doa ruqyah

Ruqyah, Doa dan Cara Ruqyah Mandiri

Ruqyah, Doa dan Cara Ruqyah Mandiri – Ruqyah adalah metode pengobatan yang dianjurkan oleh Rasulullah. Pengertian ruqyah sendiri secara terminologi ialah al-‘udzah atau sebuah perlindungan, dimana digunakan untuk melindungi orang yang mendapatkan penyakit baik itu luar dan dalam, seperti sakit panas dikarenakan tersengat binatang, sakit jiwa seperti kesurupan, dan juga banyak yang lainnya.

Ruqyah biasanya juga disebut dengan ‘azimah. Saudara Fairuz Abadi berkata: “Yang dimaksud ‘azimah-‘azimah ialah ruqyah-ruqyah. Sedangkan ruqyah merupakan ayat-ayat suci Al-Qur`an yang dibacakan kepada orang-orang yang terdapati terkena berbagai penyakit dengan harapan untuk mendapatkan kesembuhan.”

Selain itu, ruqyah di dalam makna secara etimologi dan syariat ialah merupakan doa dan atau bacaan-bacaan yang didalamnya terkandung permintaan tolong serta meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam mencegah atau juga mengobati penyakit dan bala.

Biasanya doa atau bacaan tersebut disertai juga dengan sebuah tiupan dari mulut ke kedua telapak tangan dan atau anggota tubuh orang yang meruqyah ataupun orang yang diruqyah. Tentu manfaat dari ruqyah yang paling utama iala merupakan doa dan bacaan yang bersumber dari Al-Qur`an serta As-Sunnah.

Cara Ruqyah Mandiri

hijamahclinic.net

Ruqyah identik dengan meminta bantuan peruqyah atau ustadz ahli yang sudah terbiasa di dalam aktivitas meruqyah atau mengobati. Namun sebenarnya, kita sebagai ummat Islam dapat meruqyah diri kita sendiri tanpa harus meminta bantuan Ruqyah kepada orang lain.

Namun tentu harus didasari oleh syarat tertentu pula agar tidak tersesat dan Ruqyah yang dilakukan menjadi lebih berkah dan mendapatkan keridloannya dengan cara benar-benar sembuh. Dan beberapa syarat yang harus kita penuhi agar berhasil di dalam Ruqyah Mandiri dan juga terangkum bagaimana langkah-langkah kita agar sukses saat Ruqyah mandiri adalah sebagai berikut,.

Kuatkan Aqidah Kita

penguatan aqidah
assiwak.wordpress.com

Sebelum kita benar-benar bisa untuk meruqyah sendiri. Kita harus mengkuatkan Aqidah kita terhadap Islam, Aqidah kita tentang keyakinan kita kepada Allah dan Rasulnya. Karena dengan kuatnya Aqidah kita, Insya Allah, Allah akan mudah membantu kita dan doa yang kita panjatkan akan lebih mudah sampai kepada Allah.

Mulailah dengan Bersuci

nasrudin.web.id

Bersuci disini bisa kita lakukan seperti berwudlu, atau jika kita sedang berhadast besar. Kita lakukan dengan mandi besar. Berwudlulah terlebih dahulu karena di dalam membaca surat dan doa pada ruqyah, kita sangat dianjurkan dalam keadaan suci.

Siapkan Air sebagai Media Ruqyah

ummi-online.com.0

Air kerap sekali dipakai sebagai media Ruqyah karena air juga termasuk salah satu anjuran Rasulullah di dalam metode pengobatan Ruqyah. Sediakan saja seukuran air dengan tempatnya sesuai kebutuhan. Misalnya dengan ember kecil atau cukup dengan segelas air.

Baca Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an

Di dalam ruqyah, kita membaca beberapa ayat suci Al-Qur’an yang digabung dengan beberapa dzikir dan doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Beberapa ayat suci Al-Qur’an tersebut diantaranya adalah :

  1. Al-Fatihah ayat 1 – 7
  2. Al-Baqarah ayat 1 – 5
  3. Al Baqarah ayat 102
  4. Al Baqarah ayat 163 – 164
  5. Al-Baqarah ayat 255-257 (Ayatul Kursi)
  6. Al-Baqarah ayat 285-286
  7. Ali Imron ayat 18-19
  8. Al-A’raf ayat 54-56
  9. Al-A’raf ayat 117-122
  10. Surat Yunus ayat 81-82
  11. Surat At-Toha ayat 69
  12. Surat Al-Mukminun ayat 115 -118
  13. Surat As-Shafaat ayat 1-10
  14. Surat Al-Ahqaaf ayat 29 – 32
  15. Surat Ar-Rahman ayat 33-36
  16. Surat Al-Hasyr ayat 21-24
  17. Surat Al-Jin ayat 1-9
  18. Surat Al Ikhlas
  19. Surat Al-Falaq
  20. Surat An-Naas

Bacakan surat-surat tersebut secara teratur dan berurutan lalu tutup dengan bacaan shalawat dan rasa syukur kepada Allah seperti saat selesai berdoa. Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca doa Ruqyah.

Membaca Doa Ruqyah

elsunnah.wordpress.com

Adapun doa yang dibaca pada saat Ruqyah, doa ini pernah diajarkan oleh Rasulullah. Berikut adalah doa yang bisa kamu amalkan pada saat Ruqyah mandiri.

doc satujam.com

Dari Utsman bin Abil Ash radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau mengadukan rasa sakit di badannya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruhnya, “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu,” lalu beliau ajarkan doa di atas. (HR. Muslim 5867 dan Ibnu Hibban 2964)

Mulai Pengobatan

Setelah surat-surat khusus Al-Qur’an dan Doa diatas sudah kamu baca semua. Mulailah dengan pengobatannya. Beberapa caranya adalah semisal dengan air, minum air tersebut setidaknya tiga kali tegukan. Dan secara sederhana, kamu bisa meniupkan pada telapak tangan kamu, lalu mengusapkannya kepada sekujur tubuh.

Tawakkal kepada Allah

Proses terakhir yang sangat penting adalah bertawakal kepada Allah. Karena kondisi hati kita sangat menentukan keberhasilan ruqyah mandiri yang kita lakukan. Semakin tinggi rasa tawwakal kita dan atau orang yang diruqyah kepada Allah. Insya Allah peluang terkabulkannya Ruqyah atau doa pengobatan tersebut juga semakin besar.

Itulah sekilas pembahasan kita kali ini yaitu tentang Ruqyah Mandiri yang disertai dengan doa ruqyah yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Namun, jangan lupa pula untuk meminta panduan serta bimbingan dari guru atau ustad yang ahli di kota anda agar tetap mendapatkan nasab dan keamanan dari amalan ini.

1 thought on “Ruqyah, Doa dan Cara Ruqyah Mandiri

  1. Saya sempat mencari cara-cara ruqyah mandiri di youtube. Tapi banyak perbedaan di sana. di artikelpun masih terlihat perbedaan.
    Kira-kira untuk mengetahui mana ruqyah yang sesat bagaimana ya mas?

Leave a Comment