tertarik melihat tas cantik dari majalah-koran bekas ini?!
pinterest.com

Kalau tadi ada tas wanita dari sedotan, kali ini ternyata tas wanitanya dibuat dari kertas koran lho. Bentuknya unik ya? Nggak ada nih yang jual di mall atau toko-toko tas ternama.

Bagusnya lagi, kamu bisa membuat dan mengkreasikan sendiri tas wanita ini di rumah. Gimana? tertarik mencoba membuatnya?

Kamu harus mempersiapkan bahan dan juga alat-alatnya dulu sebelum mulai membuatnya.Siapkan koran, benang, lem, dan gunting. Pertama kamu harus memilin kertas koran menjadi berbentuk seperti sedotan dulu ya.

Setelah itu gulung menjadi berbentuk lingkaran, jangan lupa ujungnya dilem biar kuat. Baru deh setelah itu satukan menjadi berbentuk tas wanita yang cantik.

Cara membuat tas dari Koran bekas bisa anda buat sendiri di rumah. Berikut cara membuat tas dari Koran bekas.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:

  1. Koran bekas
  2. Gunting
  3. Lem
  4. Cat Vernis
  5. Aksesoris bunga / kupu-kupu

Cara membuatnya:

  • Potong Koran bekas menjadi 6 sampai 8 bagian, kemudian gulung sesuai yang diperlukan.
  • Cara menggulungnya bisa dengan memelintir atau menggulung kertas-kertas yang sudah terpotong.
  • Gulungan bisa memakai kawat atau benda sejenisnya. Menggunakan kawat supaya ukuranya bisa sama dengan yang lainya. Pada ujung gulungan dilem supaya tidak mudah terlepas.
  • Buat anyaman dengan gulungan tersebut dengan pola yang diinginkan.
  • Untuk rangka bentuk anyaman, bisa menggunakan kawat yang sudah dilapisi dengan Koran.
  • Perkuat anyaman dengan menyelipkan akhir anyaman pada bagian ujungnya.
  • Berikutnya, hiasai anyaman dengan cat vernis
  • Anda bisa menambahkan aksesoris bungan atau kupu-kupu agar terlihat makin cantik.

Selamat mencoba.

Pot dari Botol Bekas

caramembuatonline.blogspot.com
caramembuatonline.blogspot.com

Buat kamu pecinta tanaman, pastinya akan membutuhkan banyak pot untuk menyimpan tanaman-tanaman di sekitar rumah. Nah, daripada mengeluarkan uang untuk membeli pot, alangkah baiknya kita membuatnya sendiri.

Kerajinan tangan dari barang bekas ini cukup mudah dibuat. Kamu cukup menyediakan botol bekas dan alat potong seperti cutter dan gunting. Jika ingin pot yang kamu buat terlihat lebih cantik, hiasilah dengan mengecat botol bekas dengan warna yang kamu sukai.

Pengerjaaannya juga bisa dibilang mudah, yang pertama kita hanya perlu memotong botol bekas sesuai yang kita inginkan. kemudian kita tinggal memberi gambar dan warna agar pot dari botol bekas ini terlihat menarik. Mudah bukan, cara membuat pot dari botol bekas.

Limbah botol air minum dagi kebanyakan orang dianggap sebagai barang yang tidak berharga dan tidak ada manfaatnya. Biasanya, botol-botol bekas tersebut langsung dibuang ke tong sampah.

Perlu diketahui bahwa, botol plastic membutuhkan waktu 2000 tahun untuk bisa terurai. Jadi sebaiknya, dari pada dibuang begitu saja, lebih baik didaur ulang menjadi ketrampilan yang indah dan berguna, seperti pot bunga.

Selain menyelamatkan bumi dari limbah yang tidak bisa terurai, tentunya bisa bermanfaat, terutama bagi anda pecinta tanaman dan menanam bunga.

Tempat Perhiasan dari Botol Bekas

hipwee.com
hipwee.com

Masih memanfaatkan botol bekas, kamu dapat menjadikannya tempat perhiasan yang cantik. Sering kita kebingungan ketika akan memakai perhiasan saat akan berangkat ke sebuah acara. Itu karena tempat perhiasan kita tersembunyi dan terkadang menyimpannya tidak tetap.

Solusinya yaitu kita buat tempat perhiasan cantik yang dapat disimpan di meja rias tempat kamu berdandan. Cara membuatnya mudah kok.

Cukup menyediakan botol bekas dan besi bekas jari-jari motor atau sepeda. Dari dua benda bekas ini akan menghasilkan tempat perhiasan cantik seperti yang dapat kamu lihat di gambar di atas.

Cara membuat yaitu, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memotong botol bekas seperti yang kita ingini, atau bisa mencontoh seperti yang ada di gambar di atas, kemudian kita satukan dengan jari-jari motor atau sepeda tadi menggunakan baut.

Ambil jarak satu sama lain agar terlihat rapi dan pastikan potongan botol tadi kuat menyatu dengan jari-jari motor agar nantinya tidak terlepas.

Laptop Stand dari Kardus Bekas

www.mobgenic.com
www.mobgenic.com

Kali ini kerajinan tangan dari barang bekas yang akan kita manfaatkan yaitu kardus bekas. Kardus sering kali dijumpai di gudang rumah kita. Apalagi jika kita rajin membeli barang-barang yang biasanya dibungkus dengan kardus.

Kardus-kardus bekas tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membuat laptop stand atau penyangga laptop. Bahan yang digunakan hanyalah kardus yang cukup tebal. Dengan laptop stand ini kita dapat lebih nyaman ketika menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas.

Cara membuat laptop stand atau penyangga laptop cukup sederhana. Yang perlu kita lakukan pertama kali yaitu memotong kardus seperti pada gambar diatas, kemudian satukan dan lem agar lebih kokoh.

Bungkus kardus yang biasanya hanya kita buang begitu saja atau kita simpan di gudang sehingga menjadi sarang nyamuk. Kamu bisa membuatnya menjadi stand laptop.

Dengan berbahan dasar kardus, jadi kamu bisa merawat benda kesayangan dengan sesuatu yang tadinya dibuang begitu saja.

Selain tampilanya unik dan menarik, baterai leptop jadi tidak cepat panas, menjadikan kinerja leptop lebih maksimal karena sirkulasi udara yang baik.

Bunga dari Sedotan Bekas

zhahab.blogspot.com
zhahab.blogspot.com

Sering kita jumpai sedotan yang berceceran di jalanan bekas orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Jika mau sedikit berkreasi, maka kita dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang cantik. Ya, sedotan-sedotan bekas tersebut dapat kita sulap menjadi bunga cantik yang dapat dijadikan hiasan di ruang keluarga atau pun di ruang tamu.

Bahan yang digunakan yaitu sedotan bekas yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kamu dapat membuat bunga dari sedotan ini dengan cara melipatnya atau dipotong-potong runcing lalu disusun sedemikian rupa hingga terbentuk bunga yang cantik.

Banyak orang yang beranggapan kerajinan dari sedotan ini sebagai sesuatu yang kuno, ketinggalan jaman, karena banyak kerajinan yang mewah modern dan lainya.

Meskipun demikian, jenis kerajinan tangan ini masih banyak masyarakat yang menggemarinya. Selain dari bahanya yang ekonomis, bisa juga dijadikan sebagai hiasan rumah yang bernilai tinggi.

Dibandingkan dengan bunga yang asli, bunga dari sedotan memang lebih murah, namun bukan murahan. Karena ditangan ahlinya, kerajinan ini bisa memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Jika kamu mempunyai waktu luang cobalah untuk membuat kerajinan ini untuk mengisi waktu luang dengan hal yang lebih bermanfaat.

Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

ayuscrafts.blogspot.com
ayuscrafts.blogspot.com

Jika kamu suka membeli es krim yang ada stiknya, jangan buang stik es krim tersebut. Kita dapat membuat miniatur rumah dari stik-stik es krim bekas tersebut. Kerajinan tangan dari barang bekas ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

Namun jika kamu berhasil menyelesaikannya, maka kepuasan batin akan kamu dapatkan sehingga dapat menghapus semua lelah selama mengerjakan miniatur rumah tersebut.

Perlahan namun pasti, langkah untuk membuat memang terbialng cukup memakan waktu. Namun setelah jadinya memang hasilnya bagus, agar lebih terlihat menarik lagi kita dapat menambah kan warna sesuai dengan kesukaan kita.

Bros dari Kain Perca

dessy-deris.blogspot.com
dessy-deris.blogspot.com

Kain perca yang sudah tidak terpakai dapat dimanfaatkan untuk membuat bros cantik. Kamu dapat membuatnya dikala mengisi waktu luang. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat sebuah bros cantik.

Atau jika kamu memiliki waktu yang cukup luang, kamu dapat membuat bros dari kain perca ini untuk souvenir pernikahan kamu kelak.

Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli souvenir yang akan diberikan kepada para tamu undangan, hehe.

Siapkan bahan yang diperlukan

  • Kain perca 60×30 cm
  • Manic-manik
  • Jarum dan benang
  • Lem tembak
  • Peniti
  • Kain keras

Cara membuatnya:

  • Sambungkan ke-dua sisi yang memiliki sisi lebar 30 cm dengan cara jelujur pada ke-dua sisi bagian kain menggunakan jarum dan benang yang sesuai warna kain.
  • Lipat ke bagian dalam, supaya sambungan tidak terlihat.
  • Lakukanlagi cara jelujur pada bagian luar supaya bisa diserut.
  • Setelah proses jelujur selesai, pastikan tidak ada benang yang kusut.
  • Selanjutnya serut atau tarik benang agar bros yang kita buat terlihat bulat.
  • Kemudian pasang manic,manic dengan benang sekitar 6 buah saja, lalu lingkarkan.
  • Sediakan kain keras berbentuk bulat dengan diameter sama seperti bros.
  • Pasangkan peniti pada kain keras yang sudah dilubangi.
  • Berikan lem pada bagian bawah kain keras untuk ditempel pada bros.
  • Pasangkan dengan hati-hati.

