40+ Film Animasi Terbaik yang Aman dan Cocok Untuk Anak

Tidak mudah memilih film yang cocok untuk dilihat anak-anak saat ini. Meski itu jenisnya film animasi. Sebab kadang ada saja film animasi yang tak cocok untuk anak. Jadi meski embel-embelnya animasi, tak lantas pasti aman untuk ditonton anak.

Nah buat kamu para orang tua yang sedang mencari film animasi yang cocok untuk anak-anak, bisa coba lihat daftarnya berikut ini.

Hotel Transylvania

dailymotion.com
dailymotion.com

Film animasi ini berkisah tentang seorang Dracula yang khawatir pada cucunya, Dennis yang belum menunjukkan tanda-tanda bakal menjadi seorang vampire. Karena itulah kemudian Dracula melatih Dennis supaya bisa menjadi seorang vampire. Di situlah kelucuan-kelucuan itu bisa kamu saksikan bareng si kecil.

Yang menarik lagi dari film ini adalah aspek grafisnya yang memukau. Apalagi jika ditonton untuk versi 3D-nya, pasti akan lebih menakjubkan.

Toy Story 3

amazon.com
amazon.com

Inilah salah satu film animasi terbaik yang bagus ditonton. Toy Story 3 berkisah mengenai petualangan Woody, Buzz, serta mainan milik Andy. Film ini adalah sekuel dari seri sebelumnya yang sukses di pasaran.

Dikisahkan dalam film ini, Andy telah berusia 17 tahun dan bakal menempuh pendidikan di universitas. Kemudian Andy membawa Woody.

Sedang Buzz, Jessie, dan mainan lainnya disimpan di gudang. Tapi Ibu Andy salah dalam mengambil kantung dan justru membuangnya ke tempat sampah. Di sinilah konfliknya bermula. Mainan yang terbuang itu merasa tidak dihargai. Tapi Woody berusaha menjelaskan apa yang terjadi.

Dalam film ini banyak berisi pesan moral mengenai persahabatan, kesetiaan serta kekeluargaan. Anakmu bisa belajar banyak prinsip penting dalam hidup dengan menonton film animasi ini.

Frozen

lifehack.org
lifehack.org

Film animasi ini bercerita mengenai seorang putri yang memiliki kekuatan es. Film ini layak kamu tonton bersama si kecil. Di film ini banyak pesan menarik yang bisa diambil pelajaran. Seperti harus terus berani memiliki impian dan berusaha mewujudkannya.

Pesan tersebut tergambar ketika boneka salju bernama Olaf yang punya impian ingin bisa menikmati musim panas. Meski rasanya hal itu mustahil, tapi Olaf tak berhenti untuk berusaha mewujudkannya. Sampai akhirnya, impian Olaf itu bisa terwujud sebab Elsa memberi awan bersalju yang membuat dirinya tetap membeku.

Big Hero 6

baymaxbighero.com
baymaxbighero.com

Inilah film animasi yang mengajarkan kita untuk hidup tanpa dendam. Dikisahkan ada seorang pemuda pintar bernama Hiro Hamada. Pemuda ini suka dengan petarungan robot.

Sampai suatu ketika kakaknya mampu mengalihkan potensinya sehingga berhasil mengembangkan ribuan robot mini. Tapi sayang kemudian penemuan tersebut berakibat fatal yang membuat Hiro kehilangan semangat.

The Croods

film the croods movie
deadline.com

Ini film kartun lucu yang cocok ditonton keluarga. Kisahnya tentang manusia gua yang diberi nama Croods. Film produksi DreamWorks ini menyajikan gambaran keluarga yang penuh dengan berbagai tantangan. Dan pada akhirnya kebersamaan keluarga adalah harta yang tak ternilai.

Rio

film rio animasi
thesmashable.com

Film Rio bercerita mengenai petualangan seekor burung nuri jantan. Kisahnya bermula ketika ada beberapa jenis burung diselundupkan keluar Brazil.

Lalu di danau Moose, Minnesota, ditemukan peti berisi seekor burung nuri jantan oleh bocah kecil bernama Linda Gunderson. Linda kemudian memberi nama burung ini Blu. Burung ini selalu dimanja hingga akhirnya tak bisa terbang.

Film ini memiliki pesan moral yang bagus dan cocok ditonton bersama keluarga. Konflik yang diketengahkan juga menarik dan mudah dicerna oleh anak-anak.

Up

kickasstoo.com

Film produksi Pixar ini bercerita mengenai seorang bocah pendiam bernama Carl Fredricksen yang berteman dengan Ellie. Saat besar mereka pun menikah.

Konflik dimulai ketika Ellie dinyatakan dokter tidak bisa hamil. Namun itu ternyata tak menyurutkan cinta mereka. Mereka hidup bersama sampai akhirnya Ellie meninggal dunia terlebih dahulu.

Nah, itulah beberapa film-film animasi terbaik yang bagus ditonton oleh keluarga. Jadi kalau di hari libur kamu bersama si kecil tak ada acara keluar rumah, bisa coba tonton film bagus ini. Ya, mungkin plus sekalian nonton kartun minggu pagi juga.

Wall-E

Film Animasi Wall-E
bartramsgarden.org

Setelah ratusan tahun kesepian melakukan apa yang ia dibangun untuk, WALL-E (kependekan Limbah Alokasi beban Lifter Earth-Class) menemukan tujuan baru dalam hidup (selain mengumpulkan pernak-pernik) ketika ia bertemu robot pencari yang ramping bernama EVE.

EVE datang untuk menyadari bahwa WALL-E telah secara tidak sengaja tersandung pada kunci untuk masa depan planet ini, dan ras kembali ke ruang melaporkan temuannya kepada manusia (yang telah sabar menunggu kata yang aman untuk kembali ke rumah).

Sementara itu, WALL-E mengejar EVE seluruh galaksi dan menetapkan menjadi gerak salah satu petualangan komedi paling menarik dan imajinatif yang pernah dibawa ke layar lebar.

Bergabung WALL-E perjalanan yang fantastis melintasi alam semesta dari visi yang belum pernah dibayangkan-masa depan, adalah pemain lucu karakter termasuk kecoa hewan peliharaan, dan tim heroik robot ketidakcocokan rusak.

Finding Nemo

Animasi anak Finding Nemo
indiewire.com

Dalam petualangan bawah air yang menakjubkan ini, dengan karakter yang mudah diingat, humor dan emosi tulus, Finding Nemo mengikuti perjalanan komedi dan penting dari clownfish terlalu protektif bernama Marlin (suara oleh Albert Brooks) dan anaknya Nemo (suara oleh Alexander Gould), yang menjadi dipisahkan di Great Barrier Reef ketika Nemo adalah tiba-tiba diambil jauh dari rumah laut dan dibuang ke tangki ikan di kantor dokter gigi.

Didukung oleh persahabatan Dory (suara oleh Ellen DeGeneres), sebuah Pacific regal biru tang ramah tapi pelupa, Marlin embarks pada perjalanan berbahaya dan menemukan dirinya pahlawan tidak mungkin dari upaya epik untuk menyelamatkan anaknya yang menetas beberapa rencana berani sendiri untuk kembali ke rumah dengan selamat.

Ratatouille

Ratatouille film animasi anak lucu
pictures.4ever.eu

Dalam lucu baru animasi-adventure, Ratatouille, tikus bernama mimpi Remy menjadi koki yang hebat meskipun keinginan keluarganya dan masalah yang jelas menjadi tikus di profesi tikus-fobia jelas.

Ketika nasib menempatkan Remy di kota Paris, dia menemukan dirinya idealnya terletak di bawah restoran yang dibuat terkenal oleh pahlawan kuliner, Auguste Gusteau.

Meskipun bahaya jelas menjadi pengunjung yang tidak diinginkan di dapur di salah satu restoran paling eksklusif Paris ‘, Remy membentuk kemitraan mungkin dengan Linguini, anak sampah, yang secara tidak sengaja menemukan bakat menakjubkan Remy.

Mereka mencapai kesepakatan, akhirnya menetapkan menjadi gerak rantai lucu dan menarik dari peristiwa luar biasa yang mengubah dunia kuliner Paris terbalik. Remy menemukan dirinya terpecah antara mengikuti mimpinya atau kembali selamanya keberadaannya sebelumnya sebagai tikus.

Ia belajar kebenaran tentang persahabatan, keluarga dan tidak memiliki pilihan selain menjadi siapa dia sebenarnya, tikus yang ingin menjadi koki.

Zootopia

film animasi zootopia untuk anak
filmint.nu

Metropolis mamalia modern Zootopia adalah kota tidak seperti yang lain. Terdiri dari lingkungan habitat seperti mewah Sahara Square dan dingin Tundratown, itu adalah melting pot di mana binatang dari setiap lingkungan hidup bersama-tempat di mana tidak peduli apa yang Anda, dari gajah terbesar ke tikus kesturi terkecil, Anda bisa apa saja.

Tapi ketika rookie Petugas Judy Hopps (suara Ginnifer Goodwin) tiba, ia menemukan bahwa menjadi kelinci pertama pada kepolisian dari besar, hewan yang sulit tidak begitu mudah.

Bertekad untuk membuktikan dirinya, ia melompat pada kesempatan untuk memecahkan kasus, bahkan jika itu berarti bermitra dengan cepat-bicara, penipuan-artis fox, Nick Wilde (suara Jason Bateman), untuk memecahkan misteri.

Walt Disney Animation Studios ‘ “Zootopia,” komedi-petualangan yang disutradarai oleh Byron Howard ( “Tangled”, “Bolt”) dan Kaya Moore ( “Wreck-It Ralph,” “The Simpsons”) dan co-disutradarai oleh Jared Bush ( “Penn Zero: Part-Time Hero”), tayang di bioskop pada tanggal 4 Maret 2016.

Petugas Judy Hopps (suara Ginnifer Goodwin), kelinci pertama di kepolisian Zootopia ini, melompat pada kesempatan untuk memecahkan pertamanya kasus-bahkan jika itu berarti bermitra dengan cepat-bicara, penipuan-artis fox Nick Wilde (suara Jason Bateman) untuk memecahkan misteri.

Inside Out

film inside out anak
telegraph.co.uk

Tumbuh dapat menjadi jalan bergelombang, dan itu tidak terkecuali untuk Riley, yang tercerabut dari kehidupan Midwest ketika ayahnya memulai pekerjaan baru di San Francisco.

Seperti kita semua, Riley dipandu oleh emosinya – Joy (Amy Poehler), Fear (Bill Hader), Anger (Lewis Black), Jijik (Mindy Kaling) dan Kesedihan (Phyllis Smith).

Emosi tinggal di Markas, pusat kontrol di dalam pikiran Riley, di mana mereka membantu menyarankan dia melalui kehidupan sehari-hari.

Sebagai Riley dan emosinya berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di San Francisco, gejolak terjadi kemudian di Markas.

Meskipun Joy, emosi utama dan paling penting Riley, mencoba untuk menjaga hal-hal yang positif, emosi konflik tentang cara terbaik untuk menavigasi kota baru, rumah dan sekolah.

Despicable Me

despicable me movie
trailers.apple.com

Sebuah dalang kriminal misterius telah mencuri salah satu piramida di Mesir, memicu fit iri cemburu di genius jahat Gru (Steve Carell), yang belum berhasil membuat berita utama sejak ia dan antek-anteknya mengusap tahun Times Square JumboTron kembali.

Sejak Gru masih kecil, dia bermimpi pergi ke bulan. Sekarang, jika Gru hanya dapat membangun roket dan mendapatkan tangannya pada menyusut-ray kuat, ia bisa semen reputasinya sebagai pencuri terbesar yang pernah hidup dengan mencuri satelit bumi langsung dari langit.

Tapi segera setelah Gru perampokan yang menyusut-ray, yang licik super-kutu buku Vector (Jason Segel) menyapu dan menyambarnya langsung dari tangannya. Sekarang, dalam rangka untuk mengklaim bulan, Gru harus pertama merebut kembali senjata dari Vector.

Berbekal pengetahuan bahwa musuh bebuyutannya memiliki gigi manis berarti, Gru mengadopsi cookie menjual anak yatim Margo (Miranda Cosgrove), Agnes (Elsie Fisher), dan Edith (Dana Gaier) dan komisi baris baru robot cookie dari Dr. jahat Nefario (Russell Brand), spesialis senjata pribadinya.

Tapi seperti Gru dan antek kuning kecil nya mempersiapkan diri untuk melaksanakan pencurian terbesar dalam sejarah, sesuatu yang aneh terjadi. Gru menemukan bahwa tiga gadis kecil yang telah datang ke dalam hidupnya jauh lebih dari pion sederhana.

Mereka benar-benar peduli tentang Gru, dan ternyata licik penjahat membuat seorang ayah yang cukup baik. Ketika Gru menyadari bahwa bentrokan misi bulan mendatang dengan pertunjukan balet oleh gadis-gadis, ia harus memutuskan apa yang lebih penting – menjadi orangtua hadir atau penyemenan reputasi jahat itu sekali dan untuk semua.

Brave

film brave disney
nalvicreviews.wordpress.com

Merida adalah pemanah yang terampil dan putri sabar Raja Fergus (Billy Connolly) dan Ratu Elinor (Emma Thompson).

Bertekad untuk mengukir jalan sendiri dalam hidup, Merida menentang sebuah suci kebiasaan lama dengan tuan gempar tanah: besar Tuhan MacGuffin (Kevin McKidd), bermuka masam Tuhan Macintosh (Craig Ferguson) dan bantahan Tuhan Dingwall (Robbie Coltrane).

Tindakan Merida ini secara tidak sengaja melepaskan kekacauan dan kemarahan di kerajaan, dan ketika ia berbalik ke penyihir tua yang eksentrik (Julie Walters) untuk bantuan, ia diberikan sebuah keinginan naas.

Berikutnya pasukan bahaya Merida untuk menemukan arti keberanian sejati untuk membatalkan kutukan jijik sebelum terlambat.

Monsters University

Monsters University movie
brightestyoungthings.com

Mike Wazowski dan James P. Sullivan adalah pasangan yang tak terpisahkan, tapi itu tidak selalu terjadi. Dari saat kedua monster serasi ini bertemu mereka tidak bisa berdiri satu sama lain. “Monsters University” membuka pintu bagaimana Mike dan Sulley mengatasi perbedaan mereka dan menjadi yang terbaik dari teman-teman.

The Book of Life

the book of life movie
remezcla.com

bersemangat fantasi-petualangan, menceritakan legenda Manolo, pahlawan konflik dan pemimpi yang set off pada pencarian epik melalui magis, mistis dan menakjubkan dunia untuk menyelamatkan satu cinta sejati dan membela desanya.

Puss In Boots

puss in boots
cultjer.com

Jauh sebelum ia bahkan bertemu Shrek, pejuang terkenal, kekasih dan melarang Puss in Boots menjadi pahlawan ketika ia set off pada petualangan dengan sulit dan jalan cerdas Kitty Softpaws dan dalang Humpty Dumpty untuk menyelamatkan kotanya. Ini adalah kisah nyata dari seekor kucing, mitos, dan legenda.

Kung Fu Panda 3

kung fu panda movie animasi anak
wwf.panda.org

Pada tahun 2016, salah satu waralaba animasi paling sukses di dunia kembali dengan petualangan terbesar komedi belum, KUNG FU PANDA 3.

