30 Lebih Cara Ampuh Memutihkan Kulit Secara Alami

CARA MEMUTIHKAN KULIT – Pada umumnya meskipun sudah diberikan anugerah berupa kulit sawo matang, kebanyakan wanita Indonesia sangat terobsesi untuk memiliki kulit putih, bahkan tidak jarang upaya-upaya instan yang beresiko tinggi pun ditempuhnya demi penampilannya di hadapan lawan jenis.

Memang sih, ingin tampil cantik dan menarik itu keinginan semua wanita, tapi jangan sampai menempuh ‘jalan pintas’ yang bisa berakibat fatal, yaitu kanker kulit, karena biasanya praktek yang instan-instan itu memakai bahan yang berbahaya.

Kalau ladies mau mempercantik diri, baiknya tetap sesuai koridor dengan menggunakan bahan-bahan yang jelas khasiatnya dan (kalau bisa) yang alami. Cara ini lebih aman dan tidak berisiko sebagaimana cara instan yang tadi.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat memutihkan kulit secara aman tanpa menimbulkan efek samping dan apabila digunakan secara rutin, proses memutihkan kulit ini akan berjalan lebih cepat.

Bengkoang

ayysa.com
ayysa.com

Khasiat buah yang satu ini untuk kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Berbagai macam produk kecantikan saling berlomba untuk mempromosikan barang-barang yang dijualnya dengan membawa nama ‘Bengkoang’.

Sejak lama, manfaat yang paling terkenal dari bengkoang adalah dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit secara umum, baik itu wajah, tangan, paha dan seluruh badan.

Penggunaan bengkoang untuk perawatan kulit biasanya dipakai sebagai masker ataupun lulur.

Untuk membuat luluran bengkoang, siapkan 1 buah bengkoang ukuran sedang dan 1 buah jeruk lemon. Proses pembuatannya diawali dengan memotong dadu bengkoang setelah sebelumnya dicuci dan dikupas, kemudian potongan tadi dihaluskan dengan cara diblender. Ambil lemon tadi untuk dibelah menjadi dua, lalu peras air lemon tadi pada bengkoang yang sudah halus.

Oleskan luluran bengkoang ini pada bagian yang anda inginkan secara merata. Diamkan selama 20-25 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Rutinkan luluran bengkoang ini seminggu sekali apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Susu

ommorphia.wordpress.com

Susu segar merupakan satu minuman diantara minuman-minuman lainnya yang mempunyai banyak kandungan bermanfaat seperti vitamin, kalsium dan mineral.

Mungkin manfaat yang biasanya kita kenal susu ini hanya untuk organ dalam saja, padahal khasiat minuman yang sedap ini juga bisa untuk merawat kulit, lho.

Susu sapi segar dapat membersihkan kulit dari kotoran dan polusi dengan sangat baik. Cukup celupkan selembar tisu atau kapas ke dalam segelas susu, kemudian usapkan secara merata pada kulit wajah. Tunggu sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air segar.

Disamping itu, susu dengan kandungan asam laktat-nya berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Campurkan susu dengan sedikit tepung terigu untuk mengentalkannya, lalu oleskan luluran susu ini pada bagian tubuh yang ingin anda cerahkan, setelah sekitar 15 menit bilaslah dengan air hangat. Luluran itu juga bisa kamu tambahkan dengan perasan lemon untuk menambah lembut kulit.

Minyak Zaitun

harianlampung.co.id

Minyak zaitun sangat serbaguna, selain dapat digunakan sebagai minyak untuk menggoreng makanan, bumbu masakan dan obat herbal, minyak ini juga bisa digunakan untuk masker wajah yang berguna untuk memutihkan kulit wajahmu.

Bahkan, konon katanya minyak zaitun ini sudah digunakan untuk merawat kulit oleh Ratu Cleopatra yang terkenal akan kecantikannnya. Ratu Cleopatra dikenal memiliki kulit yang cerah, halus dan putih.

Karena memang, minyak ini mengandung vitamin E yang sangat tinggi dan sangat cocok apabila digunakan sebagai luluran atau masker wajah. Pemakaiannya pun sangat simpel, lulurkan minyak zaitun pada bagian tubuh yang diinginkan pada setiap sebelum tidur tanpa dibilas.

Lemon

fast-growing-trees.com

Penggunaan lemon sebagai pencerah kulit sebetulnya tidak terlalu signifikan, buah ini lebih manjur untuk membersihkan kulit dari noda-noda polusi, tapi tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Kalau kamu mau membuat luluran dari lemon, pastikan lemon yang kamu pakai adalah buah lemon segar. Jangan sampai lupa, karena zat yang ada di lemon cukup keras, baiknya sebelum kamu coba untuk ditaruh di wajah, tes dulu sari lemon dengan menggosoknya pada bagian lipatan siku di tangan. Biarkan dulu seharian, apabila tidak ada tanda-tanda iritasi, artinya itu aman untuk kamu gunakan. Tapi kalau tiba-tiba merasa sedikit perih, segera bilas dengan air, bisa jadi lemon tidak cocok buat kulitmu.

