Fakta Unik dan Informasi Seputar Burung Unta

BURUNG UNTA adalah salah satu hewan kuno yang masih hidup sampai saat ini. Burung dengan ketinggian rata-rata 2,5 meter dan berat hingga 150 kilogram ini tidak dapat terbang dan termasuk dalam kumpulan burung primitif yang kurang dikenal (Plaeognaths).

Burung raksasa ini juga menjadi tunggangan pada saat perlombaan peringatan acara-acar tertentu di daerah Afrika Utara dan Arab. Burung besar dengan nama ilmiah Struthio camelus ini tersebar hampir diseluruh dunia.

Awalnya burung ini berasal dari Sabana dan bagian gurun Afrika Utara dan Selatan zona hutan khatulistiwa, namun kini Burung Unta mulai dibudidayakan diberbagai tempat diseluruh dunia untuk diambil bulunya sebagai hiasan, kulitnya dipakai sebagai bahan tekstil serta dagingnya juga dijual secara komersial.

Hewan beradarah panas ini mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu tebal dengan fungsi sebagai keranjang udara, paruhnya tidak begerigi dan lancip. Ciri khusus yang dimiliki Burung Unta adalah leher dan kaki yang panjang serta kecepatan berlarinya yang sangat cepat dibandingkan dengan spesies burung lainnya yaitu mencapai 70 km/jam.

Burung Unta betina terkenal dengan cara bersarang bergerombol, dimana ada beberapa burung unta yang akan bertelur pada satu waktu dalam satu sarang. Merekapun memiliki cara mengerami telur yang unik, burung unta betina hanya akan mengerami telurnya pada saat siang hari sedangkan unta jantan akan berganti mengerami pada saat malam tiba.

Makanan utama burung unta terdiri atas akar, daun dan biji-bijian, tapi banyak burung unta juga memakan semua yang ada disekitar mereka. Tidak jarang mereka juga memakan serangga, ular, kadal ataupun hewan pengerat. Untuk memenuhi kebutuhan akan air, burung unta jarang sekali mengonsumsi air karena jenis burung ini dapat menahan haus hingga berhari–hari lamanya. Walaupun jarang sekali minum, hewan ini sangat suka bermain-main di air.

Kebiasaan unik yang lain dari burung besar ini adalah menelan kerikil untuk membantu proses pencernaan dalam tubuhnya. Burung unta dewasa dapat membawa 1 kilo kerikil dalam perut mereka dan tetap beraktifitas normal seperti biasanya.

Burung purba ini juga merupakan binatang darat yang memiliki bola mata terbesar di dunia dengan diameter sekitar 5 cm. Ciri lainnya adalah burung raksasa ini memiliki panggilan khas untuk gerombolannya berupa auman yang mirip dengan singa dan merekapun akan mendesis bila merasa terancam dengan lingkungannya.

Tinggalkan komentar