Uniknya Kanopi dari Botol Bekas

portalku.net
portalku.net

Rajin banget ya yang buat kanopi ini, disusun satu-satu, pelan-pelan, sampai akhirnya jadi sesuatu yang indah. Ya namanya juga kerajinan tangan kan, rajin sekali tangannya.

Kanopi semacam ini bagus lho, karena meredakan panas, tapi tidak menutupi seluruhnya.  Buat kamu yang terinspirasi mau buat semacam ini harus niat sekuat tenaga mulai dari nol.

Oh iya kalau di Indonesia, agak susah mungkina pas lagi musim hujan. Bisa sih disiasati dengan memberikan lubang di bagian paling bawah.

Vas Bunga dari Botol Plastik Bekas

wikihow.com
wikihow.com

Heran deh, kok hasil akhirnya bisa bagus banget ya? Padahal itu hanya lipatan-lipatan biasa (kalau dilihat sekilas dari proses pembuatannya.

Yang jelas, kalau untuk satu ini lebih mudah ketimbang yang sebelum-sebelumnya.

Botol Bekas Dijadikan Sofa

boredpanda.com
boredpanda.com

Orang semacam ini adalah jenis orang yang kelewat kreatif. Lihat saja dari awal proses pembuatan sampai akhir. Kamu akan gelelng-geleng dibuatnya. Ternyata hasil akhirnya sangat bagus dan sudah mirip dengan sofa-sofa yang dijual di pasaran.

Oleh karena itu kita sudah harus bisa merubah mindset kita tentang botol bekas. Tak semua sampah adalah tidak berguna. Salah satunya botol bekas ini. Botol bekas yang terbuat dari plastik maupun kaca, sayang sekali jika dibuang begitu saja. Selain sayang akan menimbulkan polusi.

Sekumpulan botol plastik bekas bisa dijadikan sofa. Daripada menumpuk di tempat sampah dan bercampur dengan sampah jorok lainnya. Lebih baik sekumpulan botol plastik itu menjadi tempat kita bersandar dengan santai.

Bahkan, Perahu Juga dari Botol Bekas

ippinka.com
ippinka.com

Kita ngga perlu jelasin yang bagian ini deh kayaknya ya.

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa botol bekas dapat dijadikan kursi atau sofa. Sungguh hal yang bermanfaat. Sekarang kita mengetahui bahwa botol bekas juga bisa menjadi hal yang mengasyikan dan bermanfaat. Yaitu botol bekas didaur ulang menjadi perahu.

Perahu di sini bisa berarti perahu sungguhan atau perahu mainan. Jikalau membuat perahu sungguhan maka dibutuhkan botol yang banyak dan pembuatan yang lebih teliti dan rumit. Jikalau membuat perahu mainan makan botol yang dibutuhkan lebih sedikit dan jauh lebih gampang.

Lukisan Mozaik dari Tutup Botol

wirasejati.com
wirasejati.com

Kumpulan tutup botol ini menjadi indah untuk dilihat karena disusun dengan pola yang bagus dan mengangkat unsur seni. Tidak asal tempel. Coba perhatikan perubahan warna yang terjadi, terlihat soft dan indah kan?

Mungkin, untuk buat semacam ini dibutuhkan ribuan tutup botol bekas yang dikumpulkan dari berbagai tempat. Niat banget bikinnya.

Setelah kita membahas sofa dan perahu yang dibuat dari botol bekas, sekarang kita melihat lukisan mozaik yang dibuat dari botol bekas. Siapa yang mengira bukan botol bekas dapat menciptakan karya seni yang begitu indah. Hanya orang kreatif saja yang kepikiran sampai seperti itu. Sekali lagi ini menjadi botol bekas menjadi hal yang bermanfaat bahkan bernilai seni.

Keranjang Tempat Buah dari Stik Es Krim

keranjang buah dari stik es krim
https://loexie.wordpress.com/

Ibu rumah tangga tidak perlu bingung saat ingin menyuguhkan buah kepada tamunya, cukup menggunakan kerangjang dari stik eskrim dan tampilan buah di meja akan terlihat manis. Keranjang buah ini juga bisa digunakan sebagai pelengkap parcel buah yang dikirim untuk kerabat.

Sederhana tapi good looking ya.

Stik es krim, seperti yang kita tahu, kebanyakan berasal dari kayu. Biasanya setelah memakan es krim kita langsung membuangnya. Memang sih sekilas tak ada gunanya, kecil pula bentuknya. Tapi ternyata kita dapat membuat sekumpulan stik es krim tersebut menjadi hal yang bermanfaat. Jadi, bagi kamu yang hobi sekali memakan es krim, jangan lagi dibuang yah stiknya.

Stik Es Krim Jadi Tempat Lampu

lampu dari stik es krim
tecnicasdemarcenaria.blogspot.com

Kamu bisa menuangkan kreatifitasmu pada stik es krim untuk membuat tempat lampu yang keren abis. bentuknya nggak harus bintang seperti gambar diatas. Kamu bisa membuat tempat lampu dengan bentuk kotak, segi enam, segi lima, spiral, dan lain sebagainya.

Ini merupakan kabar baik lagi pagi pecinta es krim. Tidak hanya menyulap stik es krim menjadi keranjang tempat buah, kita juga bisa menyulap stik es krim menjadi tempat lampu. Menjadikan lampu yang fungsi awalnya hanya menerangi ruang, sekarang juga bisa menjadi penghias ruangan. Memang, maknyus sekali jikalau pecinta es krim memanfaatkannya.

Pot Mini dari Cangkang Telur, Kreatif

mastphotos.com
mastphotos.com

Buat para pecinta tanaman hias, pasti gatel ketika lihat ini dan ingin segera membuat hal yang serupa. Tapi, buatnya tidak segampang yang kamu kira lho. Harus dengan perlahan-lahan dan minim tekanan supaya cangkang telur tidak rusak ketika dipoles.

Cangkang telur ini cuma bisa untuk tanaman-tanaman kecil seperti bunga hias atau rumput-rumput hias. Jangan dibayangin untuk cocok tanam singkong apalagi beringin, hehe.

Tentunya, sebelum ini pasti kita pikir cangkang telur tak ada gunanya. Sudah pecah, berlendir, dan kalau dibiarkan lama-lama akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Tapi ternyata tidak begitu juga. Seseorang kreatif telah menyulap cangkang telur yang biasanya langsung masuk tempat sampah tersebut, menjadi pot mini yang kreatif. Hal tersebut sama sekali tidak terpikirkan bukan.

Sekali lagi, kreativitas, adalah hal yang kita butuhkan untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan sehari-hari.

Sedotan yang Disulap Jadi Hiasan Lampu

hiasan lampu dari bahan sedotan
kerajinantanganbagus.blogspot.com

Menjadikan sedotan sebagai hiasan lampu mungkin ide yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Namun, ide ini tidak kalah menarik karena akan menimbulkan efek warna yang cantik nan beragam.

Cara bikinnya juga tidak terlalu sulit, yang kamu butuhkan hanya sedotan yang cukup untuk mengelilingi lampu dan rangka besi tempat ditaruhnya sedotan. Setelah itu kamu bisa pasang satu-per-satu sedotan yang sudah ada tersebut.

Sebelumnya fungsi yang kita tahu dari sedotan hanyalah untuk meminum. Dan memang fungsi utamanya untuk itu. Tapi siapa kira sedotan bisa menjadi hiasan lampu yang indah seperti itu. Semua dikarenakan kreativitas dari si pencipta. Sedotan yang biasanya menjadi sampah bersama gelas plastik minuman atau plastik es, sekarang bisa menjadi hal yang indah. Bayangkan jika semua sampah sedotan diciptakan menjadi hiasan lampu seperti di atas, maka, berapa banyak hiasan lampu yang bisa kita dapatkan.

Dari sedotan yang hampir tidak ada nilainya, bahkan merugikan lingkungkan jika sampah, bisa disulap menjadi barang yang bernilai ekonomis. Dan tentunya ini akan menjadi pengingkat dalam ekonomi masyarakat secara keseluruhan.

Silahkan dicoba.

Kumpulan Pangkal Botol Jadi Hiasan Lampu

botol bekas jadi hiasan lampu
Desain Oleh: Sarah Turner

Hasilnya benar-benar artistik ya. Iya, padahal cuma botol bekas yang diambil bagian bokongnya saja. Disusun menggunakan lem secara teliti dan sabar. Semua mata akan terpana dibuatnya.

Lampu Tenaga Matahari

botol lampu matahari
isanglitrongliwanag.org

Sejatinya, lampu ialah alat yang dapat memancarkan cahaya dengan bantuan tenaga listrik. Singkatnya, tanpa listrik lampu tidak akan bisa menyala. Nah karena kreatifitasnya, orang ini membuat lampu dengan menggunakan cahaya matahari.

Yah ga bisa dibilang lampu juga sih, ini kan cuman botol kosong yang ditempel di atap yang bolong. Kalo siang sih bisa buat terang, tapi kalo malem ya tetep gelap-gelapan dong. Selain itu, kalau hujan pasti bakalan repot, karena airnya akan ketampung di botol kosong tersebut.

Kreatifitas akan muncul saat kondisi kepepet. Begitulah.

Pot Cantik dari Bohlam

bohlam bekas jadi pot bunga
readymade.com/projects/lightbulb_bud_vase

Banyak dari kita yang langsung buang ketika tahu bohlam di ruangan sudah tak berfungsi. Yang ada di kepala kita tentu saja ingin praktis dan cepat, kalau rusak ya beli lagi. Wong harganya juga murah kok. Tapi bagi sebagian kecil orang yang kreatif, bohlam bekas semacam ini bisa menjadi sesuatu yang istimewa.

Bohlam atau lampu pijar merupakan alat yang dapat memancarkan cahaya jika dialiri arus listrik. Arus listrik yang masuk lalu disalurkan melalui filamen yang dapat memanas dan menghasilkan cahaya.

Bohlam yang sudah ‘putus’ biasanya akan langsung dibuang karena tidak bisa menyala lagi. Tapi kalau kamu cukup kreatif, bohlam bekas bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang menarik seperti pada gambar ini.

Hasilnya juga ga perlu bagus-bagus amat kok, yang penting kamu puas karena hasil kerja kamu bisa mempercantik dekorasi ruangan.

Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja dicoba, gampnag-gampang susah, penulis udah pernah coba soalnya, hehe.

Lampion dari Bohlam

bohlam bekas
lookslikegooddesign.com/oil-lightbulb-sergio-silva/

Ini juga sama kayak keterangan pada gambar sebelumnya, bedanya bohlam pada gambar ini digunakan sebagai lampion. Konsepnya sih sama kayak lilin cair, jadi cairan dan sumbunya dimasukan ke dalam bohlam kosong.

Kurang lebih sih mirip sama keterangan yang di atas ya. Intinya sama-sama indah dipandang 😀

Bunga yang Cantik dari Kertas

bunga dari kertas
theappleofmydiy.com

Bunga yang biasanya kita lihat membutuhkan energi berupa air dan pupuk. Tanpa kedua hal itu, bunga pasti akan layu dan lalu mati. Nah bagi kamu yang ingin memiliki keindahan bunga sebagai dekorasi rumah tapi tidak punya waktu untuk merawatnya, kamu bisa buat bunga tiruan dari kertas yang tidak kalah cantiknya.

Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari kompresi serat pulp. Awalnya kertas merupakan barang langka dan berharga sangat mahal. Akan tetapi pada perkembangannya, kertas menjadi barang yang umum digunakan dalam keperluan tulis menulis.

Kertas itu banyak fungsinya. Bisa untuk nulis, mengirim surat, mengurus proposal. Dan semua orang menggunakannya mulai dari rakyat sampai pejabat.

Masing-masing tangan bisa membuatnya menjadi fungsi yang berbeda-beda. Di tangan seorang seniman, kertas bisa menjadi sangat indah seperti yang kamu lihat di atas.

Gentong Bekas yang Jadi Tempat Duduk Asik

facebook.com
facebook.com

..

Kerajinan Tangan Tempat Mainan dari Botol Bekas

kerajinan-tangan-tempat-mainan-dari-botol-bekas
www.recyclart.org

Kalau punya botol bekas sayang kan kalau dibuang begitu saja. Kamu bisa kok memanfaatkannya untuk hal lain, misalnya untuk tempat mainan atau barang-barang penting berukuran kecil Seperti peralatan kantor atau toko.

Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan ini cukup mudah dan cepat. Kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli lem, staples atau bahan perekat lain. Sehingga praktis yang alat diperlukan hanya gunting atau pisau pemotong.

Ban Bekas Disulap Jadi Pot Ceria

unknown-source
unknown-source

Ban merupakan bagian penting bagi kendaraan darat yang digunakan untuk berjalan dan mengurangi getaran akibat kondisi permukaan jalan.  Ban biasanya digunakan pada mobil dan motor.

Semakin lama dipakai, permukaan ban yang kasar akan menjadi halus. Jika sudah begini, ban sudah tidak aman lagi untuk digunakan karena sudah kehilangan fungsinya untuk ‘mencengkram’ permukaan tanah. Ban yang ‘botak’ dapat menyebabkan mobil atau motor tegelincir ketika berjalan.

Ban yang sudah ‘botak’ biasanya akan dibuang atau dibiarkan begitu saja, namun jika kamu cukup kreatif ban bekas yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai pot.

Kalau sebelumnya ada cangkang telur yang disulap jadi pot mini, dan hanya bisa untuk tanaman-tanaman kecil. Nah ini cocok buat kamu yang mau membuat tanaman besar kamu terlihat lebih menarik.

Ban-ban bekas yang nganggur di rumah atau di rumah saudara, bisa kamu berdayakan jadi tempat cocok tanam. Tinggal dicat warna-warni, kemudian disusun seperti gambar di atas, ditempatkan di tempat yang pas. Dan sudut taman rumah kamu jadi lebih hidup.

Lampu Super Keren dari Botol Minuman

botol bekas jadi lampu
GAMBAR (c) Ed Chew
mulai jadi struktur kerajinan lampu
GAMBAR (c) Ed Chew
kerajinan lampu sudah jadi
GAMBAR (c) Ed Chew
kerajinan lampu yang indah keren banget
GAMBAR (c) Ed Chew
GAMBAR (c) Ed Chew
GAMBAR (c) Ed Chew

Jika kamu membeli minuman kemasan di super market, sebaiknya bungkusnya jangan dibuang. Bungkus minuman kosong bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Kamu bisa membuka bungkus minuman tersebut, lalu melipat dan mengguntingnya sesuai dengan kreasi kamu.

Mungkin pada awalnya hasil kerjaan kamu tidak bagus, tapi lama kelamaan hasilnya pasti akan membaik sesuai dengan jam terbang yang sudah kamu habiskan. Seperti yang dilakukan seorang artis seni yang bernama Ed Chew.

Kalau desain kali ini, dibuat oleh artis seni bernama Ed Chew. Orang ini memang terbiasa membuat hal-hal baru yang unik dan out of the box dari bahan tak terpakai.

Gambar paling bawah itu beneran seperti itu lho, bukan rekayasa komputer atau cat ruangan. Kelihatan keren kan? Kalau kamu ada waktu luang bisa coba ikut bikin kayak gitu untuk hiasan kamar.

Jam Usang yang Disulap Jadi Hiasan Cantik

Masya Allah ya kerajinan tangan nya
Kerajinan terlalu rajin, hehe

Pasti ini si pembuatnya adalah orang seni yang multi talent. Dia bisa gambar, bisa desain, bisa pahat, dan bisa meraba spesifikasi benda hanya dengan matanya.

Bener-bener keren sih intinya, soalnya ngga semua orang bisa buat kayak begitu.

Kerajinan Tangan dari Hanger Bekas

hanger bekas jadi lampu 1 hanger bekas jadi lampu 2 hanger bekas jadi lampu 3
Bukan cuma barang-barang plastik dan barang-barang yang selama ini sudah umum kita jumpai. Bahkan hanger pun bisa menjadi sesuatu yang indah bila disentuh oleh tangan yang kreatif.

Ide dan kreatifitas di atas adalah hasil karya Natalie Sampson.

Kerajinan Tangan dari Onderdil Motor Bekas

kerajinan tangan dari spare part motor
Barang-barang begini biasanya tersebar di pasar loak atau pengepul barang bekas kiloan. Gambar di atas adalah lampu raksasa yang dibuat dari rangkaian spare part motor lawas yang disusun berbentuk globe.

Kebayang lah ya bagaimana Joe O Connell sama Blessing Hancock mengumpulkan satu per satu dari berbagai ukuran, dilanjut merangkai semuanya secara teliti dan telaten. Bisa dibilang mereka orang yang “kurang kerjaan” atau “kebanyakan waktu”.

Topi Jadi Hiasan Lampu

lampu dari topi bekas
Tuh kan, kreatifitas tidak ada batas, apa aja bisa jadi sesuatu yang indah. Topi ala Mr. Holmes ini dimanfaatin jadi penghias lampu, dan benar-benar jadi terlihat lebih indah.

Vespa Bekas Jadi Kursi Antik

kerajinan juga bisa dari vespa bekas lho
belybel.com/eng

Jika Vespas adalah hipsters dari dunia skuter kemudian Kursi Scooter ini pasti hipsters dunia kantor-kursi. Mereka mungkin tidak ideal untuk menavigasi lorong-lorong berliku dari Florence atau Roma, tetapi mereka sempurna untuk membuat rekan-rekan Anda yang super cemburu!

Dirancang oleh Bel & Bel, workshop studio di Barcelona didirikan oleh seniman dan desainer Carles Bel dan Yesus Bel, Kursi Scooter terbuat dari sasis dari Vespas asli tua. Kursi yang berlapis kulit imitasi dan tinggi mereka bisa disesuaikan dengan piston hidrolik. Mereka juga membanggakan fitur berbaring dan mereka bahkan termasuk berfungsi lampu di belakang!

The Scooter Kursi tersedia dalam berbagai warna, tapi seperti mereka edisi terbatas, siapa pun yang ingin terburu-buru yang lebih baik dan naik sepeda mereka (maaf) ke Bel & Bel. Salah satunya juga dapat ditemukan dipajang di museum Piaggio di Italia.

Di bawah ini adalah hasil akhirnya.

vespa bekas jadi kursi 12 vespa bekas jadi kursi 11 vespa bekas jadi kursi 10 vespa bekas jadi kursi 9 vespa bekas jadi kursi 8 vespa bekas jadi kursi 7 vespa bekas jadi kursi 6 vespa bekas jadi kursi 5 vespa bekas jadi kursi 4 vespa bekas jadi kursi 3 vespa bekas jadi kursi 2 vespa bekas jadi kursi 1

Kertas Bekas Jadi Hiasan Lampu, Cakep!

kertas bekas jadi kerajinan kreatif proses pembuatan lampu dari kertas
Kita sendiri ngerasa takjub sama hasil akhirnya. Keren banget! Kelihatannya sih gampang ya, dari kertas digunting-gunting membentuk sudut lancip. Tapi harus jeli supaya panjang dan bentuknya bisa seragam semua. Membuat rangkaiannya juga harus pelan-pelan penuh perhitungan.

Kerajinan Tangan dari Tutup Minuman Soda

tutup botol bekas bekas minuman bersoda
Ngga usah dijelasin deh untuk yang satu ini. Kamu boleh menilai sendiri 😀

Globe yang Bersinar

Desain oleh Benoît Vieubled
Desain oleh Benoît Vieubled

Wuhu, betapa indahnya malam ditemani planet bumi yang bersinar terang. *halah

Gantungan Baju Vintage dari Sendok Bekas

sendok bekas yang didaur ulang
stroovi.com

Sendok yang biasanya kamu gunakan untuk makan bersama mamah di rumah ternyata bisa juga digunakan untuk membuat gantungan baju. Cara buatnya juga ga susah kok, kamu cukup siapkan beberapa alat seperti palu, papan kayu dan paku.

Palu digunakan untuk meratakan ujung sendok dan menempelkan paku pada papan. Sementara papan kayu digunakan sebagai wadah tempat menempelnya sendok. Dengan ini kamu ga perlu lagi membeli gantungan baju di pasar.

Vintage itu apa sih? Itu semacem barang-barang yang digunakan di masa sekarang tapi dibuat jadi jaman jadul alias jaman baheula. Barang-barang antik lah intinya.