Kalau lemon aman buat kamu, kamu bisa langsung memeras air lemon dan menggunakan air perasannya untuk dioleskan kepada wajah dan kulit yang ingin diputihkan atau dibersihkan.

Alpukat

awesomejelly.com

Dengan kandungan biotin dan antioksidan yang ada di dalamnya, alpukat sangat ampuh untuk memutihkan dan merawat kulit.

Caranya cukup mudah, siapkan alpukat secukupnya sesuai perkiraan lalu dihaluskan. Alpukat yang sudah halus tadi bisa langsung kamu oleskan ke sekujur tubuh (kalau mau dirawat semuanya). Setelah 15 menit, kamu bisa langsung bilas sekaligus relaksasi dengan cara mandi air hangat. Hmm, bagaikan spa sendiri ya.

Untuk membuat masker wajah dari sebuah alpukat, kamu perlu menambahkan putih telur dan sedikit susu. Pertama, mix putih telur sampai berbusa kemudian tambahkan alpukat yang sudah dihaluskan bersama susu yang sudah disediakan tadi, aduk campuran hingga rata. Dengan begini, masker wajahmu sudah siap digunakan.

Jeruk Nipis

mimunmedia.com

Selain bisa digunakan sebagai obat masuk angin, pusing kepala dan batuk, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk menghaluskan dan memutihkan kulit. Bagaimana cara memanfaatkannya?

Ada dua cara, pertama dengan cara internal, yaitu dengan banyak mengonsumsi jeruk nipis (tentu saja setelah diolah menjadi minuman). Karena dengan mengonsumsi jeruk ini, vitamin C yang banyak terkandung di dalamnya akan bekerja dari dalam untuk membuat kulit menjadi halus, kencang dabn lebih cerah.

Kedua, dengan cara eksternal, yaitu dengan mengoleskan jeruk nipis ke bagian-bagian yang diinginkan secara merata.

Kulit Jeruk

memutihkan kulit dengan kuli jeruk
female.store.co.id

Tahukah kamu bahwa kulit jeruk ternyata mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya? Vitamin C merupakan antioksidan yang memiliki peran penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C yang terkandung pada jeruk juga merupakan agen bleaching alami yang bisa menghilangkan kekusaman kulit akibat dari terpapar sinar matahari.

Cara pengaplikasiannya untuk memutihkan kulit dengan kulit jeruk adalah sebagai berikut:

  1. Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering.
  2. Haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk.
  3. Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk tersebut, dan aduk sampai menjadi pasta.
  4. Oleskan pasta pada kulit wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit.
  5. Bilas menggunakan air hangat.
  6. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

lidah buaya untuk memutihkan kulit
nowyny.com

Lidah buaya mengandung aloesin, yaitu suatu zat yang bisa menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi terlihat gelap. Itulah mengapa lidah buaya banyak digunakan dalam produk-produk kecantikan.

Cara menggunakan lidah buaya untuk memutihkan kulit adalah sebagai berikut:

  1. Kupaslah kulit lidah buaya dan pisahkan gelnya.
  2. Oleskan gel lidah buaya tersebut langsung pada kulit wajah.
  3. Diamkan selama sekitar 15 menit.
  4. Bilas dengan air hangat, lalu keringkan.
  5. Untuk mencapai hasil yang maksimal, lakukanlah perawatan ini 2 kali sehari selama sebulan.

Yogurt

yogurt dapat memutihkan kulit
authoritynutrition.com

Yogurt merupakan bahan alami yang tidak diragukan lagi manfaatnya untuk merawat maupun mencerahkan kulit wajah. Vitamin B5 yang terkandung dalam yogurt memiliki manfaat untuk menyamarkan bintik-bintik hitam di kulit wajah akibat jerawat, juga berperan dalam mencerahkan kulit wajah kita.

Tidak sampai di situ saja, asam laktat dan kalsium yang dikandung oleh yogurt berperan penting dalam melembabkan kulit wajah kita dan menjaganya supaya tetap sehat dan terawat.

Cara memutihkan kulit dengan yogurt adalah sebagai berikut:

  1. Tuangkan 1 sendok makan yogurt ke dalam wadah.
  2. Tambahkan sedikit susu dan madu.
  3. Aduklah sampai tercampur rata, lalu oleskan ke seluruh kulit wajah.
  4. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Pepaya

pepaya untuk kulit
tqn.com

Pepaya kaya akan enzim papain yang bisa membantu dalam regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan di dalam buah pepaya juga mampu untuk menutrisi dan melembabkan kulit.