Ketika ayah panda lama hilang Po tiba-tiba muncul kembali, duo bersatu kembali perjalanan ke surga panda rahasia untuk memenuhi sejumlah lucu karakter panda baru.

Tapi ketika penjahat supranatural Kai mulai menyapu seluruh China mengalahkan semua master kung fu, Po harus melakukan hal yang mustahil-belajar untuk melatih sebuah desa penuh bersenang-senang, saudara-saudara canggung untuk menjadi band utama Kung Fu Panda!

Wreck-it Ralph

wreck-it ralph animasi terbaik
wall.alphacoders.com

Ralph (John C. Reilly) adalah lelah dibayangi oleh Fix-It Felix (Jack McBrayer), “orang baik” bintang permainan mereka yang selalu mendapat untuk menyimpan hari.

Tapi setelah beberapa dekade melakukan hal yang sama dan melihat semua kemuliaan pergi ke Felix, Ralph memutuskan dia lelah bermain peran orang jahat.

Dia mengambil masalah ke tangan besar sendiri dan set off pada perjalanan game-hopping di arcade melalui setiap generasi video games untuk membuktikan dia punya apa yang diperlukan untuk menjadi pahlawan.

Pada pencariannya, ia bertemu tangguh-sebagai-paku Sersan Calhoun (Jane Lynch) dari Duty pertama-orang aksi permainan Hero.

Tapi itu adalah ketidakcocokan feisty Vanellope von Schweetz (Sarah Silverman) dari permen-dilapisi keranjang game balap, Sugar Rush, yang dunia terancam ketika Ralph sengaja merilis musuh mematikan yang mengancam seluruh arcade.

Akan Ralph mewujudkan mimpinya dan menyimpan hari sebelum terlambat?

Bolt

film animasi bolt dreamworks
filmofilia.com

Untuk super-dog “Bolt”, setiap hari penuh dengan petualangan, bahaya dan intrik – setidaknya sampai kamera berhenti bergulir.

Ketika bintang dari acara TV hit sengaja dikirim dari panggung Hollywood ke New York City, ia mulai petualangan terbesar, perjalanan lintas negara melalui dunia nyata untuk kembali ke pemiliknya dan co-star, Penny.

Hanya dipersenjatai dengan delusi bahwa semua prestasi yang luar biasa dan kekuatan yang nyata, dan bantuan dua sahabat bepergian tidak mungkin – letih, ditinggalkan housecat bernama Mittens dan hamster TV-terobsesi bernama Rhino – Bolt menemukan dia tidak perlu kekuatan super menjadi pahlawan

The Lego

film the lego untuk anak-anak
fandango.com

LEGO adalah pertama kalinya, full-length teater LEGO (R) adventure. Cerita animasi komputer 3D asli berikut Emmet (Chris Pratt) yang biasa, berikut rules-, sempurna rata-rata LEGO minifigure yang keliru diidentifikasi sebagai orang yang paling luar biasa dan kunci untuk menyelamatkan dunia.

Dia direkrut menjadi persekutuan dari orang asing pada pencarian epik untuk menghentikan tiran jahat, perjalanan yang Emmet adalah putus asa dan meriah underprepared.

Finding Dory

film finding dory
papasaysso.com

“Finding Dory” reuni ikan tang biru yang ramah-tapi-pelupa dengan orang yang dicintainya, dan semua orang belajar beberapa hal tentang arti sebenarnya dari keluarga sepanjang jalan.

Petualangan-layar besar semua-baru menyelam ke bioskop pada tahun 2016, mengambil penonton bioskop kembali ke dunia bawah laut yang luar biasa dari film aslinya.

Legend of The Guardians: The Owls of Ga’hoole

review film animasi anak
“Lihatlah ke langit dan pergilah. Ingatlah, saat kau merasa sayapmu telah lelah, semangatmu mulai menghilang, daan saat itu kau merasa telah terbang semampumu. Sadarlah bahwa engkau telah menempuh separuh dari jalanmu.”

Cuplikan kayak di atas cuma salah satu dari banyak kata-kata bijak di film ini. Karena film ini sarat akan hikmah, optimisme, dan perjuangan.

Kalau kamu lagi cari film untuk memacu daya juang dan optimisme adik, keponakan, atau -mungkin aja- anak kamu.
Film ini bisa jadi salah satu bahan buat kamu. percaya deh.
Sinopsis dan Review The owls of Ga’hoole
The owls of Ga’hoole adalah sebuah film yang menceritakan tentang perjalanan dua ekor burung hantu muda dalam menjalani kehidupan.

Dalam film ini kamu gak akan nemuin tokoh/ karakter manusia. Semuanya full of animal.

Dua ekor burung hantu yang saya maksud adalah Soren dan Klud.
Soren dan Klud punya jalan hidup yang saling bersebrangan, walaupun mereka sebenanya saudara kandung.

Kamu akan melihat sekeluarga burung hantu pada first scene film ini.
Yap, keluarga itu adalah keluarga Soren dan Klud.

