doa orang tua untuk anak

5 Doa Ibu Untuk Anak Laki-laki dan Perempuan Agar Sukses

Doa ibu untuk anak – Orang tua adalah sosok panutan sekaligus menjadi seorang yang rela melakukan apa saja untuk anaknya. Bahkan mungkin kita juga kerap mendengar bahwa ridho Allah SWT sama seperti ridho orang tua. Jadi demikian itu memang benar adanya.

Di samping itu doa merupakan sebuah permintaan kita kepada Allah SWT terhadap sesuatu. Namun ada beberapa faktor tentang tidak atau dikabulkannya suatu doa yang mana tergantung dari latar belakang seseorang yang memanjatkan doa itu sendiri. Adapun salah satu dari di 3 doa mustajab yang pasti di kabulkan oleh Allah SWT adalah doa ibu untuk anak.

Ya, doa orang tua merupakan doa yang paling mujarab dan besar kemungkinan di ijabah oleh Allah. Hal ini juga disebutkan dalam hadist Rasulullah dari riwayat Abu Daud. Yakni “3 doa mustajab yang tak diragukan lagi adalah doa orang tua untuk anaknya, doa orang bepergian (safar), dan doa orang-orang yang terzalimi”.

Doa Ibu untuk Anak Laki-laki dan Perempuan

Pada artikel di atas, sempat di singgung bahwa doa ibu untuk anak sangat mustajab. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya mengapa doa ibu? Karena seperti yang kita tahu bahwa Ibu adalah orang yang melahirkan kita ke dunia dan juga orang yang telah membesarkan kita sedari kecil dengan penuh kasih sayang.

Mungkin bisa kita bayangkan betapa sakitnya saat beliau melahirkan kita ke dunia, bahkan nyawa adalah taruhannya. Belum lagi setelah kita terlahir, beliau masih harus merawat, menyusui dan membesarkan kita dengan penuh perjuangan yang luar biasa.

doa ibu untuk anak
pixabay.com

Bahkan tidak akan bisa kita mengganti apa yang sudah Ibu kepada kita dengan cara apapun. Oleh karena itu apabila Ibu kita sudah berdoa kepada Allah, maka besar kemungkinan doa ibu untuk anak akan di kabulkan oleh Allah SWT.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas mengenai beberapa doa ibu untuk anak perempuan dan juga laki-laki tentang semua hal kebaikan yang bisa di doakan. Akan tetapi jauh lebih baik jika doa-doa ini di panjatkan setelah selesai sholat wajib.

Doa Meminta Perlindungan Untuk Anak

Jadi doa berikut bisa kita bacakan untuk anak kita supaya anak kita tercinta yang barangkali berada jauh dari rumah atau sedang berada di perantauan bisa selalu terjaga dan terlindungi kesehatannya. Selain itu doa ini juga bisa menghindarkan anak dari segala macam bahaya yang mungkin bisa datang kepadanya.

 “Uidzukamaa bikalimaatillahitammati mingkulli syaitooni wahamati wamingkuli ainilamat”

Artinya : “Aku minta perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap godaan setan, binatang berbisa, dan bencana penyakit.

Doa Ibu untuk Anak yang Sedang Menjalani Ujian

Bagi para orang tua khususnya para ibu apabila memiliki anak yang sedang menghadapi ujian, bisa melafadzkan doa berikut agar anaknya bisa lulus dengan hasil yang baik.

 “Allohumma faqqohu piiddaini wa allamhutta’wiil.”

Artinya : Ya Allah, berilah kefahaman kepadanya dalam urusan agama dan ajarkannya Takwil (tafsir al-quran).

Doa Ibu Agar Memiliki Anak yang Sholeh dan Solehah

Semua orang tua mukmin tentu menginginkan anak yang sholeh dan sholehan. Jadi selain membekalinya dengan ilmu agama, orang tua khususnya ibu juga bisa selalu mendoakan anaknya dengan ayat-ayat berikut ini :

“Rabbi-Ajal’ni muqiima salaati, wa min Dhurriyyati, rabbana wataqabbal Duaa”

Artinya : “Wahai Tuhanku! Jadikanlah daku orang yang mendirikan sembahyang dan demikianlah juga keturunanku. Wahai Tuhan kami, perkenankanlah doa permohonanku”.

doa orang tua untuk anak
akupenghibur.com

Doa Ibu Untuk Anak yang Sedang Sakit

Ketika anak kita sedang sakit, maka kita bisa mendoakan si buah hati supaya cepat sembuh. Adapun doa yang bisa kita amalkan adalah :

 “Bismillaahilkabiiri Na’uuzu billaahil ‘A ziimi min syarri irqin, wa min Syarri harrin Naar”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Agung, kami berlindung dari sakitnya darah mengalir (luka) dan kami berlindung dari dari buruknya panas”.

Doa Ibu Untuk Anak Agar Pandai dan Jadi Pribadi Lebih Baik

Misalkan kita memiliki anak yang nakal, maka doa khusus yang bisa kita munajatkan kepada Allah SWT seperti berikut ini :

“Allohumma jannabnaasyaitoona wajannabissyaitoona maa rojaqtana”

Artinya : “Ya Allah, jauhkan godaan setan dari kami, dan jauhkanlah setan dari anak yang akan Kau anugerahkan pada kami”.

Jadi itulah beberapa doa ibu untuk anak yang bisa di ucapkan, semoga dengan kita banyak-banyak berdoa kepada Allah, maka Allah akan mengabulkan doa dan harapan kita.

5 pemikiran pada “5 Doa Ibu Untuk Anak Laki-laki dan Perempuan Agar Sukses

  1. Doa ibu memang menjadi salah satu doa yang selalu di ijabah oleh Allah SWT. Banyak ulama, ketika masa kecil sering mendapatkan doa dari ibunya. Alhamdulillah, akhirnya mereka bisa menjadi seperti sekarang. 🙂

  2. Rabbi-Ajal’ni muqiima salaati, wa min Dhurriyyati, rabbana wataqabbal Duaa’, semoga senantiasa diberi keturunan yang sholeh dan sholeh yang sejuk untuk dipandang mata, serta selalu mendirikan sholat, taat beribadah, serta senantiasa menyebar kebaikan untuk dirinya dan sesamanya.

Tinggalkan komentar