Nah, itu sendok jadul (vintage) yang akhirnya dibuat gantungan baju biar tetep manfaat, daripada dibuang, kan kasian.

Wadah Lilin dari Sendok Sayur (Bekas)

Sendok sayur bekas, jadi wadah lilin
homedit.com

Gambar di atas sih kayaknya lokasinya ada di dalam kamar mandi ya. Ini bisa jadi solusi motivasi buat kamu yang jarang mandi dan males mandi dengan berbagai alasan.

Talenan Berubah Fungsi Jadi Tablet Stand

stand tablet dari talenan bekas
Asli kocag banget ini. Super kreatif. Meski udah baret di mana-mana tapi tetap enak dilihat karena keunikannya.

Jam Dinding yang Terbuat Dari Bekas Permainan

bigdiyideas.com
bigdiyideas.com

Nah, untuk kamu yang suka barang barang unik dan antik. Kamu bisa menjadikan kerajinan tangan dari barang bekas yang satu ini sebagai refrensi.

Jam merupakan salah satu benda terpenting yang digunakan oleh manusia. Yap, tidak lain untuk mengetahui waktu. Tanpanya, tidak akan terbayangkan bagaimana dunia ini jadinya.

Daripada membeli jam di toko-toko terdekat, alangkah baiknya kamu bisa membuatnya sendiri. Selain bisa lebih murah, kamu juga bisa melatih skill  kreatifitas kamu loh. Apalagi cara membuatnya terbilang cukup mudah.

Kamu cukup menyiapkan sebuah bingkai (boleh bingkai kayu, ataupun yang terbuat dari bahan lainnya), gear jam, jarum jam, dan penunjuk waktunya.

Untuk cara membuatnya, pertama-tama kamu bisa mulai melubangi bingkainya untuk tempat gear dan jarum jamnya yang akan digunakan untuk menyatukan keduanya.

Setelah itu, kamu bisa menempelkan deh indikator angka yang akan digunakan sebagai penunjuk dari jarum jam nantinya. Kamu bisa menggunakan benda apa saja sebagai indikatornya.

Kalau di case kali ini kita menggunakan bekas permainan domino yang digunakan sebagai indikator angkanya.

Kemudian, tempelkan semua indikator angka tersebut ke bingkai yang sudah dibuat sebelumnya.

Sekarang, sudah jadi deh. Kamu mendapatkan sebuah jam unik yang nggak bisa ditemukan di tempat lain. Terlebih, lebih murah juga. hehehe

Hiasan Ruangan Dari Bulu Bekas

pinterest.com
pinterest.com

Kerajinan tangan selanjutnya adalah hiasan ruangan yang berasal dari bulu ayam.

Bulu ayam memang memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan darinya. Misalnya seperti kock yang sering digunakan ketika permainan badminton. Ataupun kemoceng yang biasanya digunakan untuk membersihkan barang, dan masih banyak benda-benda lainnya.

Dan semua hal tersebut terbuat dari bulu ayam.

Untuk kamu yang mempunyai kemampuan menggambar ataupun melukis, kamu bisa menjadikan bulu ayam yang satu ini sebagai canvas-nya

Dan kalau seandainya kamu memiliki bulu ayam bekas yang sudah tidak digunakan, kamu bisa menjadikannya sebagai hiasan ruangan seperti yang satu ini.

Sudah bisa dipastikan, hasilnya pasti akan sangat bagus.

Bekas Keong Untuk Tempat Lilin

pinterest.com
pinterest.com

Pernahkah kamu ke pantai? Sudah pasti pernahkan? Trus, waktu kecil pernah kumpulin bekas-bekas keong nggak?

Bekas keong tersebut bisa dijadikan sebagai hiasan ruangan yang indah loh. Tapi selain itu ternyata bekas keong tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat lilin.

Cara membuatnya kamu bisa mencairkan lilin yang sudah jadi, kemudian kamu bisa meamasukannya ke dalam bekas keong tersebut.

Setelah itu, taruh sebuah tali sebagai sumbu dari lilin yang akan digunakan. Lalu kamu bisa mendiamkannya sejenak supaya lilin yang sudah dipindahkan ke dalam keong bisa mengering.

Sekarang kamu sudah mempunyai lilin yang unik dan menarik, serta berbeda dari yang lainnya.

Tertarik untuk membuatnya??

Kayu Bekas yang Dijadikan Sebagai Gantungan

pinterest.com
pinterest.com

Kalau kerajinan tangan yang satu ini dibuat dari kayu. Kayu memang memiliki manfaat yang banyak sekali, dan salah satu benda yang paling berperan penting dalam kehidupan manusia.

Tetapi terkadang ketika sudah tidak digunakan lagi, kayu biasanya lagsung di buang begitu saja. Daripada di buang begitu saja, ada baiknya di daur ulang kembali menjadi barang kerajinan tangan.

Nah, kali ini kia akan membuat gantungan barang. Caranya cukup mudah, pertama-tama siapkan satu buah tongkat kayu bekas berbentuk tabung, dan siapkan juga sebuah papan kayu bekas, dan lem.

Setelah itu, potong-potong kayu tabung bekas yang telah disiapkan, dan satukan kayu tabung yang telah di potong-potong tersebut menggunakan lem ke kayu papan yang datar.

Selanjutnya, biarkan lemnya kering terlebih dahulu selama beberapa saat sampai perekatannya cukup kuat.

Jadi deh sebuah gantungan barang hasil kerajinan tangan sendiri. Unik Bukan?

Kerajinan Tangan Pot Tanaman dari Ban Bekas

kerajinan-tangan-pot-tanaman-dari-ban-bekas
kaskus.id

Bagi kamu yang punya banyak koleksi ban bekas di rumah, atau memiliki kenalan yang memiliki koleksi ban bekas yang sudah tidak digunakan, kamu dapat memanfaatkannya untuk dijadikan pot bunga di taman kamu.

Ide membuat pot taman dari ban bekas ini bisa diaplikasikan pada taman rumah atau taman-taman umum. Agar terlihat lebih cantik dan menarik, kamu bisa merubah warnanya dengan mengecat berbagai warna. Dengan begitu pot bunga dari ban bekas yang kamu buat jadi terlihat cantik menawan.

Kerajinan Tangan Tempat Cas Hape dari Botol Bekas

kerajinan-tangan-tempat-cas-hape-dari-botol-bekas
kaskus.id

Ketika ingin mengisi bateri HP kita yang habis, terkadang kita kebingungan mencati tempat landasan yang aman untuk meletakkan HP. Apalagi kalau colokan listriknya jauh dari lantai, kalau dipaksakan dicas di sana dikhawatirkan nanti malah jatuh dan HP-nya jadi rusak.

Kalau kamu punya botol bekas bisa lo digunakan sebagai tempat menaruh HP kamu saat dicas. Untuk pembuatannya mungkin tidak perlu dijelaskan secara detail ya. Melihat gambar di atas saja pasti kamu sudah paham dan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kerajinan Tangan Vas dari Botol Kaca Bekas

kerajinan-tangan-vas-dari-botol-kaca-bekas
kaskus.id

Di atas sudah kita bahas mengenai kerajinan tangan vas dari botol bekas. Namun ulasan di atas bahan utamanya dari botol plastik. Nah, kali ini bahan yang akan kita gunakan adalah botol kaca.

Untuk membuatnya siapkan terlebih dahulu botol kaca bekas yang kamu punya, kalau tidak punya kamu bisa membelinya di warung atau tempat yang menjual barang bekas. Kemudian siapkan juga cat guna memberi warna pada botol kaca tadi agar lebih cantik dan menarik. Kamu bisa pilih cat yang sesuai dengan warna kesukaan kamu.

Langkah selanjutnya warnai botol kaca tersebut dengan cat yang sudah kamu siapkan. Caranya masukkan cat ke dalam botol kaca, lalu putar botol sampai cat menempel di seluruh dinding botol. Agar cat tidak meluber ke luar botol, jangan memasukkan cat terlalu banyak, cukup beberapa mililiter saja.

Kemudian tunggu sampai cat benar-benar kering. Kalau catnya sudah kering, botol kaca kini sudah berubah menjadi vas bunga warna-warni yang siap dipakai.

Kerajinan Tangan Bungkus kado dari Barang Bekas

kerajinan-tangan-bungkus-kado-dari-barang-bekas
www.idekreasi.com

Kalau kita ingin memberi hadiah kepada teman atau kerabat, tentunya kita akan mengemasnya dengan kemasan yang menarik. Kita bisa membuat kemasan yang istimewa agar hadiah yang kita berikan benar-benar berkesan untuknya.

Hadiah istimewa ini bukan berarti mahal ya. Kita bisa kok membuat hadiah yang awalnya terlihat biasa, namun dengan sedikit sentuhan kreatifitas, hadiah tersebut bisa terlihat istimewa dan berkelas.

Salah satunya dengan kemasan yang menarik. Contohnya seperti bungkus kado di atas. Meskipun dibuat dari botol bekas, kado yang kita berikan akan membuat penerima menjadi orang yang spesial.

Kerajinan Tangan Tempat Boneka dari Kaleng bekas

kerajinan-tangan-tempat-boneka-dari-kaleng-bekas
piccsy.com

Kalau kamu punya kaleng bekas seperti gambar diatas, kamu bisa menggunakannya untuk tempat boneka. Tapi jangan pilih bonekanya yang berukuran besar ya, agar nanti muat dimasukkan ke dalam kaleng.

Lebih bagus lagi kalau kamu membuat boneka sendiri, sehingga akan lebih pas ukurannya dan warnanya.

Kerajinan Tangan Bunga Mawar dari Kertas Bekas

Gambar-gambar di bawah ini diperoleh dari: liagriffith.com

Pada sub judul kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat bunga mawar dari kertas bekas.

Ini berbeda dengan sub judul nomor 36. Kalau di sub itu kamu hanya diberi tentang inspirasi gambar bunga kertas, di sini kamu akan diajarkan langkah demi langkah pembuatannya.

Yap, saya akan membahas cara pembuatannya langkah demi langkah supaya kamu bisa ikut mempraktekan juga di rumah.