Pepaya merupakan tabir surya alami yang bisa menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya bisa dikonsumsi secara langsung untuk mencerahkan kulit, atau juga bisa dibuat menjadi masker dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Bersihkan pepaya dan potonglah menjadi beberapa bagian.
  2. Haluskan pepaya, lalu oleskan masker pada kulit wajah.
  3. Diamkan selama sekitar 15 menit.
  4. Bilaslah dengan air hangat.
  5. Perawatan ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Madu

madu untuk kesehatan kulit
davidwolfe.com

Madu merupakan pelembab dan antibiotik alami bagi kulit yang sekaligus bisa mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. Madu juga bisa menghilangkan bekas jerawat dan tanda-tanda penuaan pada kulit.

  1. Sediakan satu sendok makan madu.
  2. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  3. Bilaslah dengan air hangat.
  4. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mencapai hasil yang maksimal.

Ketimun

ketimun juga bisa memutihkan kulit
www.enkivillage.com

Ketimun mempunyai banyak manfaat untuk kulit. Ketimun mengandung vitamin dan mineral penting yang bisa digunakan untuk mengatasi kekusaman kulit. Ketimun juga bisa menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan bekas jerawat dan lingkar hitam di sekitar kulit wajah.

  1. Irislah ketimun dan letakkan irisan ketimun langsung pada wajah.
  2. Diamkan selama beberapa menit.
  3. Bilaslah dengan air hangat, dan keringkan.
  4. Kamu juga bisa membuat masker pencerah dari ketimun dengan memarut ketimun dan mencampurmya dengan madu.
  5. Oleskan masker tersebut merata pada wajah, dan diamkan selama 15 menit.
  6. Bilaslah dengan air hangat, dan keringkan.
  7. Lakukan perawatan ini 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pasta Almond

kacang almond untuk memutihkan kulit
merdeka.com

Kamu tentu sudah mengenal kacang almond. Kacang almond adalah keluarga kacang-kacangan yang banyak digunakan untuk membuat kue.

Kandungan proteinnya yang tinggi, menyebabkan kacang almond dapat membantu mencerahkan kulit tubuh kamu. Ingin tahu bagaimana cara membuat pasta almond? Siapkanlah terlebih dahulu beberapa bahan berikut ini:

  • Almond secukupnya
  • Kunyit
  • Susu cair
  • Alat tumbuk atau blender
  • Kuas
  • Air dingin

Cara Membuat :

  1. Bersihkan almond dan kunyit yang diperlukan
  2. Setelah bersih, rendamlah pada susu cair selama kurang lebih 12 jam
  3. Apabila sudah, keluarkan kunyit dari rendaman air susu
  4. Haluskan almond dan kunyit dengan menggunakan blender atau ditumbuk
  5. Aduk hingga merata dan sampai didapatkan tekstur seperti pasta
  6. Oleskan pasta almond tersebut ke seluruh bagian tubuh tanpa terkecuali agar hasil tidak belang
  7. Diamkan selama semalaman (oleh sebab itu, cara ini lebih baik dilakukan di malam hari sebelum tidur).
  8. Bilaslah seluruh bagian tubuh kamu dengan air dingin
  9. Ulangi cara ini sebulan 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Lulur Pepaya

masker pepaya untuk kulit wajah
kicantik.com

Pepaya telah banyak diakui dapat memutihkan kulit tubuh karena kandungannya yang sangat bermanfaat. Kandungan pepaya ialah enzim papain yang bisa dengan cepat serta efektif memutihkan kulit kamu. Untuk dapat membuat lulur pepaya, siapkanlah bahan-bahan berikut ini.

  • Pepaya mangkal (muda)
  • Pepaya matang
  • Blender
  • Air dingin

Cara Membuat

  1. Ambil pepaya mangkal yang masih hijau lalu haluskan
  2. Ambil juga pepaya yang sudah matang dan haluskan
  3. Campurkanlah keduanya dan aduk sampai merata
  4. Gosokkan lulur pepaya tersebut ke seluruh bagian tubuh hingga merata
  5. Tunggu dan biarkan lulur pepaya selama 15 sampai 20 menit
  6. Bilaslah dengan air dingin seluruh tubuh kamu sampai bersih
  7. Ulangi perawatan lulur pepaya setiap hari agar hasil yang didapatkan lebih memuaskan

Lulur Paprika

lulur paprika untuk kecantikan kulit
vemale.com

Paprika adalah hasil perkebunan yang jarang di konsumsi di Indonesia. Hanya beberapa jenis makanan yang menggunakan paprika sebagai bahan pelengkapnya.

Namun ternyata, paprika mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kulit. Paprika dapat menggantikan sel-sel kulit mati dengan lebih cepat serta menghasilkan kulit yang lebih cerah.

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lulur paprika.

