Brookesia Micra

6 Jenis Hewan Terkecil di Dunia yang Cantik dan Unik

Kamu tentu pernah pergi ke kebun binatang dan melihat berbagai jenih hewan di sana. Ada gajah, macan, harimau, jerapah, dan hewan-hewan besar lainnya.

Tapi, taukah kamu? Kalau ternyata ada banyak sekali jenis hewan di dunia ini, dan  mereka dikenal karena memiliki keunikan tersendiri. Nah, yang kali ini akan kita lihat adalah Hewan yang miliki ukuran mini. Berikut hewan-hewan yang tercatat sebagai hewan terkecil di dunia.

Pygmy Jerboa (Tikus)

Pygmy Jerboa
www.thedodo.com

Pygmy Jerboa adalah jenis tikus terkecil didunia. Walaupun ukurannya sangat kecil, namun hewan ini dapat berlari hingga 15 mil per jam. Hal ini karena perawakan mereka yang menyerupai kangguru di mana bagian kaki belakang dari hewan ini lebih panjang daripada kaki bagian depan, dan mereka menggunakan ekor untuk keseimbangan Pygmy Jerboa adalah jenis tikus terkecil didunia.

Walaupun ukurannya sangat kecil, namun hewan ini dapat berlari hingga 15 mil per jam. Hal ini karena perawakan mereka yang menyerupai kangguru di mana bagian kaki belakang dari hewan ini lebih panjang daripada kaki bagian depan, dan mereka menggunakan ekor untuk keseimbangan.

Paedocypris Progenetica (Ikan)

Paedocypris Progenetica
todropscience.tumblr.com

Hewan terkecil di dunia berikutnya adalah ikan jenis Paedocypris Progenetica, ikan ini sangat kecil karena panjangnya 7,9 milimeter (mm) dan hewan ini merupakan hewan asli Indonesia yang ditemukan di Sumatera. Tubuh ikan ini  transparan dan sangat rapuh.

Wolfi (Gurita)

Wolfi
aquanetviet.com

Octopus Wolfi merupakan jenis gurita paling kecil di dunia. Yang di temukan pada tahun 1913, panjang dari hewan ini hanya 1,5 centimeter (cm), hewan ini dapat diletakkan di satu jari kamu. Gurita jelin wolfi ini  ditemukan di Samudera IndoPasifik.

Brookesia Micra (Bunglon)

Brookesia Micra
www.rave.cz

Hewan terkecil di dunia selanjutnya adalah bunglon Brookesia Mirca yang ditemukan di Madagascar, jenis hewan ini merupakan jenis bunglon terkecil di dunia. Hewan yang ditemukan pada tanggal 14 Februari 2012 ini memiliki panjang 29 mm (milimeter). Karena ukuran kecil, bunglon ini sangat sulit ditemukan jadi  jika kamu ingin mencarinya lebih baik kamu mencarinya saat malam hari pada saat ia tidur di cabang pohon.

Speckled Padloper (Kura-kura)

Speckled Padloper
www.awesomelycute.com

Hewan terkecil di dunia yang ke 5 adalah jenis kura-kura speckled padloper. Hewan ini merupakan hewan asli negara Afrika Selatan dan merupakan jenis kura-kura terkecil di dunia. Karena ukurannya yang kecil, Hewan ini sering menjadi hewan peliharaan manusia.

Kitti Hog-nosed (Kelelawar)

Kitti Hog-nosed
www.thewildlifediaries.com

Hewan terkecil berikutnya adalah Kitti Hog nosed atau dikenal juga dengan nama bumblebee bat, hewan ini merupakan jenis kelelawar terkecil di dunia, bahkan disebut sebut juga sebagai mamalia terkecil di dunia. Hewan yang suka hidup di dalam goa ini dapat  kamu temukan di Thailand.

Tinggalkan komentar