Mereka berdua sebenarnya punya kehidupan keluarga yang baik.
Soren dan Klud punya Ibu yang sangat menyangi anaknya.
Eglentine -adik dari Soren dan Klud- yang sangat lucu dan menggemaskan, dan
Seorang Ayah yang dengan senang untuk mendampingi, memeluk, dan menceritakan kisah-kisah kepada anak-anaknya.

Tapi, cerita ini justru berawal dari sebuah kisah yang selalu diceritakan Ayahnya.
Saat itu Ayah mereka selalu menceritakan tentang kisah The Guardians of Ga’hoole yakni, sekelompok burung hantu yang bertugas menjaga kedamaian dunia burung hantu.

Soren -tokoh utama- memiliki sifat pemimpi dan benar-benar percaya dengan apa yang dikisahkan Ayahnya.
Dia selalu aja membayangkan dirinya adalah salah seorang guardians of Ga’hoole.
Sedangkan Klud -tokoh kedua- punya sifat realistik. Dia memandang realistik kalau sangat gak mungkin dia bisa menjadi salah seorang dari guardians of Ga’hoole.

Hari demi hari berlalu dengan Ayah mereka yang selalu menceritakan kisah sama secara berulang-ulang.

Singkat cerita, pada scene kedua Soren dan Klud sudah mulai diajari terbang.
Soren yang punya sifat pemimpi lebih cepat dalam belajar terbang. saat itu dia berkata kepada Klud, “Untuk bisa terbang dari dahan ke dahan dengan bagus dan mulus. Bayangkan kalau engkau adalah seorang guardians.”

Soren berkata kayak gitu karena melihat saudaranya tak kunjung bisa terbang. Saudaranya itu selalu merasa takut saat akan meloncat untuk terbang.
Mungkin karena sikap realistis dari Klud. Dia selalu memperhitungkan segala aspek yang menyebabkan timbul keraguan dalam hati.

Hasilnya saat Klud mencoba buat terbang lagi, dia jatuh ke tanah. dan gak lama setelah mereka jatuh, mereka diculik.
Ya, dikisah itu diceritakan kalau Soren dan Klud diculik oleh The Pure Ones -kelompok antagonis-, musuh dari The Guardians of Ga’hoole.

Nah, kamu pasti penasaran sama kelanjutan cerita ini.
Sinopsis dan review-nya saya cukupkan sampai sini. Biar kamu bisa langsung menikmati film ini dan dapet feel tersendiri.

Intinya Persis kayak yang saya bilang di awal. Film ini sarat akan hikmah, kata-kata bijak, dan pembelajaran.
Terutama tentang bagaimana bersikap untuk selalu optimis.

Gak usah ragu buat kasih film ini sebagai bahan pelajaran buat anak kecil yang kamu sayang.

Adit dan Sopo Jarwo

.adit-dan-sopo-jarwo
Jika diatas membahas film animasi luar negeri, untuk yang satu ini akan membahas film animasi lokal asli buatan indonesia, film tersebut ialah berjudul Adit dan Sopo Jarwo. Film ini pertama dirilis secara resmi pada 27 Januari 2014 dan ditayangkan di stasiun TV Lokal MNC TV.

Jika dilihat dari judulnya, tokoh utama dari film animasi tersebut adalah Adit. Karakter Adit banyak yang beropini bahwa Adit memiliki wajah yang tampan. Kemudian didukung oleh tokoh antagonis yakni Bang Sopo dan Bang Jarwo.

Tokoh antagonis diatas bukan berati jahat, namun mereka diatas berperan sebagai lawan main dari tokoh utamanya. Karena kebanyakan tokoh utama digambarkan memiliki karakter baik, maka kebanyakan orang memiliki pandangan bahwa lawan main tokoh utama berkarakter jahat,.

Film animasi ini dilatarbelakangi oleh persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi dan si lucu Adelya adiknya Adit, dimana dikehidupan mereka penuh dengan petualangan yang tak terduga.

Adit memiliki peran yang sangat penting dalam persahabatan mereka, ia bisa menjadi apa saja misalnya sebagai penggerak, motivator dan bahkan juga sebagai motivator.

Hal tersebut sangat mempengaruhi kehidupan mereka untuk melewati hari-hari dalam menggapai mimpi di masa mendatang.

Namun, kepiawaian Adit dalam film tersebut tidak selalu mulus, hampir disetiap hari dalam keseharian mereka selalu terganggu oleh dua orang yang selalu mencari celah untuk mendapatkan keutungan tanpa usaha.

Siapa lagi kalau bukan lawan main mereka yatiuBang Sopo dan Bang Jarwo. Cara pandang dan perbedaan pendapat adalah bumbu utama yang memulai perseteruan antara dua kubu yakni Adit Cs dan Sopo Jarwo.

Perlu digaris bawahi ya, perseteruan mereka bukanlah secara fisik namun hanya secara emosional saja. Beruntung sekali diantara perseteruan mereka ada sesosok Ketua RW yang sudah menjabat bertahun-tahun, yakni Pak Haji Udin.

Pak Haji Udin memiliki karakter sangat bijaksana yang selalu menjadi tokoh warga sebagai penengah perselisihan antara Sopo Jarwo dan Adit CS. Tidak hanya dengan Adit Cs saja, namun juga melerai warga yang sering berseteru dengan ulah onarnya Sopo Jarwo.

Petuah bijak yang disampaikan oleh Haji sangat ringan dan lugas mampu mengembalikan suasana gaduh menjadi teduh. Seringkali Bang Jarwo kena wejangan dan nasihat dari Pak Haji Udin.

Berikut dibawah ini beberapa tokoh yang sering muncul beserta perannya dalam serial animasi anak Adit dan Sopo Jarwo.

  • Adit, tokoh utama dalam kisah ini
  • Dennis, teman karib Adit yang selalu ketakutan setiap melihat Jarwo
  • Mita, teman Adit
  • Adel, adik perempuan Adit yang masih berusia balita
  • Devi, teman Adit
  • Bunda, ibu Adit
  • Ayah, ayah Adit
  • Sopo, pengangguran bertubuh tambun yang agak lamban pemikirannya, selalu bersama dengan Jarwo kemana-mana
  • Jarwo, pengangguran yang bekerja serabutan dan kadang berseteru dengan Adit, meski beberapa kali pula saling bekerjasama
  • Haji Udin, Ketua RW yang bijaksana dan sering menjadi penengah atau pemberi solusi untuk setiap masalah yang ditimbulkan oleh Sopo Jarwo
  • Kang Ujang, tukang bakso yang sering dibantu oleh Sopo Jarwo sebagai ganti dari bakso gratis yang diberikan untuk mereka berdua

Film Animasi Anak Adit dan Sopo Jarwo memiliki kaidah tontonan serta tuntunan. Tontonan misalnya yang bisa dilihat dari sesosok Jarwo, Sopo dan Dennis yang sangat menghibur dan tuntunan seperti karakter Pak Haji Udin, Adit serta Kang Ujang.

Ternyata film animasi indonesia tidak kalah bagus dan lucu ya jika dibanding dengan film animasi luar negeri. Meskipun teknologi di Indonesia belum secanggih film animasi di luar negeri, namun setidaknya satu langkah kedepan bagi Indonesia dalam menciptakan karya seni yang mendidik.

Sponge Out of Water

Empire Cinema
Empire Cinema

Sponge Out of Water merupakan sebuah flim animasi yang berasal dari USA.

Animasi ini dirilis pada tanggal 6 February tahun 2015.

Flim yang diproduksi oleh Nickelodeon Movies and Paramount Animation ini selesai disyuting pada November 2013, namun baru dirilis dan ditayangan di bioskop pada 6 Febuari tahun 2015.

Pada flim animasi ini terdapat beberapa pengisi suara kawakan, seperti Bill Fagerbakke, Rodger Bumpass, Tom Kenny, Carolyn Lawrence.

Flim animasi ini mendapatkan respon yang positif dari berbagai masyarakat dan berhasil mendapatkan keuntungan lebih dari 310 juta dolar.

Di dalam film ini setidaknya terdapat 6 buah pelajaran berharga yang dapat kita ambil dan kita ajarkan kepada anak-anak kita, berikut ke 7 pelajaran tersebut

  • Pekerja Keras

Di dalam animasi ini salah satu sifat baik yang patut kita ajarkan kepada anak-anak kita adalah sifat ulet dan kerja keras yang dimilikin oleh spongebob.

Spongebob merupakan tokoh rajin dan pekerja keras di dalam bekerja dan menolong orang lain.

Sifat ini sedikit berbeda jauh dari Squid Ward yang memiliki sifat pemalas.

Di dalam film ini spongebob sangat menunjukan kesenangannya di dalam bekerja dan menolong orang lain.

Inilah salah satu sifat yang sangat terpuji dan patut ditiru oleh anak-anak kita, yaiutu selalu mudah dalam menolong orang lain dan semangat di dalam bekerja dikarenakan cintanya terhadap pekerjaan yang ia jalani.

  • Kedisiplinan yang Tinggi

selain suka bekerja keras ternyta tokoh spongebob di dalam film ini juga memiliki sifat disiplin yang sangat luar biasa.

Sifat ini terlihat dari keseharian spongebob yang selalu tepat waktu disaat bekerja, bahkan di hari libur pun spongebob sangat giat dan bersemangat untuk masuk kerja.

  • Murah Senyum dan Ceria

salah satu sifat kental dimiliki oleh spongebob adalah sifatnya yang murah senyum dan sangat ceria.

Ketika dia senang makan dia akan tertawa dan tersenyum begitu pula ketika dia sedih dan tertimpa sebuah musibah, maka dia juga akan tertawa dan tersenyum bahagia menutupi kesedihannya.

  • Memiliki Sikap Hormat dan Santun

dalam film ini tokoh utama yaitu spongebob memiliki satu sifat yang sangat patut untuk ditiru dan dicontoh.

Sifat tersebut ialah santun dan hormat terhadap orang yang lebih tua dan teman-temannya.

Dalam film ini spongebob benar-benar menunjukan sikap hormatnya kepada sang bos, yakni Mr. Krab, di dalam perintahnya yang mengandung kebaikan, spongebob senantiasa menuruti dan menjalankannya dengan senang hati.

  • Setia Kawan

Siapa diantara kita yang tidak mengenal persahabatan antara spongebob dan Patrick.

