Demam & Flu Bisa Menyebabkan Kematian Kalau Kamu Tidak Punya Ini

Hal yang kamu lakukan berpengaruh baik pada apakah kamu sakit atau sehat, seberapa lama kamu sakit, dan juga seberapa serius sakit yang kamu derita. Penelitian 20 tahun terakhir menyarankan bahwa gaya hidup yang sehat, nutrisi yang baik, dan penggunaan suplemen bisa memberikan efek protektif terhadap penyakit.

Miusalnya saja, peneliti sudah bisa menunjukkan efek gaya hidup pada imunitas tubuh dengan mengukur vitalitas sistem imun melalui penanda seperti tingkat T-cell. Sebagai hasilnya, sekarang kita bisa mengetahui respon imun terhadap tidur, berbagai jenis olah raga, nutrisi, dan berbagai fakator lainnya. Informasi ini bisa  digunakan sebagai langkah-langkah praktis untuk menguatkan imunitas.

Kita tidak bisa lagi menganggap bahwa demam dan flu itu tidak selalu berbahaya. Kita juga tidak bisa lagi menganggap penyakit infeksi itu membatasi diri. Informasi baru menyarankan bahwa infeksi virus seperti demam bisa membawa kita ke kondisi berbahaya kalau imunitas kita lemah. Misalnya saja terkena flu yang melemahkan, pneumonia, bahkan meningitis.

Baru-baru ini terjadi wabah cryptosporidium di Kanada. Ahli kesehatan mengindikasikan bahwa penyakit seperti flu dapat tersembuhkan dalam 2 minggu. Namun mikroba ini bisa menyebabkan kematian pada orang-orang dengan imun yang lemah.

Memahami realitas yang ada dalam kerentanan terhadap penyakit, paparan penyakit, dan imunitas bisa memberikan perubahan besar pada kesehatanmu.

Membangun landasan untuk imunitas yang kuat

Sistem imun adalah pertahanan pertama untuk melawan semua jenis agen infeksi, mulai dari virus  yang menyebabkan demam biasa sampai bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Usaha menguatkan imun ini ternyata cukup sederhana.

Pemahamanmu dalam hal sistem imun sangat penting. Misalnya saja, banyak  orang sulit mengubah pola makan karena mereka menganggap harus merelakan tidak makan yang enak-enak, sehingga merasa tertekan. Padahal banyak orang yang mengonsumsi makanan organik/alami ternyata enak-enak saja makan tiap hari.

Mengubah pola makanan itu tentang mencari makanan enak yang baru, belajar cara baru menghidangkan makanan kesukaan, dan sebagai bonusnya dapat hidup yang lebih sehat.

Strategi kunci untuk membangun imunitas yang kuat adalah dengan cara:

  • Tidur yang cukup
  • Minum air putih
  • Berolahraga secara konsisten
  • Mendetoksifikasi tubuhmu
  • Pola makan yang baik
  • Mengelola stres

Imunitas yang baik dibentuk melalui keseimbangan

Keseimbangan adalah aspek penting dari imunitas yang kuat. Imunitas yang baik bukan hanya masalah meningkatkan kerja sistem imun atau mendorong imun untuk bekerja lebih keras. Justru ini berbahaya karena menyebabkan imun yang over-reaktif. Hasilnya malah bisa terkena alergi dan penyakit autoimun.

Keseimbangan sistem imun adalah poin penting dalam menjaga kesehatan dan bisa dianalogikan dengan keseimbangan fungsi sistem syaraf. Di dalam sistem syaraf, kita perlu menyeimbangkan aktitivas neuron dan menenangkan pengaruh yang menghambat dan menenangkan sistem. Jika neuron terlalu aktif justru menyebabkan hiperaktivitas sampai kejang-kejang.

Sistem  syaraf dan fungsi imun termasuk sistem yang paling kompleks dalam tbuh kita. Menyeimbangkan keduanya itu sangat penting.

Jelas, kita semua ingin memiliki sistem imun yang kuat untuk menghadapi berbagai jenis sumber penyakit, seperti infeksi, bahan kimia, dan logam berat. Logam berat seperti merkuri dan timbal bisa membuat sistem imun menjadi terlalu reaktif. Saat terlalu reaktif, sistem imun akan memproduksi lebih banyak antibodi dan lebih sedikit T-cell yang protektif.

Saat ini kita melihat semakin banyak orang terkena penyakit autoimun. Salah satu yang membuat hal ini terjadi adalah eksprosur terhadap racun dan hilangnya keseimbangan sistem imun.

Mengembalikan keseimbangan adalah bagian penting dari kesehatan. Sekitar 60% orang membawa bakteri staph dan strep di dalam tubuh setiap waktu. Jika tubuhmu mengandung bakteri seperti staph, namun tidak membuatnya menyebar, itu menandakan fungsi imun yang sehat.

Imun yang sehat bukan berarti kita tidak terkena kuman sama sekali. Justru kita semua terkena bakteri di saluran pencernaan dan kulit. Namun, sehat itu masalah keseimbangan. Kamu tidak mau terkena kuman yang sangat banyak. Oleh karena itu, memperkecil eksposur adalah strategi yang cerdas.

Saat kamu membatasi eksposur terhadap kuman, kemungkinan besar sistem imunmu bisa mengatasi sumber penyakit yang hinggap. Kamu juga tentu berharap agar sistem imunmu bekerja efektif dan menjaga agar mikroba di dalam tubuh tidak sampai mengganggu.

Tidak  ada yang mencintaimu lebih dari sistem imunmu sendiri. saat sistem imun bekerja dengan benar, sistem  imun menempuh pertempuran tanpa henti setiap harinya agar kamu tetap sehat. Tak peduli kamu memperhatikan sistem imunmu ataupun tidak.

Bayangkan betapa kuatnya sistem imunmu kalau kamu memberinya semua nutrisi yang sistem imun butuhkan dan juga mengambil langkah untuk menjaga  tubuh dari racun dan serangan yang ada di dunia modern. Inilah bahan dasar sistem imun yang sehat.

Untuk tahu lebih lanjut tentang sistem imun yang seimbang, kunjungi situs hidup-seimbang.com.

Tinggalkan komentar