Buat Kamu yang Suka Begadang, Ketahui 10 Fakta Berikut Ini

Tugas yang menumpuk, lembur kerja, atau asyik dalam bermain gadget, adalah hal-hal yang sering dialami banyak orang. Hal-hal tersebut mengakibatkan seseorang tidur larut malam, atau yang kita sebut dengan begadang. Waktu malam yang seharusnya dijadikan sebagai waktu melepas penat, justru digunakan sebagai waktu beraktivitas.

Kamu juga tipe orang yang suka begadang? Ketahui fakta-fakta di bawah ini.

 

Orang yang begadang sering terlambat ke mana-mana karena bangun kesiangan

Telat bangun
platform.gr

Orang yang begadang tentu tidur malam harinya terlalu larut sehingga menyebabkan dirinya bangun kesiangan. Saat bangun pun hawa kantuk masih menyertainya. Saat sarapan, ia berlambat-lambat dan tidak fokus. Atau tergesa-gesa, dan tetap tidak fokus. Hal ini mengakibatkan dirinya telat ketika masuk kerja, sekolah, atau ketika ada janji bertemu dengan orang lain.

Orang yang begadang justru semangat berkarya saat malam hari

Semangat pada malam hari
express.co.uk

Biasanya, orang yang begadang memang lebih semangat bekerja, berkarya, berpikir saat malam hari. Maka tidak heran jika mereka suka tidur larut malam. Sebab saat siang hari, seakan otaknya tidak mau diajak bekerja.

Orang yang begadang sering lupa makan, namun rajin minum kopi

Lupa makan
wikihow.com

Rata-rata orang yang hobi begadang lupa makan karena terlalu asyik dengan apa yang ia kerjakan. Sebaliknya, ia banyak minum kopi agar tetap terjaga hingga larut malam. Saat perut keroncongan, mereka baru ingat makan.

Orang yang begadang cenderung pasif dalam kehidupan sehari-hari

Mengantuk di kelas
newsela.com

Sebenarnya ia mempunyai banyak ide, tetapi ia malas mengutarakannya. Ia butuh butuh pancingan untuk bisa mengatakannya. Hal ini karena kurangnya intensitas tidur di malam hari sangat menguras tenaga dan pikiran mereka sehingga cenderung ‘kurang aktif’ dalam kehidupan sehari-hari.

Orang yang begadang sering kehilangan konsentrasi

Fokus
zeronomy.com

Orang yang begadang sering tidak fokus karena energinya terkuras saat malam hari, waktu yang seharusnya digunakan oleh tubuh untuk istirahat.

Orang yang begadang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem imun
08csr.com

Terjaga hingga larut malam dapat menghancurkan sel-sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih sangat berguna bagi kekebalan tubuh sehingga sistem imun. Oleh karenanya, sistem kekebalan tubuhmu akan melemah jika sering begadang.

Orang yang begadang rawan terkena diabetes

diabetes
bunte.de

Orang yang begadang akan akan rusak keseimbangan hormon tubuhnya. Hal ini dapat membuat tubuhnya tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin dalam tubuh menurun. Alhasil, orang yang sering begadang akan beresiko terkena diabetes.

Orang yang begadang memiliki ‘mata panda’

Mata panda
selingkaran.com

Mata terlihat sayu-sayu ngantuk, tetapi semangat. Pada lingkar luar matanya terdapat kantung warna hitam mirip seperti panda. Mereka berpenampilan layaknya orang bingung tetapi ketika diajak berbicara ternyata ia memiliki banyak pengetahuan. Kira-kira begitulah orang yang hobi begadang.

Orang yang begadang sering sakit kepala

Pusing
spoki.tvnet.lv

Setiap kali seseorang tidur larut malam, ia akan bangun pagi dengan perasaan panik dan tergesa-gesa, saat itu otak telah mengalami gegar otak kecil. Jika diteruskan, otak akan mengalami kerusakan secara perlahan.

Orang yang begadang rawan obesitas

Obesitas
healthydunia.com

Orang yang begadang rawan terkena obesitas karena jika tubuh tidak tidur selama minimal 6 jam di malam hari, metabolisme lemak akan terganggu. Selain itu, semakin sering begadang, seseorang akan cenderung lapar dan meningkatkan porsi makan. Padahal, pola makannya pun tidak teratur. Hal ini tidak baik bagi kesehatan.

Leave a Comment