Cara Menggambar Batik Bagi Pemula

Ketika Anda menggenggam batik, pernahkah Anda membayangkan bagaimana proses terjadinya batik? Tentu saja di bayangan Anda adalah sebuah proses yang memerlukan ketekunan, kejelian dan ketelitian.

Benar, meskipun terkesan njlimet dan susah, namun sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang yang memiliki kemauan. Adapun sebelum menginjak bagaimana cara menggambar batik, mari kita bahas terlebih dahulu pengertian batik.

Batik adalah salah satu teknik melukis di atas kain. Biasanya menggunakan alat bernama canting dan malam sebagai tintanya. Proses kerjanyapun seperti yang biasa Anda lihat yakni dengan memberikan titik-titik guna membentuk pola.

Proses batik sendiri ada dua macam, yakni batik tulis dan batik cap. Batik tulis seperti yang telah dijelaskan di atas, sedangkan batik cap menggunakan cap atau stempel  yang berfungsi sebagai cetakan motif batik.

thewetfeet.wordpress.com
thewetfeet.wordpress.com

Bagi Anda yang tertarik belajar membatik, di bawah ini saya sajikan langkah-langkahnya;

  1. Membentuk Garis Dasar

Awal latihan membatik Anda dapat berlatih dengan mencoba membuat garis dasar. Garis dasar sendiri meliputi garis-garis lurus, patah-patah, lengkung dan bersilangan.

  1. Bentuk Garis-Garis Ganda

Setelah Anda membuat garis dasar, Anda bisa mencoba ke pelatihan selanjutnya dengan membuat garis-garis ganda. Adapun yang dimaksud garis-garis ganda seperti garis lurus dan tembokan, patah dan tembokan, lengkung dan tembokan, bersilangan dan tembokan.

Dari dua dasar cara mebuat batik di atas, Anda dapat mengembangkan latihan Anda dengan mencoba garis-garis dasar lainnya seperti bentuk-bentuk cecek, bentuk daun, bunga dan bentuk-bentuk eksplore lainnya hingga membentuk motif lukisan batik.

Tinggalkan komentar