Fakta Tentang Kodok yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

Tidak banyak hewan amfibi di dunia ini. Salah satu dari hewan amfibi tersebut adalah katak. Hewan ini menyebar luar di berbagai daerah di Indonesia bahkan dunia. Karena kodok termasuk hewan berdarah dingin maka mereka membutuhkan lingkungan dengan suhu yang hangat untuk menjaga metabolisme tubuhnya. Oleh karena itu kita jarang melihat katak di daerah dingin seperti di dataran tinggi atau pegunungan.

Inilah beberap fakta menarik tentang Kodok yang mungkin belum kita ketahui.

Kodok adalah hewan yang berasal dari ordo Anura, di mana Anura adalah ordo terbesar dari hewan amfibi. Amfibi terdiri dari tiga ordo atau kelompok, yaitu kadal air dan Salamander (Caudata), caecilan (Gymnopiona), serta katak dan kodok (ordo Anura). Anura merupakan ordo terbesar dalam hewan amfibi. Dari sekitar 6000-an amfibi, sekitar 4380 adalah ordo Anura.

Kodok dan katak sebenarnya berbeda secara fisik. Kodok bertubuh lebar dan lebih sering hidup di daerah yang lebih kering. Sedangkan katak bertubuh langsing dan lebih sering hidup di daerah yang basah dan berair.

Sebenarnya kodok hanya melompat ketika merasa ada ancaman predator, seperti manusia. Beberapa kodok bisa melompat hingga 20 kali panjang tubuh mereka, sekali loncat.

kidnesia.com
kidnesia.com

Kodok yang terkecil adalah kodok yang ada di Brazil, dengan nama spesies Psyllohpyrne Didactyla, yang memiliki panjang maksimum kurang dari 1 centimeter. Sebaliknya kodok terbesar ada di Afrika Barat yaitu Katak Goliath atau nama spesiesnya Conraua Goliath. Kodok Goliath ini memiliki tubuh sebesar 30 centimeter atau lebih.

BACA JUGA: contoh resensi

Itulah sekilas info tentang salah satu hewan yang bisa hidup di dua alam tersebut. Masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang hewan ini.


Sumber Rujukan:

http://www.bibliotika.com/2015/03/fakta-fakta-menarik-seputar-katak.html

Leave a Comment