  • Paprika
  • Blender
  • Kuas
  • Air dingin

Cara Membuat

  1. Haluskan paprika dengan menggunakan blender
  2. Gosokkan halusan paprika tersebut ke seluruh kulit di bagian tubuh
  3. Diamkan selama 15 sampai 20 menit
  4. Lalu bilaslah seluruh tubuh kamu dengan air dingin
  5. Ulangi penggunaan lulur paprika ini minimal 2 kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang memuaskan

Mandi Chamomile

Chamomile adalah diantara jenis bunga yang pada perkembangannya banyak digunakan menjadi bahan dasar teh. Bunga ini mempunyai ciri khas yang sangat wangi.

Ternyata bunga juga ini dapat digunakan untuk memutihkan kulit secara alami hanya dengan mandi air bunga chamomile.

Berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan.

  • Bunga chamomile / jika tidak ada kamu dapat menggunakan bubuk teh chamomile
  • Air hangat
  • Air dingin

Cara Membuat

  1. Rendam bunga chamomile pada air hangat sampai terserap semua nutrisinya
  2. Mandilah dengan air rendaman bunga chamomile tersebut dan gosokkan ke seluruh bagian tubuh
  3. Jika sudah, bilaslah dengan air dingin
  4. Ulangi penggunaan selama dua minggu sekali dan dapatkan kulit putih yang memuaskan

Cuka Apel

manfaat cuka apel untuk kulit
alodokter.com

Banyak orang yang tidak tahan dengan aroma asam yang kuat dari cuka apel. Tapi siapa sangka asam yang terkandung dalam apel dapat membantu regenerasi kulit yang baru dan mengikis sel kulit mati.

Cuka apel juga dapat mengurangi minyak berlebih dan mengurangi peradangan pada kulit. Untuk mencerahkan kulit anda dapat membuat toner dari cuka apel dengan langka – langkah sebagai berikut :

  1. Campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air
  2. Celupkan kapas pada larutan tersebut
  3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit
  4. Bilas dengan air hangat
  5. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

Tomat

tomat untuk kesehatan kulit
programfitnes.com

Tomat yang biasa kita temui di dapur ternyata berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah dan dapat pula digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Lycopene, senyawa antioksidan yang terkandung dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Lycopene juga dapat menutrisi kulit dan membuatnya cerah berseri.

Untuk mendapatkan manfaatnya, anda dapat membuat masker dari tomat dan mengaplikasikannya pada wajah secara langsung.

Kentang

kentang untuk kecantikan kulit kamu
pedulisehat.info

Untuk urusan merawat dan memutihkan kulit wajah, kamu bisa menggunakan kentang. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam menyamarkan flek/ bintik hitam yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada kentang juga berperan sebagai pencerah wajah kusam yang diakibatkan oleh flek hitam maupun minyak berlebih.

  1. Siapkan 1 buah kentang berukuran sedang, lalu kupas kulitnya
  2. Rebus kentang hingga matang
  3. Potong kentang kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam wadah
  4. Kemudian haluskan hingga menyerupai pasta
  5. Tambahkan 1 sendok makan susu
  6. Tambahkan minyak zaitun (opsional)
  7. Aduk hingga tercampur rata, lalu aplikasikan langsung pada wajah anda
  8. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat

Cara Memutihkan Kulit bagian Tubuh

Langkah Pertama, pastikan untuk membersihkan kulit secara menyeluruh minimal 2x sehari menggunakan kain lembut dan sabun.

Basuh kulit menggunakan sabun kemudian mengelapnya dengan kain lembut sehingga kulit bersih dari sabun. Intinya, kain lembut dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit tubuh kita.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yakni buah tomat dan air jeruk nipis di kulit setiap pagi sebelum mencuci muka secara teratur, caranya sebagai berikut :

  1. Blender sepotong tomat dengan campuran segelas air jeruk nipis.
  2. Setelah selesai, tempatkan hasil blenderan tersebut pada satu wadah
  3. kemudian, oleskan lapisan masker ini tipis-tipis pada kulit dan biarkan selama 10-15 menit.
  4. Jika masker masih ada sisa, kamu bisa menyimpannya dalam tempat yang tertutup rapat selama seminggu untuk bisa digunakan kembali, usahakan menempatkannya dalam kulkas.

langkah Kedua, bersihkan masker  menggunakan air bersih dan sabun serta kain lap. Ketahuilah kalau jeruk nipis merupakan asam alami, terkadang terasa menyengat pada kulit kamu atau timbul rasa perih.

Gejala itu wajar, memang ketika kamu menggunakannya pertama kali akan terasa seperti itu dan itu adalah gejala yang normal-normal saja. Jika kamu menggunakan secara teratur, maka kulitmu akan terbiasa dan tidak menimbulkan sensasi perih sebelum menggunakan jeruk nipis itu.

Ketiga, sebelum tidur, jangan lupa untuk memakai masker lemon dan masker madu. Campuran antara satu sendok teh madu dengan satu sendok teh air lemon sesuai takaran.

Kemudian, oleskan pada kulit anda dan biarkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah itu, basuh menggunakan air hangat. Madu mempunyai kasiat untuk melembabkan kulit sedangkan lemon bermanfaat untuk memutihkan kulit dan melepaskan sel kulit mati.

