8 Fakta Menarik tentang Buah Apel

Buah merupakan salah satu makanan yang biasanya menjadi pendamping makanan utama. Buah juga bisa dibuat menjadi minuman atau cemilan. Salah satu buah yang banyak digemari oleh orang-orang di dunia adalah apel.

Lihat juga: 9 Jus Buah Ini Bisa untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Apel berbentuk bulat dan biasanya berwarna hijau atau merah. Apel memiliki daging berwarna putih dan rasanya manis. Buah ini biasanya tumbuh di dataran tinggi. Apel mudah sekali dijumpai, kamu bisa membelinya di pasar tradisional atau di supermarket. Apel selain rasanya enak ternyata juga baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi apel secara rutin akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Lihat juga: 8 Alasan Mengapa Buah Apel Sangat Baik untuk Kesehatanmu

Ingin mengenal lebih dekat tentang buah yang dijadikan nama merk sebuah perusahaan handphone terkenal di dunia? berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang apel.

 

Kadar Air Tinggi

clipartzebra.com
clipartzebra.com

Ketika kamu menggigit apel, biasanya akan muncul sedikit busa yang menambah kesegaran buah ini. Apel memiliki kandungan air antara 15 sampai 25 persen. Selain membuat rasanya menjadi lebih segar, nutrisi yang terkandung pada air di dalam apel sangat baik untuk kesehatan. Kadar air yang tinggi juga membuat apel akan melayang ketika dimasukkan ke air.

Terdapat lebih dari 7000 Jenis

peterlachnewinsky.wordpress.com
peterlachnewinsky.wordpress.com

Mungkin yang sering kita temui hanyalah beberapa jenis saja, misalnya seperti apel amerika yang berwarna merah dan apel malang yang warnanya hijau muda. Terdapat 7000 lebih spesies buah ini. Sekitar 2500 telah dibudidayakan di Amerika Serikat. Sebanyak 100 jenis apel sekarang sudah dikomersilkan di Amerika Serikat.

Diet Apel

www.kamdora.com
www.kamdora.com

Banyak sekali jenis diet yang ada populer di masyarakat. Salah satunya adalah diet dengan mengkosumsi buah-buahan. Diet jenis ini biasanya dijalankan dengan mengurangi asupan makanan harian dan menggantinya dengan makan buah. Buah yang menjadi salah satu favorit untuk diet ini adalah apel, buah apel memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, sehingga bisa membuat perut merasa lebih kenyang ketika memakannya.

Kulit apel ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Kulit apel mengandung senyawa ampuh yang dapat membakar lemak.

Pomology

missramosclassroom.weebly.com
missramosclassroom.weebly.com

Biasanya segala kata dengan akhiran gy mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan. Misalnya geology yang mempelajari tentang batuan, biology yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lain sebagainya.

Karena kepopuleran apel, para ilmuwan banyak yang meneliti tentang apel. Sehingga terciptalah ilmu pengetahuan khusus untuk apel yang bernama pomology.

Phobia dan Alergi Apel

www.delish.com
www.delish.com

Tidak semua orang menyukai apel, beberapa diantaranya ada yang takut dan alergi pada apel. Ketakutan pada apel biasanya disebut dengan Malusdomesticaphobia.

Alergi pada apel menurut para peneliti disebabkan karena serbuk sari yang menempel pada buahnya. Para peneliti berkeyakinan bahwa orang tidak akan alergi terhadap kandungan yang terdapat pada apel.

Makanan Manusia Sejak 6000 Tahun Lalu

www.lucasbrouwers.nl
www.lucasbrouwers.nl

Para arkeolog telah melakukan penelitian tentang makanan manusia jaman dahulu termasuk apel. Ternyata apel telah menjadi salah satu makanan manusia sejak 6500 tahun sebelum masehi.

50 Daun untuk 1 Apel

wallpaperscraft.com
wallpaperscraft.com

Tempat pusat makanan bagi tumbuhan adalah bagian daunnya. Daun layaknya sebuah dapur bagi tumbuhan untuk memasak makanan. Makanan kemudian disalurkan keseluruh bagian tumbuhan untuk dijadikan energi.

Ternyata untuk mendapatkan energi yang cukup dalam pertumbuhan 1 buah apel dibutuhkan sekitar 50 lembar daun pohon apel.

5 Tahun Untuk Berbuah

www.gardenguides.com
www.gardenguides.com

Ketika awal kamu menanam buah apel, jangan harap bulan depan atau setahun lagi kamu sudah bisa menikmati buahnya. Untuk berbuah, pohon apel membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 tahun mulai dari awal penanamannya.

Leave a Comment