 

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas

Setidaknya, ada 7 langkah yang mesti kita lakukan untuk membuat bunga mawar dari kertas bekas.

Tapi gak masalah kan. 7 langkah yang saya maksud bersifat sederhana koq, gak akan rumit kalau kamu emang niat. Hehe

Biar lebih semangat dalam membuat bunga mawar dari kertas bekas, berikut ini saya kasih satu contoh bunga mawar dari kertas bekas yang sudah jadi:

Contoh bunga mawar dari kertas yang sudah selesai dibuat.
Contoh bunga mawar dari kertas yang sudah selesai dibuat.

 

 

Bahan-bahan yang Diperlukan dalam Membuat Bunga Mawar dari Kertas Bekas

Baik, langsung saja kita mulai. Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah bahan-bahan dalam membuat bunga mawar dari kertas, yakni:

Lembaran-lembaran kertas bekas:

Sebaiknya kamu menggunakan kertas berbentuk persegi panjang dan memiliki ketebalan yang cukup, seperti: kertas duplex, kertas karton, ataupun kertas bekas yang sering terselip dalam bungkus-bungkus baju baru.

Stick lem atau isi lem tembak

Kamu bisa beli bahan ini di toko bangunan, tempat foto copy, ataupun tempat-tempat khusus kerajinan tangan.

Jarum pentol

Fungsi jarum pentol ini akan jadi tangkai untuk bunga mawar. Kamu juga bisa mengganti jarum pentol dengan benda-benda bekas sejenis, seperti: paku, pulpen bekas, ataupun batang sapu lidi.

 

Alat-alat yang Diperlukan dalam Membuat Bunga Mawar dari Kertas Bekas

Berikut adalah alat-alat yang diperlukan dalam membuat bunga mawar dari kertas bekas:

Lem tembak

Kamu bisa beli lem tembak di toko listrik, tempat foto copy, tempat khusus kerajinan tangan, ataupun bisa membeli secara online

Gunting

Kalau gunting, saya anggap kamu sudah punya ya. Kalau belum silahkan cari di pasar atau tempat foto copy.

Pensil

Pensil ini berfungsi untuk menandai dan membuat pola pada kertas bekas sebelum digunting. Kamu bisa menggunakan alternatif lain, seperti: spidol, pulpen dll

 

Langkah-langkah Pembuatan Bunga Mawar dari Kertas Bekas

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan bunga mawar dari kertas bekas:

1. Buat pola daun pada kertas bekas

bunga-mawar-dari-kerta-1

Kamu perlu perhatikan keterangan ini. Daun kertas yang akan kita buat ini terdiri atas 6 ukuran, yakni: ukuran s, t, u, v, w, dan x

Kamu bebas menentukan detail ukuran (panjang dan lebar) masing-masing daun, yang penting ukurannya berbeda-beda, yakni ukuran s adalah yang paling besar dan x adalah yang paling kecil.  Oh ya pada bagian ini kamu harus buat tiga lembar daun untuk setiap ukuran, jadi total ada 18 daun.

2. Potong bagian tengah masing-masing daun kertas.

bunga-mawar-dari-kerta-2

Pada bagian ini, kamu cukup memotong bagian tengah daun kertas. Contohnya, liat gambar di atas:

3. Sambungkan daun sesuai dengan ukurannyabunga-mawar-dari-kerta-3

Pada tahapan ini, kamu harus menyambungkan bagian-bagian daun sesuai dengan ukurannnya.  Kamu bisa liat contohnya pada gambar di bawah ini:

4. Buat bagian tengah daunbunga-mawar-dari-kerta-4

Pada bagian ini, ambilah daun berukuran x (yang paling kecil) kemudian buat lekukan-lekukan pada daun.

Daun ini berfungsi sebagai bagian tengah dari bunga mawar, dan lekukannya berfungsi agar daun terlihat menutup. Lihat pada gambar:

5. Masukan jarum pentol pada daun ukuran Sbunga-mawar-dari-kerta-5

Masukan jarum pentol di bagian tengah daun ukuran s, kemudian tambahkan sedikit lem agar ikatannya kuat.

6. Susun daun sesuai ukuranbunga-mawar-dari-kerta-6

Ini adalah salah satu bagian terpenting. Kamu harus menyusun daun sesuai ukurannya, dari yang terbesar sampai yang terkecil.

Pastikan juga untuk memutar-mutar posisi daun, sampai menemukan susunan yang pas dan terlihat natural. Setelah kamu yakin dengan susunannya, kamu bisa langsung rekatkan menggunakan lem tembak.

7. Selesai

bunga-mawar-dari-kerta-7

Kamu bisa langsung menempelkan bunga mawar dari kertas bekas ini, ke: dinding kamar, busa, meja belajar dll. Yap selama daun itu bisa menempel kuat di sana, kenapa enggak?

Bunga Lavender dari Sedotan Plastik

bunga lavender dari sedotan
Bunga merupakan suatu yang banyak disukai terutama khususnya kaum wanita, sementara bagi para kaum pria bunga sering dijadikan senjata paling ampuh untuk mengungkapkan rasanya dengan menggunakan bunga kepada lawan jenisnya.

Tidak hanya itu, bunga juga dijadikan sebagai penghias yang sangat indah billa diletakkan di ruangan. Tetapi, kelemahannya ialah saat setangkai bunga dapat diletakan pada ruangan yang minim dengan cahaya lama kelamaan akan menjadi layu dan mati sehingga tidak mampu meghiasi ruangan.

Banyak sekali macam bunga yang tumbuh diseluruh dunia, bentuk dan warnanya juga sangat variasi. Seperti bungan mawar, teratai, lavender, anggrek dan masih banyak bunga-bunga yang lainnya dengan keunikan dan ciri-ciri berbeda.

Dengan demikian sangat mempengaruhi banyaknya inspirasi kerajinan bunga yang dapat dibuat dari sedotan plastik.

Bunga lavender merupakan bunga yang sangat cantik berasal dari Benua Eropa, namun juga banyak berkembang biak di Indonesia. Ternyata dengan sedotan bekas, kamu bisa membuat hiasan bungan lavender sendiri dirumah. Berikut dibawah ini adalah cara membuatnya:

Alat dan Bahan

  • Sedotan dengan warna yang disesuaikan
  • Lem batang
  • Kawat
  • Gunting
  • Jarum
  • Daun tiruan

Langkah-langkah Membuat Bunga Lavender

  • Setelah semua alat dan bahan disiapkan, langkah pertama yang harus dilakukan dengan memotong satu sedotan menjadi 4 bagian kecil dengan ukuran sama panjang.
  • Setelah selesai dipotong menjadi 4 bagian kecil tersebut potong lagi terbagi jadi 2 bagian dengan bentuk potongan runcing.
  • Kemudian tusukan jarum dibagian tengah potongan yang runcing tersebut hingga membentuk pola potongan bunga lavender. Buat bentuk-bentuk sepert itu sebanyak-banyaknya.
  • Setelah semua selesai, masukan potongan bunga lavender ke kawat satu demi satu hingg perkiraan satu tengah atau bisa disesuaikan dengan selera kamu, bisa lebih panjang atau lebih pendek.
  • Langkah terakhir ialah lilit lem batang di kawat dan tambahkan daun palsu untuk mempercantik bentuk bunga tersebut.

Bunga Teratai dari Sedotan Plastik

bunga teratai dari sedotan
Seperti yang sudah diketahui bahwa bunga teratai biasanya tumbuh diatas air seperti kolam dan danau. Keindahan bunga teratai tersebut tidak perlu diragukan lagi sehingga banyak sekali orang-orang yang menyukainya.

Namun, bunga tersebut tumbuh di atas air seringkali kita sulit untuk mendapatkanya dan dijadikan sebagai hiasan di rumah apalagi didalam ruangan. Apakah anda tahu? Jika kamu bisa kreatif, bunga teratai yang hidup di air tersebut bisa dimiliki dan menghiasi ruangan tanpa perlu harus perlu ribet dan takut menjadi layu.

Caranya ialah dengan membuat bunga teratai berbahan sedotan bekas yang pastinya tidak akan pernah layu. Berikut dibawah ini menjelaskan cara membuat bunga teratai dari berbahan sedotan bekas:

Alat dan bahan-bahan

  • Sedotan
  • Kawat
  • Gunting

Langkah-langkah Membuatnya

  • Persiapkan 4 batang sedotan dan potong-potong dari setiap batangnya dijadikan menjadi 4 bagian dengan sama panjang
  • Lalu potong lagi sedotan kecil tersebut dengan pola meruncing, sebisa mungkin agar tiap potongan berukuran sama panjang.
  • Kemudian, buka potongan sedotan yang sudah berbentuk kelopak, kemudian lipat mengikuti garis pada sedotan, selanjutnya lipat kembali lagian bawah kurang lebih 1/3 bagiandari pangkal kelopak bunga.
  • Tusukan pangkal bunga tersebut kedalam jarum satu persatu hingga berjejer dengan rapat.
  • Tusukan kawat dari ujung jarum yang berlubang dan pindahkan kelopak bunga tersebut didalam kawat secara hati-hati.
  • Selanjutnya, ikat kelopak-kelopak tersebut dengan cara melingkarkan kawat dan serut kelopak bunga hingga semua kelopak menyatu.
  • Langkah terakhir selanjutnya kamu bisa menambahkan warna putih ditengahnya agar terlihat lengkap dan cantik.

Hiasan Dinding dari Kaset CD Bekas

kerajinan tangan dari barang bekas
klimg.com

Dinding rumah kamu juga perlu ditambahkan hiasan yang terbuat dari kerajinan tangan nih, tuh buktinya seperti di gambar. Cantik kan? Kalau dinding rumah kosong gak ada hiasan seperti ini atau mungkin udah ada lukisan unik, itu masih kurang.

Gak ada salahnya juga kalau kamu menambahakan hiasan dinding seperti ini. Gak susah kok buat kerajinan tangan ini. Cukup mengumpulkan kaset CD bekas yang ada, kemudian kamu perlu sedikit melukis sesuai dengan skil yang kamu punya.

Hiasan dinding ini gak cuma bagus di ruangan depan aja, kalau perlu di ruangan kamar masing-masing juga bagus lho. Jadi tunggu apalagi, jangan ketinggalan dengan tren seperti ini ya.

Hiasan dinding seperti ini udah dipakai banyak orang lho, jadi jangn ketinggalan ya, selamat mencoba. Semoga kamu bisa meningkatkan kreatifitas kamu.

Burung Cantik dari Kaset CD Bekas

kerajinan tangan dari barang bekas
sarungpreneur.com

Nah bagaimana dengan kerajinan yang satu ini, gak kalah jauh kan dengan yang lainnya? Burung ini terbuat dari CD bekas loh. Jadi, kalau kamu punya CD yang udah gak dipakai, bisa dijadikan kerajinan tangan yang cantik dan unik.

Burung dari keping-kepingan CD bekas ini banyak yang nawarin juga loh sankin uniknya. Kalau dilihat dari gambar burung ini hampir seutuhnya berwarna biru. Uniknya adalah tubuhnya yang mengkilau karena keping-kepingan CD bekas.

Kalau kamu punya kaset CD bekas yang udah gak dipakai cobalah untuk dijadikan kerajinan tangan yang unik. Biasanya semakin unik kerajinan tangan kamu akan besar peluang usaha yang kamu dapatkan atau mungkin mau dijadikan bisnis juga bisa.

Pot Keramik dari CD Bekas

kerajinan tangan dari barang bekas
sarungpreneur.com

Kemudian beralih pada kerajinan tangan lainnya. Ini adalah pot keramik eits! Jangan bilang ini keramik kaca ya, pot ini terbuat dari kepingan kaset CD bekas juga lho.

Kalau kamu pecinta tanaman bunga, pakai pot biasa mungkin kurang indah untuk dilihat sehingga membuat kamu merasa tidak peduli dengan pot tersebut dan yang kamu perlukan mungkin hanya menyiram tanaman yang ada di dalam pot.

Kalau kamu pakai pot keramik yang terbuat dari kepingan kaset ini, kamu akan betar duduk berlama—lama di teras rumah sambil melihat tanaman yang ada di dalam pot yang terbuat dari kepingan kaset CD bekas ini.

Selain itu kamu juga akan selalu ingin untuk menyiram tanaman yang sudah ditanam di dalam pot.

Pot keramik dari kaset CD bekas ini bisa kamu letakkan di mana aja termasuk di ruangan kamar kamu agar mengubah ruangan menjadi lebih indah. Namun sebaiknya juga ada di taman yang kamu punya.

Gitar Unik dari CD Bekas

kerajinan tangan dari barang bekas
sarungpreneur.com

Gitar ini awalnya biasa aja, kemudian salah seorang pengrajin mengubahnya menjadi gitar luar biasa unik. Gitar ini sama dengan burung tadi yaitu terbuat dari CD bekas.

Kalau dilihat gambar, gitar ini seperti dilukis tapi sebenarnya nggak. Bagian depan gitar hanya ditambahkan keping-kepingan kaset CD bekas yang udah gak dipakai kemudian ditempelkan di bagian depan gitar.

Kalau kamu mau coba silahkan, temukan beberapa tutorial yang udah ada untuk dijadikan referensi. Lumayan loh, ini bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan kalau kamu benar-benar menekuni kerajinan tangan ini.

Harga jual juga cukup besar kalau kerajinan tangan yang kamu buat melebihi dari gitar biasa yang ada di pasaran saat ini.

Gitar ini awalnya biasa aja, kemudian salah seorang pengrajin mengubahnya menjadi gitar luar biasa unik. Gitar ini sama dengan burung tadi yaitu terbuat dari CD bekas.

Kalau dilihat gambar, gitar ini seperti dilukis tapi sebenarnya nggak. Bagian depan gitar hanya ditambahkan keping-kepingan kaset CD bekas yang udah gak dipakai kemudian ditempelkan di bagian depan gitar.

Kalau kamu mau coba silahkan, temukan beberapa tutorial yang udah ada untuk dijadikan referensi. Lumayan loh, ini bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan kalau kamu benar-benar menekuni kerajinan tangan ini.

Nilai jual juga cukup tinggi kalau kerajinan tangan yang kamu buat melebihi dari gitar biasa yang ada di pasaran saat ini.

Kerajinan Tangan Lemari Buku dari Sumbat Botol Bekas

kerajinan tangan dari botol bekas
www.francescosillitti.co

Coba perhatikan gambar lemari di atas, ada yang aneh tidak? Kira-kira, lemari buku tersebut terbuat dari apa yah? Sekilas terlihat seperti terbuat dari kumpulan potong kayu-kayu, tetapi, ternyata itu bukan kayu loh.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata lemari buku tersebut terbentuk dari kumpulan sumbat botol yang dikumpulkan dan dibentuk menjadi seperti lemari buku.

Ditambah dengan kaca transparan di atasnya untuk menjadi alas bagi barang-barang yang nantinya akan ditaruh di atas lemari tersebut.

Kita bisa menaruh buku-buku, aksesoris, vas bunga, hingga hiasan-hiasan rumah yang indah untuk dipandang.

Kerajinan Tangan Kacamata Hipster dari Kayu Bekas

kerajinan tangan dari barang bekas
hipsterhead.com

Kacamata di atas terlihat sangat hipster dan gaul sekali kan? Dengan paduan warna yang cukup nyentrik, yaitu kombinasi warna hijau, biru, dan coklat membuat kacamata ini menjadi salah satu kacamata yang wajib dimiliki oleh para pecinta dan kolektor kacamata hitam.

Ternyata, kacamata ini terbuat dari bahan-bahan bekas loh. Coba kamu perhatikan, warna coklat yang ada pada frame kacamata hitam bagian depat tersebut ternyata merupakan warna dari kayu yang digunakan untuk membuat kacamata hitam tersebut.

Lalu, bagian gagang kacamata hitam tersebut juga dibuat dari kayu bekas, bedanya pada bagian gagang tersebut diberikan warna hijau dan biru agar kacamata ini terlihat lebih gaul, trendy, dan hipster.

Kamu bisa memadupadankan kacamata hitam hipster ini dengan kaos warna hijau dan biru dan pastinya memakai topi gaul dengan kombinasi warna yang sama, yaitu hijau dan biru.

Kalau kamu tertarik untuk membuat kacamata hitam hipster ini, pastikan kamu menggunakan bahan-bahan kayu yang berkualitas. Tetapi, jika kamu tidak sempat membuatnya sendiri dan tetap ingin memiliki kacamata hipster ini kamu bisa memilih untuk membelinya secara online.

Kerajinan Tangan Mangkuk dari Majalah Bekas

kerajinan tangan dari barang bekas
ostkcdn.com

Siapa kira ternyata mangkuk ini terbuat dari bahan untuk membuat mangkuk yang tidak biasanya. Seperti yang sering kita lihat dan kita ketahui sebelumnya, mangkuk-mangkuk yang dipakai, terutama untuk menyajikan makanan, terbuat dari bahan kaca.

Juga ada beberapa mangkuk yang terbuat dari bahan plastik sehingga ketika jatuh tidak menyebabkan mangkuk tersebut pecah. Dan memang, kedua bahan tersebut, kaca dan plastik, lebih sering digunakan untuk mangkuk karena aman jika digunakan untuk makanan.

Lalu, pada zaman dahulu untuk mangkuk dan piring, sebelum ditemukannya kaca dan plastik, terbuat dari tanah liat yang dipanaskan dan dikeraskan. Tapi, proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dan, akhir-akhir ini banyak orang yang membuat kerajinan tangan dari bahan bekas yang membentuk mangkuk. Bahan-bahan bekas tersebut bervariasi, dan untuk gambar mangkuk di atas ternyata terbuat dari majalah bekas.

Ya, lembar-lembaran dari majalah bekas. Kenapa bisa dibentuk menjadi mangkuk? Karena jika dilihat dengan saksama, masing-masing lembaran halaman bekas tersebut digulung, lalu dibentuk menjadi lingkarang, dan digabungkan dengan gulungan halaman yang lainnya.

Lalu, masing-masing halaman memiliki ukuran yang berbeda sehingga dapat menciptakan ukuran mangkuk seperti pada umumnya. Selain itu, warna-warna dari halaman bekas majalah tersebut yang berbeda satu sama lainnya semakin membuat mangkuk ini menjadi unik.

Tetapi, karena mangkuk ini terbuat dari halaman bekas majalah yang notabene adalah kertas, mangkuk ini tidak digunakan untuk menaruh makanan dan benda lainnya yang basah. Karena hal tersebut bisa merusak kreasi mangkuk  ini.

Jadi, mangkuk ini memang dibuat untuk digunakan sebagai hiasan yang bisa ditaruh di atas meja, lemari, maupun di atas televisi. Dan mangkuk ini bisa juga ditaruh dengan barang-barang seperti aksesoris dan benda lain yang tidak basah.

Kerajinan Tangan dari Benang wol

kerajinan tangan dari barang bekas
ytimg.com

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana membuat kerajinan tangan yang indah menggunakan benang wol. Dalam pembuatannya kita harus melakukannya dengan serius agar hasil yang kita dapatkan juga akan maksimal, karena jika kita membuat sebuah kerajinan dengan setengah hati, maka kerajinan yang dihasilkan juga tidak begitu memuaskan.

Benang wol merupakan benang yang tebal, biasanya benang ini digunakan oleh kebanyakan orang untuk merajut pakaian seperti sweater, syal, ataupun glove. Namun ada banyak sekali kreasi ataupun kerajinan tangan yang bisa kita ciptakan menggunakan benang yang tebal ini, dan cara membuatnya pun tidak terlalu sulit dan juga tidak membutuhkan peralatan yang mahal.

Dari banyak hal yang bisa kita ciptakan menggunakan benang wol, salah satu diantaranya adalah kita bisa menciptakan sebuah lampion benang. Mungkin di antara kalian ada juga yang semasa sekolah diajarkan hal semacam ini.

Untuk membuat kerajinan berupa lampion benang ini, bahan yang kita butuhkan juga tidak terlalu banyak. Yaitu.