Keempat, Gunakan gel atau lendir lidah buaya organik 2x sehari (pagi dan malam) setelah kamu membersihkan kulit. Lidah buaya berfungsi untuk melembabkan kulit, menyembuhkan luka, iritasi pada kulit, dan mencerahkan kulit.

Kelima, Pelepasan lapisan bagian luar kulit menggunakan minyak Zaitun dan gula pasir. Campur satu sendok makan gula pasir dan satu sendok makan minyak zaitun, buatlah seperti cream.

Gunakan jari kamu untuk menggosokkan ke kulit dengan gerakan memutar. Hati-hati untuk kulit yang ada di sekitar mata, jangan sampai pasta terkena mata karena jika terkena mata maka terasa perih.

Cara ini akan berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di lapisan permukaan kulit, mendorong pertumbuhan kulit baru, dan membuat kulit terlihat lebih segar.

Keenam, Lemon jus dan putih telur bisa kamu gunakan untuk membuat krim pemutih kulit secara alami di rumah, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ambilah jus lemon dan putih telur dengan takaran yang sama
  2. Campurkan kedua bahan diatas dan panaskan di wajan kecil
  3. Tunggu hingga campuran berubah menjadi semi-padat
  4. Setelah semi-padat, selanjutnya keluarkan krim tersebut dari wajan dan simpan di dalam toples
  5. Masukan ke dalam kulkas sampai dingin
  6. Oleskan krim tersebut pada kulit di tubuh kamu, kemudian tunggu sampai 15 menit sebelum dibilas.

Catatan : Cara di atas sangat efisien dan efektif untuk menghilangkan flek hitam akibat sinar matahari. Gunakan krim ini secara teratur sampai Anda mendapatkan warna kulit putih bersih yang kamu inginkan.

Cara Memutihkan Kulit Bagian Wajah

Pertama :  Memutihkan wajah dengan Bengkoang

Kamu bisa memnggunakan masker dan lulur dari buah bengkoang untuk menghaluskan dan memurihkan kulit anda. Karena bengkoang terkandung kalsium alami dan memiliki vitamin, yang dapat membuat kulit anda lebih sehat, putih, bersih dan segar.

Kedua :  Memutihkan wajah dengan Jeruk Nipis Secara Alami

jeruk nipis Selain bisa dijadikan sebagai minuman atau penyedap makanan, jeruk nipis juga bisa kamu manfaatkan untuk membantu memutihkan kulit dengan cara mengusapkan potongan jeruk nipis pada bagian tubuh yang di inginkan, seperti pada wajah dan tentunya yang memiliki bekas jerawat.

Ketiga : Memutihkan wajah dengan buah pisang dan madu

Ambil satu buah pisang ambon, kupas dan haluskan. Tambahkan madu satu sendok teh lalu aduklah rata.

Oleskan pada seluruh bagian wajah kamu termasuk leher dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bersihkan dengan air dingin.

Lakukan hal ini rutin sekali dalam sehari dan menghasilkan kulit wajah akan terlihat lebih putih dan halus.

Keempat : Memutihkan wajah dengan buah Alpukat

Buah Alpukat mengandung mineral, vitamin dan minyak yang bisa membantu mu untuk memutihkan dan memperkencang kulit.

Kamu bisa memanfaatkan bagian dalam kulit alpukat yang mampu melindungi kelembaban kulitmu. oles dan gosok dengan lembut pada bagian wajah yang ingin tampak lebih putih, dan bersihkan dengan air setelah 10 menit.

Teh Hijau

Teh Hijau
drwox.com

Teh hijau mengandung zat antioksidan yang terbilang mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Selain itu teh hijau juga terbukti dapat mempercepat pembentukan sel kulit baru serta megenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya yaitu:

  • Pertama rendam terlbih dahulu  daun teh hijau ke dalam air panas (min 80oC) selama kurang lebih 5 – 10 menit.
  • Kedua celupkan kapas (boleh juga mneggunakan cotton bud) ke dalam larutan teh hijau yang telah dingin dan oleskan merata pada wajah.
  • Ketiga apabila Anda dalam prakteknya menggunakan teh celup maka rendam kantong teh tersebut dengan air panas (min 80oC) selama 3 – 5 menit.
  • Keempat yaitu tiriskan kantong the yang telah digunakan dan langsung gosokkan dengan lembut pada wajah.

Jika Anda dalam prakteknya juga memiliki bubuk teh hijau maka Anda dapat melakukan cara di bawah ini:

  • Pertama jadikan bubuk teh hijau tersebut mejadi pasta pasta yaitu dengan mencampurkan 1 sendok bubuk daun teh hijau ditambah dengan 1 sendok air ke dalam mangkuk atau gelas.
  • Kedua oleskan pasta tersebut pada area wajah. Jangan mengenai bibir dan mata.
  • Ketiga pijat wajah dengan arah memutar dengan lembut selama kurang lebih  2 – 3 menit. Lakukan hal seperti ini minimal 3 kali seminggu.