Mereka berdua adalah sahabat sejati yang senantiasa menolong satu sama lain.

Dalam film ini kita akan menyaksikan bersama-sama mengenai keeratan persahabatan mereka, yang mana mereka berdua berjanji akan menjadi best forever friend untuk satu sama lain dan akan saling membantu disaat kapanpun dan dimanapun mereka berdua berada.

Sungguh sebuah teladan yang sangat baik bagi anak-anak kita.

  • Pantang Menyerah

salah satu sifat teladan lagi yang bisa kita mabil dari film ini adalah sifat pantang menyerah yang dimiliki oleh spongebob.

Dalam film ini spongebob selalu gagal dalam mengikuti tes mengemudi, namun dengan semangat membara dan berapi-api ia senantiasa mengulang dan mengulang tes demi mendapatkan SIM untuk bisa mengemudi dengan bebas.

Itulah ke 6 sifat dan teladan yang bisa kita mabil dari film Sponge Out of Water.

Ponyo

nerdreactor.com
nerdreactor.com

Anak kecil secara umum sangat menyukai film animasi ini. Pada mulanya film ini berjudul Ponyo on the Cliff by the Sea (bahasa Inggris), namun lebih dikenal orang dengan sebutan Ponyo. Film animasi Jepang rilis tahun 2008 ini mengisahkan tentang seekor ikan mas bernama Ponyo yang kemudian berteman dengan Sosuke, anak berusia lima tahun. Sang ikan pun mempunyai keinginan menjadi manusia.

Karena kualitasnya, masuk dalam peserta dalam Festival Film Venice ke-65 Internasional, film ini menerima perhatian khusus dalam Film Festival Masa Depan Bologna, untuk “animasi yang mempunyai kualitas artistik dan ekspresif tinggi hingga mampu memberikan bentuk imajinasi yang indah dari master bioskop di seluruh dunia”.

Selain itu ia memenangkan beberapa penghargaan. Diantaranya penghargaan akademi Jepang untuk film animasi terbaik, penghargaan untuk Anime of the Year dan Outstanding Achievement in Music in 32 Japan Academy Prize. Dan pada tahun 2009, Ponyo menyabet lima penghargaan di 8 tahunan Tokyo Anime Awards. Penghargaan termasuk “Animation of the Year” dan “Best domestic feature“.

Sang penulis, Hayao Miyazaki tidak luput menerima penghargaan yaitu untuk kategori sutradara terbaik dan cerita asli terbaik. Sedangkan sang Art Director, Noboru Yoshida menerima penghargaan untuk arah seni terbaik.

Kiki’s Delivery Service

www.ipicstorage.com
www.ipicstorage.com

Satu lagi film menarik yang cocok untuk segala usia. Kiki’s Delivery Service adalah film fantasi animasi yang bercerita tentang seorang gadis penyihir muda bernama Kiki yang memutuskan untuk mandiri. Dia pun pindah ke sebuah kota kecil dan mencari pekerjaan dan akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai pengantar roti.

Dikisahkan, penyihir cilik berusia tiga belas tahun meninggalkan rumah bersama kucing hitam yang dapat berbicara, Jiji. Dia terbang menaiki sapu ajaibnya ke kota pelabuhan Koriko unutk menemukan tempat tinggal baru. Lalu dia bertemu Osono-san, seorang yang ramah pemilik toko roti. Dengan sapu terbangnya, dia membantu untuk mengantarkan pesanan roti ke penjuru kota.

Film animasi ini tayang perdana pada 29 Juli 1989. Sang penulis cerita sekaligus direktur, Hayao Miyazaki paham betul bagaimana membuat cerita yang menarik. Sehingga Kiki’s Delivery Service sukses meraup keuntungan, bahkan menjadi salah satu film terlaris yang tertinggi di Jepang pada tahun tersebut.

My Neighbor Totoro

trueclassics.files.wordpress.com
trueclassics.files.wordpress.com

Sutradara Hayao Miyazaki memang salah satu spesialis film animasi fantasi anak yang sanggup memenangkan hati penggemarnya. Terbukti, satu lagi karyanya yang juga sangat digemari anak-anak adalah My Neighbor Totoro. Dengan alur cerita serta karakter yang khas anak-anak, sehingga film ini cukup meraih simpati penontonnya. Benar-benar sebuah film bagus untuk ditonton oleh semua usia.

My Neighbor Totoro bercerita tentang seorang ayah dan dua anak perempuannya yang pindah ke pedesaan. Di pedesaan inilah ibu mereka sementara dirawat setelah kepulangannya dari rumah sakit. Film ini memiliki arah yang besar, latar belakang dan aura mistis yang menawan. Juga menyajikan kejadian yang menyentuh dan pesan-pesan yang mendalam serasa ikut merasakan berbagai emosi.

Sebuah karya film yang murni dan sederhana. Menampilkan animasi yang benar-benar menakjubkan (seperti kebanyakan film Miyazaki) dan cerita yang terungkap menjadi sesuatu yang sangat tak terduga. Sederhana namun menarik, mampu disampaikan dengan tenang dan dramatis. Kamu dapat merenungkan dunia melalui perspektif yang kamu mungkin telah lupa.