Bahan bahan :

  • Bola/ balon
  • Kuas
  • Lem Fox
  • Benang wol secukupnya
  • Lampu
  • Viting
  • Kabel
  • Colokan

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melapisi seluruh permukaan yang ada pada bola dengan lem fox. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan kuas yang telah kamu sediakan tadi. Lakukan dengan teliti jangan sampai ada bagian yang tertinggal, karena nanti bisa membuat lampion benangya kurang kuat.

Setelah semua permukaan bola sudah kamu lapisi dengan lem, tahapan berikutnya adalah dengan mengikatkan ataupun melilitkan benang wol yang kamu sediakan tadi secara merata dan juga berulang ulang kesekeliling balon ataupun bola yang sudah kamu lapisi lem tersebut.

Setelah kamu melakukannya dengan sempurna, dan sudah tidak ada permukaan balon yang terlihat lagi, maka kamu bisa menjemurnya di bawah terik matahari hingga benang benang yang kamu gunakan tadi merekat seluruhnya. Oiya jangan lupa untuk menyisakan sedikit permukaan yang tidak kamu kenai lem dan juga tidak kamu lilit dengan benang, karena nanti tempat tersebut yang akan menjadi jalan keluar bola ataupun balon yang kamu gunakan.

Setelah sekiranya kamu sudah menjemurnya dengan sempurna dan juga benang yang kamu gunakan sudah mengeras, maka tahapan selanjutnya adalah melepaskan dasar dari benang tersebut, yaitu bola atau balon yang kamu gunakan tadi. Jika kamu menggunakan sebuah balon, maka cara melepasnya akan sangat mudah, yaitu cukup kamu letuskan saja balon tersebut dengan jarum, kemudian ambil sisa letusan balonnya.

Maka yang tersisa hanyalah tinggal benangnya saja yang berbentuk menyerupai balon, kamu bisa menghiasi bola wol tersebut dengan warna warna yang kamu suka, atau cukup kamu gunakan saja seperti itu.

Kemudian langkah selanjutnya adalah menyiapkan lampu yang akan kamu gunakan. Kamu bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih dewasa untuk melakukannya jika kamu merasa kesulitan. Caranya adalah dengan menggabungkan viting dengan kabel, lalu sambungkan juga dengan colokannya. Kemudian pasang lampunya keatas viting tersebut dan cobalah untuk dinyalakan, jika lampu tersebut bisa menyala dengan normal berarti langkah selanjutnya adalah menggabungkan lampu dengan bola wol nya.

Cara menggabungkannya cukup mudah, kamu tinggal mencari dudukan atau alas tempat lampu berdiri misalnya kayu datar dll. Lalu kamu pasang vitingnya pada kayu tersebut. Setelah itu kamu tinggal menaruh bola wol tadi diatasnya, tada~ sebuah lampion sudah jadi dan bisa digunakan untuk menghias kamarmu.

71

Kerajinan Tangan Peta dari Koran Bekas

kerajinan tangan dari barang bekas
blogspot.com

Punya stok koran bekas tak terpakai di rumah? Dari pada menganggur di rumah, lebih baik kita kreasikan saja menjadi suatu karya seni yang luar biasa. Siapa tau hasil karya seni yang dibuat dari koran bekas bisa mempercantik tampilan rumah kita.

Salah satu ide kerajinan tangan dari koran bekas adalah dengan membuat peta 3 dimensi. Bukan peta biasa loh, tapi peta 3 dimensi! Kamu bisa membuat peta negara Indonesia, peta dunia, peta daerah tempat tinggalmu, atau peta daerah lainnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan relatif murah dan mudah ditemukan. Mulai dari kertas koran yang sudah tak terpakai, kemudian papan kayu triplek, dan cat besi. Dengan bermodalkan bahan-bahan sesederhana itu, sebuah peta timbul dapat dibuatnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merendam kertas koran di dalam air selama beberapa waktu. Diamkan kertas koran tersebut terendam air hingga sekiranya berubah menjadi bubur kertas.

Jika kertas koran sudah menjadi bubur kertas, saatnya membuat peta timbul ini. Bentuklah bubur kertas di atas papan kayu triplek sesuai dengan bentuk aslinya di peta. Kamu mungkin bisa menirunya lewat atlas, peta, globe, atau mungkin mencarinya di internet.

Susunlah sedemikian rupa dan serapi mungkin hingga peta tersebut bisa dikenali oleh orang-orang. Biarkanlah peta yang baru disusun mengering dan mengeras terlebih dahulu. Tunggulah beberapa saat sampai peta tersebut sudah cukup keras untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Nah, di tahap terakhir, peta yang sebelumnya sudah kita buat hanya tinggal kita hias menggunakan cat besi. Gunakan ukuran kuas yang bervariasi agar warna yang bisa menjadi sangat cantik. Peta yang dibuat pun bisa kamu pajang sebagai hiasan di rumah.

72

Kerajinan Tangan Pot dari Paralon Bekas (Pipa PVC)

kerajinan tangan dari barang bekas
www.ideaonline.co.id

Pipa PVC atau yang lebih akrab dikenal dengan istilah paralon juga ternyata tak hanya bisa difungsikan sebagai media mengalirkan air semata, namun bisa pula dikreasikan menjadi berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik loh.

Salah satu kreasi kerajinan tangan cantik yang bisa dibuat dengan bahan dasar paralon adalah membuat pot tanaman. Bermodalkan paralon bekas saja, berbagai bentuk pot cantik bisa dibuat dengan semudah mungkin.

Mengapa pembuatan kerajinan tangan pot dari paralon terbilang mudah? Tentu saja hal itu dikarenakan bahan-bahan yang diperlukan mudah didapatkan dan tidak mahal. Proses pengerjaannya pun bisa sangat cepat, terlebih lagi jika sudah terbiasa membuatnya.

Sebenarnya, hanya dengan bahan-bahan antara lain paralon, kompor (bisa juga diganti lilin atau media pembakar lainnya), pisau atau cutter, serta cat, kita sudah bisa membuat sebuah kreasi pot dari paralon ini. Mudah bukan?

Caranya, pertama ukur terlebih dahulu akan sebesar apa nanti pot yang akan dibuat. Tentu ini sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda. Anda dapat menggunakan penggaris panjang atau meteren bangunan untuk mengukurnya.

Selanjutnya, tandai dimana saja titik-titik pada paralon yang akan diberi lubang untuk memasukan tanah nantinya. Jika sudah, letakan paralon beberapa cm di atas kompor atau lilin yang menyala hingga melunak.

Perlu diingat, jangan sampai meletakan paralon hingga menyentuh api. Hal itu akan menjadikan paralon tampak lebih jelek karena terbakar dan menghitam, atau bahkan tak jarang terbakar hingga rusak.

Jika paralon sudah melunak, buatlah lubang pada titik-titik yang sebelumnya sudah ditandai terlebih dahulu. Buatlah lubang sedemikian rupa hingga sekiranya dapat menjadi lahan tanam bagi tanaman yang akan ditanam di sana nantinya.

Pot paralon tadi dapat anda susun sesuai selera. Bisa disusun bertingkat dengan paralon lainnya, disambung-sambungkan secara memanjang, atau seperti apa pun itu. Sebelum akhirnya dicat dan dihias secantik mungkin.

73

Cara Membuat Kerajinan Cangkang Telur (Ukir dan Lukis)

kerajinan tangan dari barang bekas
www.icreativeideas.com

Untuk membuat kerajinan cangkang telur yang berkualitas kita bisa mengikuti labgkah-langkah berikut ini.

Mengeluarkan isi telur dengan bantuan suntik, caranya cukup dengan menyuntik telur.

Sebelum disuntik pastikan kita membuat satu lubang di sekitar lubang yang akan kita suntik, jadi total lubang yang terdapat pada telur berjumlah dua lubang. Hal ini bertujuan agar ada perputaran udara yang terjadi didalam telur sehingga isi telur bisa keluar.

  • Cara menyuntiknya bukan di sedot! Melainkan di pompa. Teman-teman pahamlah soal ini.
  • Setelah isinya dikeluarkan ruang cangkang dicuci sampai benar-benar bersih, kemudian tiriskan sampai kering.
  • Setelah kering cangkang telur bisa kita proses ke tahap pengukiran dengan bantuan alat khusus.

Tips dalam membuat ukiran cangkang telur

Proses pengukiran cangkang harus dilakukan dengan sangat hati-hati supaya tidak pecah. Dari beberapa jenis telur yang biasa kita diolah menjadi ukiran, telur ayam termasuk jenis cangkang yang paling sulit untuk diukir karena mempunyai karakter cangkang yang tipis.

Hampir semua bentuk dan desain bisa kita tuangkan dalam ukiran ini, baik itu motif binatang, tumbuh-tumbuhan, bentuk-bentuk geometris, logo perusahaan atau merek-merek tertentu, bahkan kaligrafi sekalipun.

Meskipun kerajinan cangkang telur ini berukuran kecil namun soal harga jangan diremehkan. Kerajinan ini bisa terbilang koleksinya orang menengah ke atas jadi teman-teman bisa taksir sendiri harganya.

74

Kerajinan Cangkang Telur

blogspot.com

Telur merupakan bahan makanan yang sudah tidak asing lagi dengan menu serta hidangan di meja makan kita sehari-hari.

Selain kandungan gizinya yang tinggi, alasan mengapa banyak dari ibu-ibu rumah tangga memilih telur sebagai sajian pelengkap hidangannya karena kepraktisannya dalam mengolahnya.

Ya benar sekali, cukup dengan ceplok jadi deh telor ceplok atau mata sapi. Atau bisa juga dikocok terlebih dulu dan ditambahkan sedikit bumbu-bumbu dapur jadilah telur dadar dan masih banyak lagi variasi-variasi lain dari telur ini.

Perlu teman-teman ketahui, ternyata telur yang biasa kita konsumsi juga menghasilkan limbah cukup banyak yang berupa kulit atau cangkang.

Tidak jarang juga kita melihat banyak orang yang membuang begitu saja karena mereka menganggap cangkang tersebut sudah tidak memiliki nilai guna lagi.

Namun jangan salah, di tangan orang-orang yang kreatif dan terampil, cangkang telur yang kita anggap limbah bisa dirubah dan disulap menjadi kerajinan tangan yang super duper unik, yang banyak dikenal dengan kerajinan cangkang telur.