Beras

Beras Putih
iacpublishinglabs.com

Di dalam beras mengandung dua senyawa yang yang baik dalam melindungi kulit dari kerusakan sekaligus dapat berefek terhadap kecerahan kulit. Nama senyawa tersebut ialah asam ferulic dan allantoin.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah saat mencuci dan membersihkan beras maka manfaatkan air cucian tersebut. Lalu tuangkan air beras pada sebuah mangkuk dan biarkan saja dulu air tersebut mengendap.

Kemudian endapan yang terbentuk dari air cucian beras tersebut maka dapat dimanfaatkan sebagai masker di area wajah.

Cara membuatnya:

  • Pertama campurkan 4 sendok makan beras putih dengan air dingin (bukan air es)  ke delam sebuah mangkuk
  • Kedua kocok atau aduk mangkuk  tersebut hingga airnya berwarna putih susu.
  • Ketiga celupkan kapas (cotton bud) ke dalam air beras tersebut.
  • Keempat oleskan pada area wajah dan diamkan dulu semntara  selama 15 – 30 menit.
  • Terakhir ialah basuh area wajah dengan air dingin (bukan es) dan keringkan. Lakukan cara tersebut minimal 3 kali seminggu. Lihat hasilnya.

Putih Telur

Putih Telur
wikimedia.org

Mungkin bagi sebagian orang terutama wanita bahan satu ini masih terasa dan bahkan kelihatan aneh jika kita gunakan untuk perawatan. Sesungguhnya ketahuilah bahwa putih telur telah banyak dimanfaatkan sebagai masker muka oleh beberapa perempuan  di Jepang serta Korea, mulai dari kecil hingga yang sudah tua.

Meski baunya begitu amis, akan tetapi kandungan protein yang tinggi dapat menolong mempercepat pergantian sel kulit baru atau meregenerasi kulit secara cepat

Cara memutihkan muka atau wajah dengan putih telur alami :

  • Pertama sediakan terlebuh dahulu telur ayam atau bebek, dalam masalah terlur ini lebih bagus gunakan ayam kampung.
  • Kedua pecahka dan pisahkan antara putih dan kuning telurnya.
  • Ketiga kocok putih telur tersebut hingga berbusa serta berwarna putih.
  • Keempat berikan sedikit madu agar mengurangi bau amis pada telur. (optional).
  • Keempat berikan secara rata keseluruh pada area muka atau wajah setelah selesai mandi.
  • Dan kelima diamkan dahulu selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu  basuh dengan air hangat atau air dingin (bukan es).

Cara Memutihkan Kulit dengan Ramuan Tradisional

ramuan.com
ramuan.com

Para wanita tentu ingin sekali memiliki kulit yang putih, halus dan lembut. Wanita selalu mendambakan kulit yang halus, putih dan lembut, karena dengan kulit yang putih kecantikannya akan semakin terpancar. Banyak cara untuk membuat kulit menjadi putih, halus dan lembut.

Kita tentu sering melihat tayangan-tayangan komersil di televisi yang menyuguhkan produk-produk kecantikan, salah satunya produk untuk memutihkan kulit. Cara ini memang cukup simpel, kamu hanya membeli produk tersebut lalu memakainya. Tapi untuk mendapatkan produk yang berkualitas tentu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang putih bersinar bisa dengan ramuan tradisional yaitu bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Dengan menggunakan ramuan tradisional alami kulit akan lebih aman dan terhindar dari iritasi, beda halnya jika menggunakan produk-produk yang berbahan kimia, jika kulit tidak cocok, maka akan terjadi kerusakan pada pori-pori dan iritasi pada kulit.

Cara memutihkan kulit yang pertama yaitu dengan membuat lulur dari buah alpukat. Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa memutihkan dan mencerahkan kulit dalam waktu yang relatif cepat. Bukan saja memutihkan, sifat antioksidannya juga membuat kulit kencang dan halus.

Cara membuat lulur dengan buah alpukat cukup mudah. Kamu hanya perlu menglauskan alpukat dengan cara di blender, setelah itu campur dengan jeruk nipis, kemudian adu-aduk sampai rata. Setelah rata, ambil lulur alpukat tadi dan oleskan ke bagian kulit yang kamu inginkan, seperti wajah, tangan atau anggota tubuh lainnya. Setelah itu diamkan sampai mengering, kemudian barulah kamu bilas dengan air bersih. Kamu akan merasakan perbedaannya, kulitmu akan lebih kencang, cerah dan putih.

