contoh perjanjian internasional

Contoh Perjanjian Internasional Beserta Persyaratannya

CONTOH PERJANJIAN INTERNASIONAL – Perjanjian internasional menjadi hukum terpenting bagi kerja sama internasional karena perjanjian internasional akan mengakibatkan hukum yang juga sekaligus akan menjalin kepastian hukum. Pada perjanjian internasional pun dibahas hal-hal yang menyangkut hak dan kewajiban antara subjek-subjek hukum internasional.

Menurut Pasal 38 Ayat (1) tentang Status Mahkamah Internasional, “Perjanjian internasional merupakan sumber utama dari sumber hukum yang lainnya”. Hal ini dapat dibuktikan dalam setiap kerja sama internasional.

Setiap kali hubungan kerja sama internasional dilakukan, biasanya dilakukan perjanjian dengan negara tujuan. Perjanjian itu disebut perjanjian internasional. Perjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan oleh dua negara atau lebih yang bertujuan untuk mengadakan akibat-akibat hukum tertentu.

Contoh Perjanjian Internasional dalam Sejarah Bangsa Indonesia

contoh perjanjian internasional
silvislippi25.wordpress.com

Berikut ini beberapa contoh perjanjian internasional yang dapat ditemukan dari perjalanan sejarah bangsa dan negara Indonesia.

  • Persetujuan Indonesia dengan Belanda mengenai penyerahan Irian Barat (Sekarang Papua). Karena pentingnya materi yang diatur di dalam agreement tersebut maka dianggap sama dengan treaty. Sebagai konsekuensinya, presiden memerlukan persetujuan DPR dalam bentuk pernyataan pendapat.
  • Persetujuan Indonesia dengan Australia mengenai garis batas wilayah antara Indonesia dengan Papua New Guinea yang ditandatangani di Jakarta, 12 Februari 1973 dalam agreement. Namun, karena pentingnya materi yang diatur dalam agreement tersebut maka pengesahannya memerlukan persetujuan DPR dan dituangkan dalam bentuk undang-undang, yaitu UU Nomor 6 Tahun 1973.
  • Persetujuan garis batas landas kontinen antara Indonesia dengan Singapura tentang selat Singapura (25 Mei 1973). Sebenarnya materi persetujuan ini cukup penting, namun dalam pengesahannya tidak meminta persetujuan DPR melainkan dituangkan dalam bentuk Keputusan Presiden.

Persyaratan Perjanjian Internasional

Persyaratan Perjanjian Internasional
ihsanyunus.com

Negara yang mengajukan persyaratan, tidak mengundurkan diri dari perjanjian (multilateral). Negara tersebut masih tetapi sebagai peserta dalam perjanjian, tetapi  dengan syarat hanya terikat pada bagian-bagian tertentu yang dianggap membawa keuntungan bagi kepentingan nasionalnya.

Unsur-unsur yang penting dalam persyaratan adalah sebagai berikut.

  • Harus dinyatakan secara formal/resmi.
  • Bermaksud untuk membatasi, meniadakan atau mengubah akibat hukum dari ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam perjanjian itu.

Sekian pembahasan mengenai contoh perjanjian internasional. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar