Super Mario Bros

14 Game Nostalgia dari Tahun 1990-an

Bila masa kecil anda berada di masa ini, pasti anda tahu, tahun 1990-an adalah salah satu masa paling indah dan menyenangkan di dunia video game. Kita disuguhi dengan berbagai game dari berbagai platform yang unik dan menyenangkan. Munculnya konsol-konsol legendaris seperti Nintendo, Playstation, dan platform gaming lainnya, semakin memperkaya pengalaman kita akan video game. Apa saja sih, game-game dari tahun 90-an yang membuat kita bernostalgia?

Karateka

karateka
keepo.me

Karateka adalah game bertema bela diri buatan Jordan Mechner, dan menjadi game pertama buatannya, dibuat ketika mengunjungi Yale University pada tahun 1984. Pada awalnya game ini diprogram untuk komputer Apple II, dan pada akhirnya di-port ke perangkat-perangkat lainnya.

Seperti namanya, pasti tahu dong — game tentang karate. Game ini bercerita tentang seorang pahlawan tanpa nama yang ditugaskan untuk pergi ke benteng Akuma di puncak gunung, untuk menyelamatkan putri Mariko. Wah, mirip Mario Bros, ya? Selama perjalanannya, sang pahlawan akan menghadapi banyak musuh dengan keahlian bela diri karate-nya. Sebagai pemain, anda bisa memilih berbagai macam cara serangan seperti tinjuan, tendangan, dsb. Jangan sampai terkena serangan terus menerus — anda juga memiliki jumlah nyawa yang bisa berkurang apabila terkena serangan. Jika habis, Game Over! Anda harus mengulang dari awal lagi.

Battle City

Battle City
keepo.me

Battle City(バトルシティ – Batoru Shiti) adalah game tembak multi-arah untuk Family Computer buatan sebuah perusahaan dari jepang, Namco, yang dirilis pada tahun 1985. Game ini adalah penerus dari game buatan Namco pada tahun 1980, Tank Batallion, dan pada akhirnya diteruskan lagi oleh Tank Force pada tahun 1991. Tak hanya Family Computer, game ini juga dirilis untuk berbagai platform seperti Nintendo VS. System, yang pada ujungnya dirilis juga untuk Wii dan Wii U beberapa tahun kemudian.

Di game ini anda akan mengontrol sebuah tank, dan harus menghancurkan tank-tank musuh yang muncul dari bagian atas layar. Medan perangnya pun berbentuk puzzle, jadi anda harus hati-hati dan cerdas dalam menyerang. Jika musuh sudah habis, anda akan diarahkan menuju stage selanjutnya. Anda juga harus melindungi base anda di bagian bawah layar. Jika base anda hancur diserang tank musuh, Game Over!

Game ini juga bisa dimainkan dua pemain sekaligus, lho! Battle City juga adalah salah satu game pertama yang memungkinkan pemain untuk membuat stage kustom sendiri.

Nintendo World Cup

Nintendo World Cup
keepo.me

Bisa dibilang, ini adalah sesepuhnya game sepak bola masa kini. Nintendo World Cup adalah video game bertema sepak bola yang dibuat untuk platform Family Computer/NES dan Game Boy, dikembangkan oleh Technōs Japan dan dirilis pada tahun 1990. Di dalam game ini anda bisa memainkan turnamen sepak bola dunia dengan tim nasional pilihan anda. Ada 13 tim nasional dari berbagai negara yang bisa anda pilih. Keunikan dari game ini adalah adanya jurus-jurus tendangan tertentu yang sangat kuat.

Nintendo Tennis

Nintedo Tennis
keepo.me

Tahun 90-an juga populer dengan game-game bertema olahraga, seperti yang satu ini. Tennis (テニス – Tenisu) adalah game yang dirilis pada tahun 1985 oleh Hudson Soft untuk platform PC-8801 dan juga Nitendo Vs. System dengan nama Vs. Tennis. Pada akhirnya di tahun 1989 game ini di-port oleh Nintendo ke Game Boy dan Nintendo e-Reader di tahun 2002.

Untuk gameplay-nya, game ini dapat dimainkan sendiri melawan komputer atau berdua dengan orang lain, saling bekerjasama atau saling berlawanan. Ada lima tingkat kesulitan yang bisa dipilih. Uniknya, di game ini Mario menjadi Wasit pertandingan.

Super Mario Bros.

Super Mario Bros
keepo.me

Siapa yang tidak kenal dengan game legendaris dengan karakternya yang khas dari Nintendo ini? Super Mario Bros(スーパーマリオブラザーズ – Sūpā Mario Burazāzu) adalah game yang dikembangkan secara internal pada tahun 1985 oleh Nintendo R&D4 dan dirilis oleh Nintendo sebagai sekuel dari game dari tahun 1983, Mario Bros. Pada awalnya dirilis hanya untuk Family Computer pada 13 September 1985, dan pada akhirnya 2 tahun kemudian itu juga dibuat untuk Nintendo Entertainment System(NES).

Di dalam Game ini tersedia mode permainan satu atau dua orang. Pemain pertama memainkan Mario, sedangkan pemain kedua memainkan adik Mario, Luigi. Tugas para pemain adalah menjelajahi Mushroom Kingdom untuk menyelamatkan tuan Putri Toadstool dari sang musuh besar, Bowser. Selama perjalanan, pemain akan menghadapi para pasukan Bowser seperti jamur, kura-kura, dsb hingga di akhir perjalanan sampai pada istana — mengawali stage baru.

Donkey Kong

Donkey Kong
keepo.me

Dari game-game yang dirilis, kelihatannya Nintendo sangat terobsesi dengan Mario. Donkey Kong (ドンキーコング Donkī Kongu), adalah seri video game yang menampilkan karakter gorilla bernama Donkey Kong yang dilahirkan oleh Shigeru Miyamoto, sang legenda game design dari Nintendo, pada taun 1981.

Game pada seri pertama ini berupa game platform/puzzle action, menampilkan Donkey Kong sebagai musuh utama di setting tempat berupa area konstruksi. Sedangkan pemain berperan sebagai Mario, yang berusaha menyelamatkan pacarnya yang diculik oleh Donkey Kong. Mario harus berusaha untuk naik ke platform yang lebih tinggi, di saat Donkey mencoba menggagalkan usahanya dengan melempar dan menggelindingkan berbagai macam benda ke arahnya.

Space Invaders Arcade

space invader arcade
keepo.me

Space Invaders (スペースインベーダー Supēsu Inbēdā ) adalah video game arcade yang dikembangkan oleh Tomoshiro Nishikado yang dirilis pada tahun 1978. Pada awalnya game ini hanya dibuat dan dijual oleh Taito di Jepang, dan kemudian Midway division of Bally mendapatkan license untuk produksi di Amerika Serikat. Space Invader adalah salah satu game menembak yang paling pertama ada di masa itu.

Tujuan di dalam game ini adalah mengalahkan berbagai gelombang serangan alien sebanyak mungkin dengan meriam laser. Semakin banyak alien yang dikalahkan, semakin banyak point yang didapat.

Batman: The Video Game

Batman The Video Game
keepo.me

Game bertema dari film Batman di tahun 1989 ini adalah platform game yang dikembangkan oleh Sunsoft untuk NES, Sega Genesis, dan Game Boy. Di versi NES meliputi lima level dengan klimaks di dalam game di mana Batman harus bertarung dengan Joker di atas Gotham Cathedral. Walaupun cerita di dalam game ini tidak sama persis, game ini disambut dengan baik oleh para gamer di saat itu.

Spy Hunter

Spy Hunter
keepo.me

Spy Hunter adalah game Arcade dari tahun 1983 yang dikembangkan dan dirilis oleh Bally Midway. Diinspirasi oleh film James Bond, pada seharusnya game ini akan menggunakan lisensi nama James Bond. Misi dari game ini adalah pemain mengendarai mobil canggih “Interceptor” di jalanan dan harus menghancurkan mobil-mobil musuh dengan berbagai senjata yang tersedia di dalamnya. Game ini tersedia di banyak platform selain Arcade seperti DOS, NES, Atari 2600, dan masih banyak platform lainnya.

Sonic The Hedgehog

Sonic The Hedgehog
keepo.me

Seperti Mario Bros yang melegenda, siapa sih yang nggak kenal dengan landak berwarna biru yang lari secepat kilat ini?