Rilis pada tahun 1988, film yang diproduksi oleh Studio Ghibli ini tergolong sukses. My Neighbor Totoro menyabet penghargaan spesial pada Blue Ribbon Awards di tahun tersebut. Film ini pun memenangkan hadiah Grand Prix Animage Anime dan Mainichi Film Award serta Kinema Junpo Award untuk kategori Best Film pada tahun 1988.

Upin-Ipin

animasi upin ipin
situmau.com

Siapa sih yang tak kenal dengan Si kembar lucu, Upin-Ipin yang identik dengan jargon “betul,,, betul,,, betul,,,” ini? Animasi ini cukup populer di Indonesia. Tokoh-tokohnya yang unik seperti Upin-Ipin, Opah, Kak Ross, Ehsan, Mei-Mei, Tok Dalang dan Fizi bisa dengan mudah melekat pada ingatan anak-anak, bahkan orangtua sekalipun. Animasi asal Negeri Jiran ini memberikan tontonan yang renyah dan cocok untuk segala usia.

Dengan latar perkampungan sederhana, Upin-Upin berhasil menyuguhkan kehidupan sosial yang membuat penonton seolah melebur menjadi salah satu tokoh dalam cerita. Kembar yatim piatu ini diasuh oleh neneknya atau Opah, dan juga kak Ross, kakaknya. Karakter Kak Ross yang galak menjadi salah satu tokoh yang sering ditakuti.

Upin-Ipin serta teman-temannya yang khas dengan karaker anak pada umumnya sukses menghibur anak-anak dalam memerankan tokoh yang begitu bersahaja dan mampu menikmati gaya hidup pedesaan sebagaimana mestinya. Tak hanya itu saja, cerita-cerita yang disajikan pun sangat mendidik, sehingga anak-anak bisa menyerap banyak nilai-nilai positif untuk kemudian diterapkan di kehidupan nyata.

Keluarga Somat

animasi keluarga somat
indosiar.com

Animasi keluarga Somat menjadi salah satu animasi terbaik anak selanjutnya. Animasi ini memiliki tokoh-tokoh  seperti Pak Somat yang merupakan pegawai pabrik, Bu Inah sebagai istri Pak Somat serta dua orang anak mereka, yakni Dudung dan Ninung.

Keluarga Somat hidup sederhana, akan tetapi tentu saja ada saat-saat dimana hiruk pikuk pun terjadi. Lengkaplah kisah mereka dengan kecerian serta masalah-masalah yang seringkali ditemui di dunia nyata. Dengan kisah yang seperti ini, menjadikan penonton larut dalam kisah yang disuguhkan dalam animasi Keluarga Somat.

Karakter tokoh Ninung, lekat dengan peran anak yang sopan dan penurut. Lain halnya dengan Dudung, salah satu anak Pak Somat lainnya, Ia anak yang malas dan juga usil, walaupun demikian Ia sangat kreatif.

Animasi Keluarga Somat memberikan warna yang berbeda dari animasi lainnya, di sini penonton bisa melihat keragaman lingkungan masyarakat yang ada. Dalam animasi ini, penonton kembali diingatkan dengan semboyan Negara Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Dari sini pula, anak-anak bisa diajarkan bagaimana sikap kita dalam menyikapi keragaman yang ada. Sikap saling menghormati dan saling menghargai kental ditemukan dalam kisah yang dikemas dalam animasi Keluarga Somat ini.

Battle of Surabaya

animasi Battle of Surabaya
tabloidkabarfilm.com

Animasi yang baru-baru ini menggemparkan dunia animasi adalah animasi Battle of Surabaya. Animasi ini mengisahkan petualangan seorang remaja tukang semir bernama Musa, selain itu, Ia juga seorang kurir yang membantu perjuangan warga Surabaya dan TKR dalam peristiwa 10 November 1945.

Musa diberikan mandat sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang kode mana kode rahasia tersebut dikombinasikan dengan sempurna dalam lagu-lagu keroncong Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia.

Animasi ini memberikan nilai edukasi dan nilai moral yang mudah dicerna oleh generasi kita, baik itu anak-anak hingga dewasa sekalipun. Animasi ini kental dengan pengorbanan, dimana dalam kisah ini Musa rela kehilangan harta serta orang-orang terkasih dalam hidupnya demi menjalankan misinya sebagai seorang kurir. Di samping itu, rasa semangat, perdamaian dan cinta tanah air juga sukses dihadirkan dalam animasi karya anak bangsa ini.

Demikian tadi beberapa animasi terbaik untuk anak yang dapat Anda jadikan referensi sebagai tontonan yang edukatif untuk anak-anak Anda. Pastikan Anda tetap mendampingi dan membimbing anak-anak saat mereka menikmati animasi ini ya. Meskipun animasi-animasi tersebut memberikan nilai moral yang positif, namun akan lebih baik jika Anda memberikan penjelasan lebih kepada anak saat mereka sedang menontonnya.

Akhir kata, kalau kamu udah nonton film-film di atas dan punya rekomendasi film animasi anak yang bagus, kamu bisa langsung tuliskan komentar, tanggapan, ataupun rekomendasi film kamu pada kolom komentar di bawah.  

Tinggalkan komentar