Cara kedua, kamu bisa menggunakan putih telur sebagai pemutih kulit alami. Cara membuah ramuanya, pertama kamu pisahkan terlebih dahulu putih telurnya, lalu campurkan air jeruk nipis, kemudian kocok sampai merata. Setelah tercampur rata, panaskan kedua bahan tadi sampai mendidih. Diamkan sampai dingin dan berbentuk krim, baru kamu bisa mengoleskannya ke kulit wajah dan lainnya sebelum mandi. Tunggu selama sepuluh menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Cara ketiga, kamu bisa memanfaatkan buah bengkoang untuk membuat ramuan tradisional pemutih kulit. Sudah hal yang umum bahwa bengkoang memiliki khasiat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, bahkan bengkoang banyak digunakan sebagai bahan dari produk-produk kecantikan.

Nah cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu memarut benggoang. Setelah dirasa cukup, oleskan pada kulit wajah atau anggota tubuh lainnya. kemudian diamkan selama lima belas menit, baru kamu bisa membilasnya dengan air bersih. Supaya lebih efektif, kamu bisa memakainya sebelum mandi, dengan begitu kulit kamu akan lebih segar, cerah dan putih.

Setelah kamu mencoba cara tradisional di atas, pastikan kamu juga harus selalu menjaga pola hidup sehat. Seperti, setelah beraktifitas hendaknya bersihkan wajah terlebih dahulu, bisa dengan cara berwudu. Kita tahu bahwa kegiatan di luar rumah akan banyak polusi yang menempel di kulit, jadi jika tidak segera di bersihkan akan menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

Ketika mandi hendaklah menggosok kulit dan sela-sela kulit seperti pergelangan tangan, kaki, leher dan lain sebagainya. Karena disana tempat menempelnya daki dan bakteri, sehingga menjadikan kulit kusam.

Demikianlah cara memutihkan wajah dengan ramuan tradisional, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba khasiat bahan-bahan alami dan tentunya tidak ada efek samping.

Masker Alpukat dan Madu

masker-alpukat-dan-madu
www.pacificmerchants.com

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat dapat melindungi kulit dari paparan radiasi sinar matahari. Buah alpukat juga dapat menghaluskan dan melembabkan kulit. Sementara madu merupakan bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit.

Dua bahan alami ini merupakan kombinasi yang sangat tepat untuk memperoleh kulit putih dan cerah. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah dengan membuat masker wajah dari alpukat dan madu tersebut.

Kalau kamu belum terbiasa membuat masker sendiri di rumah, berikut kita rangkumkan untuk cara pembuatan dan pemakaiannya untuk kamu.

1. Siapkan madu dan buah alpukat.
2. Ambil daging alpukat dengan sendok, lalu masukkan ke dalam wadah.
3. Haluskan daging alpukat, masukkan satu sendok makan madu kemudian campur sampai merata.
4. Kalau ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan sedikit perasan emon ke dalam campuran tadi.
5. Gunakan hasil campuran tersebut untuk masker wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
6. Bilas dengan air hangat.
7. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Lobak

lobak
www.onlyfoods.net

Selama ini lobak hanya dikenal sebagai bahan makanan. Namun dibalik tampilannya yang sederhana, lobak ternyata memikili khasiat lain yaitu memutihkan kulit secara alami. Khasiat ini juga belum lama diketahui. saat ini sudah banyak yang menggunakan lobak untuk memutihkan kulit, terutama kaum perempuan.

Agar hasilnya lebih optimal untuk memutihkan kulit, dianjurkan mencampur lobak dengan minyak zaitu dan perasan jeruk nipis.

Berikut langkah-langkah untuk memutihkan kulit dengan lobak:

1. Siapan lobak, minyak zaitun serta jeruk nipis.
2. Haluskan lobak menggunakan blender atau bisa juga diparut sampai halus.
3. campur parutan lobak dengan jeruk nipis dan minyak zaitun, aduk sampai semua bahan tercampur rata.
4. Lulurkan ke bagian kulit yang diinginkan, baik wajah atau bagian kulit lainnya.
5. Diamkan selama kurang lebh 30 menit.
6. Bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

Scrub dengan Kopi dan Gula

scrub-kopi-dan-gula
www.magic4walls.com

Kopi dikenal dengan kandungan kafein yang sangat tinggi. Kandungan kafein inilah yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk itu kopi bisa jadi alternatif bagi yang ingin memutihkan kulit.

Akan tetapi, memutihkan kulit dengan kopi saja tidaklah cukup. Kamu musti mencampurnya dengan gula agar bisa digunakan sebagai scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Siapkan kopi bubuk murni.
2. Campur dengan air hangat serta dua sendok teh gula pasir.
3. Balurkan ke seluruh wajah sebagai masker wajah.
4. Gosok pelan-pelan agar kandungannya merasuk ke dalam kulit wajah. Biarkan selama 10-15 menit.
5. Basuh wajah dengan air hangat.
6. Keringka wajah menggunakan handuk halus.

Rutin Membersihkan Tubuh

membersihkan-tubuh
www.wikihow.com

Berbagai perawatan kulit di atas tetap harus dibarengi dengan rutin membersihkan kulit. Semaksimal apapun kamu melakukan perawatan kulit jika tidak dibarengi dengan rajin memberihkan kulit maka hasilkan tidak akan optimal.