Sonic The Hedgehog(ソニック・ザ・ヘッジホッグ – Sonikku za Hejjihoggu) adalah game franchise yang dibuat dan dimiliki oleh Sega. Franchise ini sudah menghasilkan banyak game yang berfokus pada game platform berkecepatan tinggi, dan beberapa di antaranya berupa spin-off dengan beragam genre yang berbeda. Protagonis dari game ini ialah landak berwarna biru bernama Sonic, yang hidupnya terganggu oleh antagonist seri ini, Doctor Eggman. Biasanya Sonic juga ditemani banyak protagonis lainnya, seperti Tails, Amy dan Knuckles — yang harus menghentikan Eggman dari rencananya untuk menguasai dunia.

Exictebike.

Excitebike
keepo.me

Excitebike(エキサイトバイク – Ekisaitobaiku) adalah franchise game balapan motorcross yang dibuat oleh Nintendo. Debut pertama diperuntukkan Famicom di Jepang pada tahun 1984 dan menjadi titel rilis untuk NES di tahun 1985. Di Excitebike anda sebagai pemain harus berbalap dengan para pemain A.I. yang ada di sirkuit. Cara mengalahkannya ialah dengan mengalahkan waktu terbaik yang tertulis di bawah layar. Anda harus masuk tiga besar juara di dalam game ini. Selama pertandingan motor pemain bisa menjadi overheat apabila terlalu sering diakselerasi. Jika Overheat, anda harus berhenti sebentar untuk mendinginkan mesin motor anda.

Seperti Battle City, anda bisa membuat peta sirkuit kustom sesuka anda. Pemain bisa menambahkan rintangan dan loncatan dengan berbagai jenis dan ukuran.

Contra

Contra
keepo.me

Kalau tadi kita membahas banyak game yang didominasi Nintendo, kali ini kita membahas Konami. Contra (魂斗羅コントラ – Kontora), didistribusi dengan nama Gryzor di Eropa dan Oceania, adalah game berjenis aksi lari dan tembak yang dikembangkan dan dirilis Konami pada tahun 1987 dan pada aslinya dirilis sebagai arcade game yang dioperasikan dengan memasukkan koin. Nostalgia banget, ya?

Game ini menceritakan dunia pada tahun 2633, dimana Red Falcon Organization telah mendirikan markas di kepulauan Galuga dekat New Zealand, dengan tujuan menguasai dunia. Pemain akan bermain sebagai Pfc. Bill Rizer dan Pfc. Lance Bean dari Contra unit(grup elit dengan spesialisasi perang gerilya) yang dikirm ke pulau untuk menghancurkan musuh-musuh dan alien yang menguasainya.

Duck Hunt

Duck Hunt
keepo.me

Masih ingat? Ini adalah salah satu game nostalgia paling unik yang pernah kita mainkan ketika masih kecil dahulu.

Duck Hunt ( ダックハント – Dakku Hanto ) adalah game light gun shooter yang dikembangkan dan dirilis oleh Nintendo untuk NES. Pertama dirilis di Jepang pada 21 April 1984, pada akhirnya juga dirilis pada 18 Oktober 1984 di Amerika Serikat sebagai game rilis untuk NES, dan 15 Agustus 1987 di Eropa.

Tidak seperti game lainnya yang menggunakan kontroler atau keyboard untuk mengendalikan gameplay, anda harus menggunakan kontroller berbentuk pistol bernama NES Zapper untuk menembak bebek yang bermunculan di layar Televisi. Setiap ronde, bebek akan keluar beterbangan satu atau dua ekor dalam satu ronde, dan sesuai dengan nama game ini, kita harus memburu bebek tersebut dengan menembak persis ke arah layar. Pemain diberi kesempatan tiga kali setiap ronde. Jika gagal? Anjing pemburu di bawah akan mentertawai anda! Hihihi…

Pole Position

Pole Position
keepo.me

Pole Position (ポールポジション –  Pōru Pojishon) adalah game balapan arcade yang dirilis oleh Namco di tahun 1982 dan dilisesikan kepada Atari, Inc. untuk pembuatan dan distribusi di Amerika Serikat. Game ini berjalan di mesin arcade Namco Pole Position, konsol Atari, dan Home Computer. Game ini didesain oleh pembuat Pac-Man, Toru Iwatani. Game ini adalah game arcade berbasis koin paling populer pada tahun 1983.

Di dalam game ini, sang pemain mengendarai mobil balap Formula One, dan harus menyelesaikan babak kualifikasi dengan time trial di Fuji Racetrack. Selesai kualifikasi, pemain akan bermain dengan banyak pemain A.I. launnya di balapan championship.

Bagaimana? Sudahkan anda merasa tua dengan melihat game-game nostalgia ini? 😀