Kerajinan cangkang telur merupakan kerajinan yang berasal dari cangkang telur baik itu berupa aksesoris hiasan rumah seperti telur lukis, ukiran cangkang maupun kerajinan lainnya seperti keramik (biasanyanya pecahan-pecahan telur ditempel pada kerajinan keramik).

Saat ini kerajinan cangkang telur sudah cukup populer di masyarakat Indonesia karena bentuknya yang unik dan cantik serta didukung dengan berbagai macam motif yang indah.

Misalnya saja aksesoris atau furniture rumah tangga baik itu berupa ukiran maupun cangkang lukis sebagaimana kami sebutkan di atas.

Dengan adanya kreatifitas dari orang-orang yang terampil dan peka terhadap lingkungan, kulit telur yang awalnya hanya dianggap sampah dan tidak berguna sekarang dapat dijadikan sebagai kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Adapun jenis cangkang telur yang biasa digunakan dan dikaryakan diantaranya adalah cangkang telur ayam, kalkun, bebek, dan burung puyuh. Namun, tidak bisa kita pungkiri jika telur ayam, bebek dan puyuh lebih banyak kita temukan di pasaran.

Untuk membuat kerajinan cangkang telur yang berkualitas kita bisa mengikuti labgkah-langkah berikut ini.

75

Kerajinan Topi dari Sedotan Bekas


Kerajinan tangan dapat dibuat dari apa saja termasuk dari sedotan. Sedotan merupakan bahan berbahan dasar plastik yang digunakan sebagai alat bantu untuk minum baik dari kemasan botol, kaleng ataupun gelas. Sedotan cukup mudah ditemui, hampir setiap warung makan menyediakan sedotan bagi para pengunjungnya.

Sedotan juga sangat murah, hanya dengan beberapa lembar seribuan, Anda dapat membeli satu pack sedotan yang isinya puluhan sampai ratusan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kerajinan tangan yang memanfaatkan sedotan.

Contoh-contoh yang akan diberikan sangatlah mudah untuk  ditiru. Sehingga Anda bisa dengan mudah membuatnya di dalam rumah.

Sudah banyak sekali kerajinan tangan berbahan dasar sedotan yang dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita. Kerajinan tangan ini berbentuk ornamen, hiasan atau bahkan suatu produk yang dapat dimanfaatkan guna membantu kegiatan sehari-hari.

Membuat dan memanfaatkan sedotan menjadi sebuah bentuk kerajinan tangan sangatlah bermanfaat bagi Anda yang memiliki buah hati. Anda dapat mengajak sang buah hati untuk membuat kerajinan tangan bersama. Tentunya hal ini dapat meningkatkan daya kreatifitas dan perkembangan otak buah hati Anda. Selain itu ikatan batin antara keduanya juga akan makin erat.

Karena itulah banyak sekali kegiatan kesenian semacam ini yang dilakukan di taman kanak-kanak atau play group. Harapannya, anak akan terbiasa dan terlatih menjadi pribadi yang kreatif semenjak usia dini sehingga ketika dewasa nanti ia dapat menemukan inovasi yang berharga bagi bangsa dan negara.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan

Sebenarnya masih sangat banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan dari sedotan. Beberapa gambar yang Anda lihat sekarang ini hanyalah sebagian kecil dari contoh yang dapat kami berikan.

Mempraktekannya juga cukup mudah karena tidak memerlukan banyak tenaga dan waktu. Pengerjaannya tidak memakan waktu lama, cukup buat sesederhana mungkin agar simple dan elegan serta dapat dengan mudah ditiru oleh anak.

Dari contoh-contoh yang telah kami berikan sebelumnya, Anda dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi masing-masing.

Mengajarkan cara membuat kerajinan tangan dari sedotan bekas dapat membuat para siswa terbiasa pada model kerja sama kelompok. Selanjutnya Anda bisa menyuruh murid yang pintar untuk membantu teman – temannya yang kesulitan.

Melatih dan mengasah kreativitas anak sejak dini dapat membantu meningkatkan daya kembang otak. Sehingga buah hati dapat menyerap dan mengolah pelajaran dengan baik. Tentunya efek dari perkembangan otak ini tidak dapat langsung dirasakan dengan segera tetapi harus melalui banyak proses pelatihan kreativitas.

Sejarah Sedotan

Sedotan merupakan sebuah alat berbentuk tabung yang berguna untuk memindahkan minuman dari suatu wadah ke dalam mulut dengan mudah tanpa harus menyentuh wadah tersebut.

Penggunaan sedotan didasari pada kekuatan menghisap yang berasal dari mulut. Pada awalnya sedotan terbuat dari batang rumput atau jerami yang berbentuk cekung.

Sekarang ini sedotan terbuat dari plastik tipis berbentuk tabung (seperti polystyrene dan polypropylene) atau bahan lainnya. Ada juga variasi sedotan yang bentuknya lurus namun memiliki engsel pada ujungnya.

Engsel itu berguna untuk membengkokkan salah satu ujung sedotan yang menempel pada mulut sementara ujung lainnya menempel pada wadah minuman. Hal itu membuat sedotan dapat mengurangi tekanan udara di mulut.

Sedotan pertama kali dibuat oleh bangsa Sumeria dan digunakan untuk meminum bir. Hal ini dilakukan untuk menghindari produk yang padat fermentasi.

75

Kerajinan Tangan Dari Kotak Susu Bekas

ynasew.blogspot.co.id

Setiap barang yang sudah tidak dijual lagi pasti dibuang, karena barang-barang tersebut sudah bisa disebut dengan sampah. Sampah harus segera dibuang karena jika menumpuk akan menyebabkan ketidaknyamanan. Kotak susu bekas menjadi salah satu jenis sampah-sampah yang dibuang tersebut.

Yang dikonsumsi adalah isinya, setelah isinya habis, maka kotak susu akan dibuang di tempat sampah. Jadilah mereka kotak-kotak susu bekas yang tidak berguna. Padahal mereka memiliki nilai ekonomis yang tinggi jika kita bisa mendaur ulangnya menjadi barang-barang yang berguna.

Kini, di tangan para creator yang cerdas dan melek teknologi serta memiliki jiwa kepedulian sosial yang tinggi, kotak-kotak susu bekas yang awalnya menjadi sampah tersebut disulap menjadi barang-barang cantik yang berguna. Bahkan jika kita sudah menggunakannya, maka kita tidak akan pernah menyangka jika barang tersebut terbuat dari kotak susu bekas yang sudah kita buang tadi.

Barang-barang dari kotak susu bekas ini adalah hasil kreativitas para tangan ulet. Sebuah barang yang sudah tidak berguna kemudian dijadikan beberapa kerajinan tangan unik yang cantik serta memiliki nilai jual yang tinggi.

Berikut adalah beberapa kerajinan tangan dari kotak susu bekas yang bisa kita buat:

  • Tempat serbuk atau tempat bubuk

kerajinan.id

Kotak susu bekas dapat dikombinasikan sebagai penutup sebuah toples kecil. Kita bisa mengguntingnya melingkar sesuai dengan diameter mulut toples. Alat ini sangat membantu, karena kita tidak perlu menggunakan sendok kecil untuk mengambil bubuk kopi atau lada. Cukup dengan menuangkannya saja.

  • Kotak pensil

vemale.com

Kini sudah banyak tempat pensil yang terbuat dari karton. Hiasan-hiasan yang cantik dan lucu membuat anak-anak tertarik.

  • Pot tanaman

kerajinan.id

Kotak susu bekas juga bisa digunakan sebagai pot tanaman, karena ukuran dari kotak ini yang panjang, maka akan mengcover semua akar tanaman. Pot ini pun mudah untuk dikreasikan, yaitu dengan memberi gambar-gambar cantik.

  • Lampion taman

Kerajinan.ID

Cara mengolah kotak susu bekas menjadi lampion taman adalah dengan melubangi kotak dan memberinya kertas warna-warni di bagian dalam. Lalu masukkan lampunya, maka taman akan kelihatan hidup ketika malam hari.

  • Dompet

nupi-nupi.com

Dompet pun kini sangat banyak variasinya. Sehingga kita bisa mencoba membuat dompet dengan kotak susu bekas. Karena sifat kotaknya yang mudah dikreasikan.

  • Kotak penyimpanan

id.aliexpress.com

Biasanya kita malas untuk berberes. Kita selalu meletakkan barang-barang kita begitu saja, sehingga kesan berantakan tidak bisa dihindari. Hal ini akan memakan tempat dan juga mengurangi keindahan serta kerapian. Untuk itulah kemudian kita bisa menggunakan beberapa kotak susu bekas yang ditempel-tempel membentuk kotak-kotak kecil sebagai penyimpan barang-barang agar terlihat rapi di atas meja.

  • Membuat casing hp

caraaslan.blogspot.co.id

Membuat tampilan hp kita menjadi lebih canti biasanya para perempuan akan membeli beberapa aksesoris cantik. Mereka akan memilih gambar-gambar yang cantik, salah satunya adalah memilihkan cashing hp. Cashing ini akan diletakkan di luar cashing asli, sehingga tampilan hp akan lebih cantik. Dengan kotak susu bekas pun kita bisa membuat cashing hp dengan tangan kita sendiri. Tentukan ukuran kotak sesuai dengan ukuran hp kita, kemudian tempeli kotak dengan kertas gambar (pakai kertas kado, misalnya).

  • Laci mungil

bisikan.com

Kita pun bisa membuat laci mungil dari kotak susu bekas. Kita cukup menyusunnya ke atas dan menyelimutinya dengan kertas warna. Lalu kita bisa membuat lokernya juga. Buat sedemikian rupa dan kelihatan cantik serta rapi.

Beberapa kerajinan kotak susu bekas tersebut hanyalah sebagian kecil saja, jika kita mau berkreasi maka akan tercipta banyak kerajinan tangan yang unik lainnya. Dari bahan terbuang saja, kita sudah bisa menciptakan suatu hal baru, dan juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ketika sudah dipakai, maka kita tidak akan sadar bahwa barang yang kita pakai terbuat dari barang bekas. Selamat mencoba.