Hidup Sehat Masa Kini

Berkat bantuan media sosial, orang semakin mudah mengakses informasi. Termasuk informasi tentang pola hidup sehat. Melalui jaringan pertemanan di media sosial, gaya hidup sehat semakin diminati banyak orang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalani pola hidup sehat sekaligus membuat Anda tidak ketinggalan jaman.

1. Berlari

Munculnya plikasi Nike+ Running pada iPhone dan ponsel Android membuat orang gandrung berlari. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memeriksa seberapa jauh dan seberapa lama mereka berlari, kemudian membagikannya ke jejaring sosial.

Lari merupakan olahraga yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Olahraga ini menjadi populer karena hasilnya signifikan dan tidak memakan waktu yang lama.

2. Yoga

Olahraga ini juga populer berkat peran media sosial. Banyak pengguna media sosial yang mengunggah pose-pose yoga yang sudah berhasil mereka lakukan. Mulai dari tree pose, stand bow, balancing stick, hingga headstand. Unggahan ini akan mengundang decak kagum dan memunculkan niat bagi penyimaknya untuk turut mencoba.
Manfaat yoga di antaranya ketenangan batin dan keseimbangan diri. Selain itu, yoga juga dapat membantu dalam memperlancar sistem pernapasan dan mengurangi nyeri pada tubuh. Bagi Anda yang mudah stres, yoga juga dapat membantu untuk lebih rileks dan konsentrasi.

3. Infused Water

Anda pengguna Instagram? Jika iya, tentu sudah tidak asing lagi dengan infused water. Foto minuman ini berseliweran setiap harinya di instagram.
Infused water adalah air putih yang dicampur dengan potongan buah-buahan, terutama buah yang punya kandungan vitamin C tinggi, seperti lemon, jeruk, kiwi, dan stroberi. Campuran ini kemudian didiamkan sekitar 2 jam di dalam lemari es supaya sari dan vitamin dari buah dapat keluar dengan maksimal dan memberikan efek segar. Infused water dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh jika dibuat dari campuran air putih dan irisan jeruk lemon.

4. Honey Lemon Shot

Tagar #honeylemonshot pasti juga tidak asing lagi bagi Anda pengguna Instagram. Honey lemon shot merupakan larutan yang terbuat dari perasan air lemon dan madu dalam gelas kecil, untuk diminum dalam 1 tegukan saja. Anda disarankan meminumnya setiap pagi saat perut masih kosong, 30 menit sebelum sarapan.

Khasiat larutan ini terletak pada perasan air lemon yang memang dikenal memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan hati, hingga mencerahkan kulit. Namun sebenarnya tidak semua orang bisa meminum honey lemon shot ini saat perut kosong, terutama yang menderita penyakit maag. Jika belum terbiasa, sebaikany pastikan terlebh dahulu apakah larutan ini memang baik untuk Anda atau tidak.

5. Biji Chia (Chia Seed)

Biji Chia merupakan biji dari tanaman berbunga mint yang berasal dari Amerika Tengah, khususnya Mexico dan Guatemala. Biji Chia dikategorikan sebagai superfood karena sangat kaya dengan omega-3, protein, Alpha Linolenic Acid (ALA), serat, dan aktioksidan.
Khasiatnya antara lain menjaga kesehatan jantung, melawan diabetes, membantu perkembangan otak, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Makanan dengan bahan dasar biji Chia atau chia seed ini marak dijadikan puding, selai, atau smoothies. Biji Chia juga umum dijadikan taburan atau campuran berbagai makanan dan minuman.

6. Almond, Black Bean, dan Cashew Milk

Susu berbahan dasar dari kacang-kacangan memang sudah ada sejak lama, yaitu susu kacang kedelai. Dari kacang kedelai, kemudian hadir inovasi baru dari susu berbahan dasar kacang yaitu kacang almond (badam), black bean (kacang hitam), dan cashew (mete). Rasanya lebih netral dan tidak memiliki bau langu seperti susu kedelai. Selain itu, ketiga jenis susu ini juga sangat disarankan untuk para vegan atau orang yang sedang berdiet.

Sudah banyak yang menjual susu ini dalam kemasan siap minum dan tersedia dalam berbagai rasa. Namun, disarankan untuk tidak membeli dalam bentuk kemasan karena kandungan bahan pengawetnya cukup tinggi. Pilihlah susu berbahan dasar kacang yang homemade.

7. Katering Diet

Katering diet menggunakan bahan-bahan organik. Biasanya, katering diet menyediakan makanan untuk santap siang dan malam. Setiap menu yang disusun sudah dihitung kalorinya sesuai dengan keadaan tubuh pemesan. Harga yang ditawarkan cukup mahal — paket 10 hari bisa menghabiskan sekitar Rp. 1.600.000.

8. Smoothies

Smoothies merupakan bubur buah atau sayur yang dibuat dengan blender dan diproses hingga halus. Teksturnya padat dan kental sehingga memberikan efek kenyang. Smoothies memberi nutrisi dan vitamin kepada tubuh, serta dapat digunakan sebagai pengganti makanan. Selain itu, smoothies juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang tidak menyukai sayuran dan buah.

9. Air Kangen (Kangen Water)

Air Kangen atau Kangen water mulanya ditemukan di beberapa mata air di berbagai belahan dunia. Air ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, Micro Cluster yang kecil, dan alkaline (pH basa 8,5 – 9,5) yang diperlukan oleh tubuh.

Nama Kangen sendiri berasal dari kata “Khanggeng” dalam bahasa Jepang yang berarti kembali ke awal. Diberi nama demikian karena jika meminum air Kangen secara rutin, tubuh akan memiliki metabolisme yang baik seperti orang-orang pada zaman dulu. Tubuh pun bisa menyembuhkan dirinya sendiri dari berbagai penyakit (self healing). Air Kangen juga bisa mencegah proses penuaan atau penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang berantakan.

10. Diet Mayo

Secara sederhana, diet Mayo dapat diartikan sebagai diet garam. Saat melakukan diet ini, Anda sama sekali tidak diperbolehkan mengkonsumsi garam dan minum air es. Selain itu, diet Mayo juga memiliki menu khusus yang harus diikuti supaya berhasil.

Diet Mayo ini hanya perlu dilakukan selama 13 hari berturut-turut dan rutin setiap tahunnya. Jika mengikuti aturan dan menu tanpa menyimpang sekalipun, berat badan Anda dapat berkurang sebanyak 7-8 kg dalam 13 hari. Selain itu, melakukan diet Mayo juga membuat keadaan kimia dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga potensi untuk kembali gemuk sangat kecil sekali. Ingat, jangan langsung makan berlebihan setelah selesai melakukan diet Mayo, karena perjuangan Anda selama 13 hari itu akan sia-sia.

Demikian cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengikuti pola hidup sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment