Pesona Keindahan Curug Malela, Surga Tersembunyi di Bandung Barat

Bicara tentang tempat wisata air terjun di Bandung, maka Curug Malela merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk tujuan wisata kamu ketika berlibur.

Curug Malela ini memiliki pesona keindahan yang begitu menakjubkan. Saking indahnya, bahkan ada sebagian wisatawan yang menamakan curug ini sebagai air terjun niagara versi Bandung.

Penasaran seperti apa keindahan curug yang satu ini? Yuk, simak informasi tentang Curug Marela di bawah ini.

 

Sekilas Tentang Curug Malela

proleevo.wordpress.com

Curug Malela atau bisa dibilang Air Terjun Malela mempunyai sumber air terjun yang berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng. Yakni sebuah gunung berapi yang berada di sebelah barat Ciwidey yang sudah mati, lalu mengalir melintasi Sungai Cidadap, Gunung Halu.

Curug Malela Bandung mempunyai ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar curug yang mencapai 70 meter. Selain itu, curug ini mempunyai 5 buah jalur air terjun yang indah, megah, serta mempesona. Apalagi jika debit air menuju lokasi ini sedang banyak dan mengalir deras melintasi air terjun ini, akan sangat terlihat indah sekali.

Curug Malela jika dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti kilauan benang-benang sutra halus yang bersinar. Sedangkan di pinggir bagian kanannya kamu akan melihat bentuk tebing yang cukup tinggi yang eksotis berwarna putih yang mengarah ke bawah air terjun.

Karena keindahan alamnya, Curug Malela ini sering disebut sebagai surga tersembunyi yang sangat terisolir dari peradaban manusia. Menemukan curug ini bagaikan menemukan lokasi harta karun yang begitu indah mempesona. Selain itu Curug Malela juga oleh para wisatawan sering disebut dengan Air Terjun Niagara Mini.

Di Curug Malela ini, selain bisa menikmati keindahan alam yang begitu mempesona, para pengunjung juga bisa bermain di sepanjang aliran sungai di bawah air terjun. Contohnya seperti berenang serta menikmati sentuhan butiran air terjun yang dingin seperti kabut yang melayang.

Lokasi Curug Malela

youtube.com

Curug Malela terletak di desa Cicadas, kecamatan Rongga-Gununghalu, kabupaten Bandung Barat. Jika dari pusat kota Bandung, maka perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai tempat wisata ini sekitar 3 jam. Jika sudah sampai di tempat parkir wisata ini, maka kamu harus berjalan kaki menuju lokasi curug sejauh 10 km dengan menyusuri perbukitan yang begitu asri nan hijau.

Rute Perjalanan Menuju Curug Malela Bandung

yusalsunjaya.wordpress.com

Lantas, bagaimana cara untuk menuju Curug Malela ini? Nah, berikut ini merupakan rute perjalanan menuju Curug Malela Bandung

  • Jika posisi kamu berada di tol Padalarang, kamu bisa naik angkutan kota jurusan Cimahi dan turun di Cimareme. Kemudian naik lagi angkutan kota Cililin dilanjut dengan naik angkutan kota jurusan Gununghalu.
  • Jika kamu berada di terminal Leuwipanjang, kamu bisa naik angkutan kota menuju Cililin kemudian turun di terminal Cililin. Dari Cililin, kamu bisa naik angkutan jurusan Bunijaya atau Gununghalu.
  • Jika kamu berada di terminal Ciroyom, kamu bisa naik bis menuju Gununghalu. Waktu yang ditempuh sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini, sebaiknya kamu membawa kendaraan sendiri karena angkutan umum menuju Curug Malela cukup sulit didapatkan. Selain itu, kamu juga harus berjalan kaki beberapa kilometer untuk menuju curug.

Akan tetapi, bagi kamu pecinta alam yang ingin melakukan perjalanan yang begitu menyenangkan, tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Meskipun kamu akan melalui perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, kamu tidak akan menyesal karena ketika sampai di lokasi akan disuguhi dengan keindahan alam yang sangat indah dan menakjubkan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai salah satu tempat wisata di Bandung yang tersembunyi ini, yakni Curug Malela. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

1 thought on “Pesona Keindahan Curug Malela, Surga Tersembunyi di Bandung Barat

Leave a Comment