perang badar - doa

Inilah Doa Ketenangan Hati yang Diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam

Doa ketenangan hati – Hati merupakan salah satu anggota badan kita yang sangat sensitif. Keadaan hati sangat mudah berubah, sesuai dengan apa yang telah di alami atau di kerjakan. Apabila yang dikerjakan merupakan suatu perbuatan baik tentunya akan dapat menenangkan hati.

Akan tetapi apabila yang dikerjakan merupakan sesuatu yang melanggar norma atau aturan yang berlaku, sudah tentu bagi hati yang bersih akan merasakan kerisauan atau tidak tenangnya hati. Ada juga faktor lain yang timbul dari luar dan dapat membuat hati tidak tenang. Misalnya seperti masalah keluarga, pribadi, asmara  ataupun pekerjaan.

Dari berbagai masalah yang dialami, ada sebagian orang yang kemudian mencari solusi untuk menenangkan hati. Ada orang yang mencari ketenangan hati dengan cara jalan-jalan, melakukan aktivitas-aktifitas hobinya seperti berolahraga, membaca buku dan bersilarahim dengan saudara atau kerabatnya.

Namun tidak sedikit juga orang yang mencari ketenangan hati dengan cara membaca Al Qur’an, sholat dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagai umat muslim, cara terbaik untuk menenangkan hati ialah dengan cara berdzikir atau dengan mengingat Allah. Hal ini juga telah disampaikan dalam Al Qur’an Surat Ar-Ra’d Ayat 28. Maka dari itu tidak ada cara lain untuk bisa menggapai ketenangan hati seorang muslim kecuali hanya dengan mengingat Allah.

Mengingat Allah dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara mengingat Allah untuk bisa menggapai ketenangan hati ialah dengan berdoa. Berikut ini terdapat beberapa doa ketenangan hati yang dapat kita amalkan dalam sehari hari.

Doa Ketenangan Hati, Pikiran dan Jiwa

Doa berikut ini merupakan doa ketenangan hati yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam kepada kita sebagai umatnya. Agar bisa merasakan manfaatnya, sangat dianjurkan untuk diamalkan secara istiqomah.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, bahwa ia berkata Rasulullah shallallahu’aliahi wasallam bersabda: “apabila seorang hamba ditimpa kegelisahan atau kesedihan, lalu ia berdo’a:

Doa Ketenangan Hati, Pikiran dan Jiwa
Gambar via: webislami.com

Supaya dapat lebih memahami doa tersebut, inilah inti dari doa ketenangan hati yang tertulis di atas:

“Hendaknya seorang hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala dari keturunan Nabi Adam alaihisalam dan Siti Hawa beroda kepada Allah dengan sebenar-benarnya berdoa. Karena semua kehendak dan ketentuan berada ditangan Allah. Dialah dzat yang maha memegang kendali atas ubun-ubun kita, dan seluruh makhluknya.

Dialah Allah Dzat Yang Maha Adil akan keputusan dan qadhanya. Hendaknya kita juga memohon untuk menjadikan Al Qur’an sebagai penenang dan penentram hati, penghilang segala duka serta kesedihan dan pembawa cahaya dalam dada. Hal ini karena Allah ialah Tuhan yang memiliki nama mulia dan sempurna dalam setiap namaNya.

Doa Ketenangan Hati Tenang dalam Menjalani Hidup

Berikutnya adalah doa ketenangan hati yang ditujukan untuk meminta perlindungan terhadap sesuatu yang dapat menyebabkan timbulnya rasa gundah dan sedih dalam diri kita. Juga kemalasan yang sering menghampiri hidup kita sehari-hari.

Disamping itu juga untuk menghindari rasa takut, hutang yang seringkali menjadi beban dan terhadap suatu penindasan yang dilakukan oleh orang lain terhadap diri kita.

Inilah doa yang dimaksud diatas (berdasarkan riwayat yang ada juga sering dibaca oleh Rasulullah shallallahu’aliahi wasallam (Lihat dalam kitab Fathul Bari):

Doa Ketenangan Hati Tenang Dalam Menjalani Hidup
Gambar via: webislami.com

Doa Mohon Diberi Ketenangan Hati Agar Mendapat Rahmat

Selanjutnya ialah doa kita mintakan kepada Allah agar selalu mendapatkan rahmat dan pertolongan. Dimana rahmat dan pertolongan Allah ini sangat kita butuhkan. Doa tersebut seperti yang telah tertulis di bawah ini:

Doa Mohon Diberi Ketenangan Hati Supaya Mendapat Rahmat
Gambar via: webislami.com

“Doa ini ialah bentuk pengharapan kita akan rahmat dari Allah Yang Maha Kuasa. Sebaiknya kita  memohon supaya Allah subhanahu wa ta’ala jangan sampai membiarkan kita tidak mendapat pertolongan-Nya meskipun dalam sekedipan mata. Kita juga memohon perlindungan dari Allah agar memperbaiki segala urusan dunia kita, karena Dialah Allah tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan Dia.”

 

7 thoughts on “Inilah Doa Ketenangan Hati yang Diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam

Leave a Comment