Belajar Tajwid Hukum Mim Mati Yang Mudah Beserta Contohnya

Hukum Mim Sukun –Menurut dari beberapa sumber dan pengetahuan dari penulis, Hukum mim mati itu ada tiga yaitu  Idzhar syafawi dan Ikhfa’ Syafawi,  Idgham Mutamatsilain (idgham mimi) / Idgham Mislain / Idgham Mislain , ketiga hukum mim mati tersebut memiliki syarat tersendiri. Dalam cara membacanya pun berbeda.

Ketika kecil, pelajaran tajwid sudah diajarkan di sekolahan/madrasah, khususnya untuk sekolah yang bernuansa islami seperti RA , TPA, MI , MTS , dan MA juga di pondok pesantren , anda semua bisa mempelajarinya lebih dalam pada kitab tajwid yang sudah banyak dijual di toko buku. Berikut Hukum Bacaan Mim Mati / Mim Sukun beserta contohnya

Ikhfaa Syafawi (شفوي إخفاء)

hukum mim mati
jabiralhayyan.blogspot.co.id

ikhfa’ syafawi yaitu jika huruf mim sukun bertemu dengan huruf  ب (BA)

ikhfa’ bermakna samar. Sedangkan syafawi yaitu bermakna Bibir. Mengapa demikian. Karena Huruf MIM termasuk ke dalam Huruf SYAFAWIYYAH (Huruf yang keluar dari Bibir) jadi,jika mim sukun bertemu dengan Huruf ب (BA)

Maka suara mim sukun tersebut harus dibaca samar antara MIM dan BA, di tahan kira kira dua ketukan dan seraya mengeluarkan suara GHUNNAH (dengung dari pangkal hidung.)

Cara membaca hukum bacaan Ikhfa’ syafawi :

  • Suara mim mati yaitu disamarkan.
  • Disertai dengan dengungan / mendengung.
  • Terdapat tekanan kira-kira 1 alif atau 2 harokat.

contoh bacaan ikhfa’ syafawi adalah :

(احْكُم بَيْنَهُم) (تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ) (وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ)

Idgham Miimi / idgham mutamatsilain ( ميم إدغام)

idgham mimi
jabiralhayyan.blogspot.co.id

Dikatakan idghom miimi karena apabila huruf mim sukun bertemu dengan huruf mim juga.

Idghom itu mendengung. Jadi miimi itu karena mim sukun bertemu dengan huruf mim itu sendiri.

Untuk Idghom mutamatsilain, akan dibahas di dalam kesempatan berikutnya yang mencakup semua huruf hijaiyah yang bertemu dengan sesamanya.

cara membaca idgham mutamatsilain yaitu suara mim sukunnya dimasukan kepada mim yang ada di depannya dan disertai dengan GHUNNAH (dengung dari pangkal hidung).

contoh bacaan idghom mimmi

(أَم مَنْ) (كَمْ مِن فِئَةٍ)

Izhar Syafawi (شفوي إظهار )

izhar syafawi
jabiralhayyan.blogspot.co.id

izhar syafawi yaitu Mengucapkan atau Mengeluarkan huruf mim yamg bersukun dari makhrojnya dengan tanpa disertai Ghunnah. Huruf bacaan Izhar Syafawi adalah semua huruf hijaiyah selain huruf “MIM” dan”BA”  yang jumlahnya ada 26 Huruf yaitu :

ء ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل ن و ه ي‎

‎ (HAMZAH,TA,TSA,JIM,KHA,KHO,DAL,DZAL,RO,ZAI,SIN,SYIN,SHOD,DHOD,THO,DHO,’AIN,GHOIN,FA,QOF,KAF,LAM,NUN,WAWU,HA, DAN YA)

Cara Membaca bacaan Izhar syafawi :

  1. Suara mim mati dibaca dengan jelas karena arti dari idhar itu adalah jelas.
  2. Tidak mendengung.
  3. Tidak adanya tekanan.
  4. selain itu apabila bertemu dengan huruf WAWU, FA maka cara membacanya lebih keras karena Huruf WAU dan FA adalah sama dengan Huruf MIM yaitu sama-sama Huruf SYAFAWIYYAH (Huruf yang keluar dari Bibir)

contoh bacaan izhar syafawi adalah :

(لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ) (تَمْسُونَ)

Jadi demikianlah pembahasan singkat terkait hukum bacaan Mim Mati beserta dengan contohnya supaya mempermudah dan anda semua dapat mengerti. Anda yang masih sedang belajar, lebih baik membeli kitab ataupun belajar dengan guru anda.

Karena dengancara tersebut pelajaran akan lebih cepat masuk dan mudah dimengerti. Jika hanya teori saja tanpa dipraktekkan akan lebih lama fahamnya, juga keuntungan jika belajar dengan guru bisa tahun benar salahnya bacaan kita. mudah-mudahan kita semua bisa belajar lebih dalam membaca Al-Quran sehingga bacaan kita lebih baik dan fasih. Sehingga ketika kita membaca Al-Quran, kita mendapat pahala.

Leave a Comment