Fitness yang Benar

Anda suka fitness? Fitness secara rutin memang baik untu tubuh di antaranya dapat membentuk otot, membakar lemak, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, apakah Anda yakin cara berlatih Anda sudah benar?

Mungkin Anda merasa nyaman dengan latihan yang Anda lakukan, tapi ternyata kualitas latihan tidak memberikan hasil yang maksimal bagi pembentukan otot maupun kesehatan tubuh. Untuk memaksimalkan kualitas latihan Anda, ikuti cara-cara berikut agar latihan Anda tidak sia-sia.

1. Lakukan Variasi Latihan

Jika Anda melakukan jenis latihan itu-itu saja, maka hal itu tidak akan memberikan kemajuan yang berarti bagi Anda. Sebaiknya, lakukan jenis latihan yang lain dengan intensitas yang juga berbeda. Melalui cara ini tubuh Anda akan beradaptasi dengan gerakan-gerakan baru dan memungkinkan lebih banyak otot yang terlibat dalam variasi latihan.

2. Mintalah Bantuan Personal Trainer

Sama halnya dengan proses belajar yang membutuhkan guru, Anda juga butuh seorang trainer untuk membantu proses latihan. Mintalah Seorang personal trainer yang bersertifikat untuk membantu Anda mendapatkan menu latihan yang sesuai. Biasanya, seorang trainer akan memperkenalkan jenis-jenis latihan baru yang lebih bervariasi untuk melatih otot tubuh Anda secara merata dan seimbang.

3. Cukupi Kebutuhan Makan dan Minum

Makanlah sebelum dan sesudah latihan agar perut Anda tida kosong. Ingat, tubuh memerlukan bahan bakar untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda. Tubuh Anda juga memererlukan nutrisi untuk membangun otot dan memperbaiki jaringan yang rusak. Jangan lupa minum 8-9 gelas air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama latihan.

4. Cegah Overtraining

Tubuh membutuhkan istirahat dan waktu pemulihan untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah Anda berlatih. Oleh karena itu, lakukan latihan secukupnya saja. Terlalu sering latihan dapat membuat Anda overtraining yang beresiko cedera pada tubuh.

5. Tentukan Waktu Yang Tepat Untuk Berlatih

Anda tentu punya waktu favorit untuk melakukan latihan. Jika Anda memilih waktu yang tepat untuk latihan, maka setiap gerakan latihan yang Anda lakukan terasa ringan bagi Anda. Tentukan waktu latihan yang tepat bagi Anda agar saat melakukan latihan, Anda mendapatkan perasaan yang lebih baik.

6. Atur Napas Anda

Saat latihan bernapaslah secara rileks dengan menghirup udara melalui hidung dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan melalui mulut, Anda tidak perlu menahan napas. Menghirup dan membuang napas secara perlahan bisa membuat seseorang merasa lebih segar.

7. Gunakan Heart Rate Monitor

Untuk memantau detak jantung, gunakan heart rate monitor. Alat ini membantu Anda untuk melihat detak jantung setiap saat dan dapat menentukan tingkat intensitas latihan.

8. Dengarkan Musik

Ketika mendengarkan musik, Anda lebih rileks. Anda juga dapat meningkatkan energi dan mengusir kebosanan saat latihan dengan cara ini.

Semoga informasi ini bermanfaat

Leave a Comment