Agar tubuh selalu bersih dari debu, kotoran serta polusi selama beraktivitas, kamu harus mandi setidaknya 2 kali dalam sehari. Mandi juga bisa membuat tubuh terasa segar sehingga aktivitas bisa lebih produktif.

Perhatikan juga penggunaan sabun serta sponge. Penggunaan sabun yang tidak cocok dengan kulit serta sponge yang kasar dapat merusak sel-sel kulit terluar sehingga terjadi iritasi kulit. Sebelum memutuskan menggunakan sabun, sebaiknya coba dulu beberapa hari, kalau cocok maka bisa digunakan untuk untuk seterusnya. Begitu juga dengan penggunaan sponge, sebaiknya dicoba dulu beberapa kali.

Lulur Beras Ketan

royco.co.id

Beras ketan atau nama ilmiahnya Oryza sativa merupakan salah satu jenis beras yang banyak tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Timur. Beras ketan banyak digunakan pada berbagai resep makanan di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur.

Di Burma, beras ketan disebut dengan nama kao hnyin, di Filipina terkenal dengan nama malagkit yang artinya legit. Di Indonesia sendiri beras ketan termasuk bahan yang penting dalam banyak resep makanan. Contoh hidangan yang biasa menggunakan beras ketan diantaranya ketupat, lemper, bubur ketan hitam, dodol, once-onde, lupis, wingko babat, brem, dan rangginang.

Beras ketan bisa kamu manfaatkan juga untuk memutihkan kulit dengan cara membuatnya sebagai luluran. Beras ketan memang mengandung banyak vitamin E yang sangat baik untuk nutrisi kulit dan membuat kulit kamu semakin cerah.

Ekstrak dari beras ketan juga banyak mengandung kolagen yang tentunya bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit. Terdapat squalene oil yang bisa menjaga kelembapan kulit kamu.

Cobalah dengan rutin menggunakan lulur beras ketan untuk merawat kulit kamu sehingga tampak lebih putih dan cerah. Selain itu, luluran dengan beras ketan juga bisa membuat kulit kamu tampak lebih muda, lembut dan halus.

Asam Jawa

Manfaat Asam Jawa
deherba.com

Asam dengan rasa masamnya yang khas ternyata menyipan banyak manfaat. Asam jawa biasa digunakan sebagai bumbu masakan misalnya pada sayur asam atau kuah pempek. Asam jawa juga banyak digunakan oleh penjual jamu tradisional yaitu jamu gendong.

Asam jawa mempunyai nama ilmiah Tamarindus indica. Buah asam jawa yang sudah tua dan dikeringkan biasa disebut dengan nama asem kawak.

Selain sebagai bumbu masakan, asem jawa juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan. Asem kawaka tau asam tua yang sudah dikeringkan bisa digunakan sebagai bahan sirup, gula, selai maupun jamu.

Asam jawa banyak juga digunakan sebagai obat-obatan tradisional, mulai dari daunnya sampai buah asamnya  mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Salah satu khasiat asam jawa diantaranya bisa untuk memutihkan kulit. Ya, asam jawa cukup bermanfaat untuk urusin perawatan kecantikan kaum hawa. Asam jawa bisa dibuat menjadi lulur untuk mencerahkan kulit.

Asam jawa bisa mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati dengan kandungan AHA yang terdapat pada daging buah asam jawa.

Asam jawa ini sangat mudah kamu temukan, cobalah menggunakan luluran dari asam jawa untuk membuat kulit kamu semakin putih cantik dan halus.

Ramuan Temulawak

bahanalam.com

Temulawak atau Curcuma xanthorhiza tergolong kedalam keluarga temu-temuan. Temulawak banyak terdapat di Pulau Jawa, tapi kemudian banyak menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan kawasan Malesia.

Orang sunda biasa menyebut temulawak dengan nama koneng gede, sedangkan orang Madura biasa menyebutnya dengan nama temu labak. Temulawak bisa tumbuh dengan optimal pada daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 m dpl.

Temulawak banyak digunakan sebagai obat tradisional. Rimpang temulawak banyak digunakan untuk membuat jamu godog. Manfaat lain dari temulawak misalnya untuk menghilangkan jerawat, anti kolestrol, menambah nafsu makan, mencegah kanker dan untuk memutihkan kulit.

Temulawak bisa digunakan untuk memutihkan dan menghaluskan kulit kamu. Mulai sekarang, jangan khawatir lagi dengan kulit hitam atau kusam. Cobalah menggunakan ramuan temulawak untuk memutihkan kulitmu.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, pertama iris-iris temulawak yang segar. Kemudian tempelkan pada wajah atau bagian kulit kamu yang lain. Lakukan hal ini dengan rutin dan rasakan perbedaannya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment