Kamu Penyuka Kentang? Ini Dia 7 Manfaat Kandungan Kentang yang Bagus untuk Kesehatanmu

Kentang adalah umbi-umbian yang merupakan salah satu bahan makanan sumber karbohidrat. Di Indonesia, kentang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Di beberapa tempat kentang merupakan bahan makanan pokok seperti halnya padi dan jagung.

Kentang memiliki berbentuk lonjong atau bulat dengan ukuran yang beragam. Kentang memiliki kulit yang tipis dengan warna daging buah putih, kekuningan, coklat muda, tergantung varietas dengan tekstur daging umbi yang renyah.

Kentang Kaya Vitamin dan Mineral

Kandungan dari Kentang
pedulisehat.info

Kentang adalah salah satu makanan sumber vitamin dan mineral serta serat. Didalam 100 gram kentang terdapat 70 kalori.

Kentang Sebagai Sumber Serat Larut dan Tidak Larut yang Baik

hariansehat.com
hariansehat.com

Serat makanan yang terdapat pada kentang dipercaya dapat membantu mencegah sembelit dan juga mengurangi penyerapan kolesterol pada makanan dan juga menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, kandungan serat pada kentang juga dapat membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit polip usus dan kanker.

Kentang Sumber Kelompok Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks Kandungan Kentang
kabarkabariindonesia.com

Umbi-umbian adalah salah satu sumber penghasil vitamin B kompleks. Salah satunya adalah kentang yang juga terdapat vitamin seperti piridoksin vitamin B6, thiamin, niacin, asam pantotenat, dan folat di dalamnya.

Kentang Kaya Oksidan

potatoes.com
potatoes.com

Kentang dan kulitnya adalah sumber antioksidan dari salah satu vitamin, yaitu vitamin C. SeratusĀ gram umbi segar menghasilkan 11,4 mg atau 20 persen dari tingkat vitamin C yang dibutuhkan harian. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C akan membantu tubuh menjaga kekebalan tubuh terhadap infeksi dan dampak dari radikal bebas.

Kentang Mengandung Mineral

stack.com
stack.com

Kentang juga banyak mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan kalium. Ini juga akan berdampak baik untuk Kesehatan tubuh.

Kentang Kaya Vitamin A

Vitamin A Kandungan Kentang
naturalmedicinehouse.com

Kentang berwarna merah mengandung vitamin A. Kentang juga banyak mengandung flavonoid antioksidan seperti karoten dan zeaxanthins.

Kentang Mengandung Senyawa Zat Anti Kanker

yourmedicalstop.com
yourmedicalstop.com

Diketahui bahwa Kandungan kentang juga kaya akan antioksidan flavonoid, quercetin yang memiliki sifat anti kanker.

 

Itu tadi adalah kandungan kentang, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang kandungan kentang dan bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

Tinggalkan komentar