5 Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan maupun Ibu Rumah Tangga. Walau Modalnya Kecil, Tapi Jangan Remehkan Potensinya

Apakah kamu sekarang sedang berprofesi sebagai karyawan? Atau ada di rumah saja sebagai ibu rumah tangga? Untuk meningkatkan ekonomi keluarga, kamu bisa mulai untuk melakukan bisnis sampingan. Banyak hal yang bisa dibisniskan. Meski kamu hanya memiliki modal kecil tapi jika tekun melakukannya, bukan mustahil bisnismu ini bisa berkembang makin besar.

Jangan remehkan juga dengan bisnis kecil-kecilan yang hendak kamu mulai ini. Karena sudah banyak bukti yang menunjukkan jika dikelola dengan sungguh-sungguh, insyaallah akan memberi income yang lumayan. Lihat berikut ini contoh ide bisnis sampingan dengan potensi besar.

 

Jual Pulsa

cari jodoh via whatsapp
Mulanya mungkin kamu hanya menjual pulsa ke orang-orang di sekitarmu. Lalu lambat-laun makin banyak yang menjadi konsumen setiamu dan mungkin kemudian kulakan pulsa padamu. Sehingga bisnis ini pun kian besar.

Ya, bisnis jualan pulsa bisa kamu mulai awalnya sebagai bisnis sampingan. Dengan modal kecil kamu sudah bisa memulainya.

Contoh yang berhasil menjalankan bisnis jual pulsa ini seperti Muhammad Najib Ghoni. Ia berhasil menghasilkan omset jualan pulsa sampai milyaran rupiah per bulannya. Meski margin keuntungan yang diambil tidak besar, tapi dengan akumulasi penghasilan yang mencapai milyaran rupiah, ya besar juga untungnya.

Buka Bisnis Laundry

http://www.garmentmachinery.com/
http://www.garmentmachinery.com/

Mungkin kamu bisa mulai dari satu mesin cuci dulu. Asal punya tempat usaha yang berada di pinggir jalan dan kualitas pelayanan yang kamu berikan bagus, makin lama bisnis laundry yang kamu lakukan bakal makin terkenal. Dengan begitu bisnis yang kamu jalani ini pun akan meningkat pesat.

Salah satu contoh yang berhasil dari bisnis laundry ini adalah Rahajeng Sasi Kirana. Dulunya ia memulai usaha Sun Pretty Laundry saat masih kerja sebagai ngurusi akunting di LBB Primagama Yogyakarta. Itu pun cuma dengan modal Rp 2 juta plus mesin cuci yang dipinjam dari ibunya.

Tapi kini, usaha yang dirintisnya pada tahun 2010 itu sudah punya puluhan cabang di berbagai kota seperti Surabaya, Semarang, Surabaya, Jakarta, dan Makassar.

Buat Katering Kecil-Kecilan

majapahitacademyoftourism.blogspot.com
majapahitacademyoftourism.blogspot.com

Kalau kamu pandai memasak, mengapa nggak coba salurkan kehalianmu ini untuk buat katering kecil-kecilan. Nggak butuh modal besar, karena kamu bisa gunakan peralatan memasak yang ada di dapurmu selama ini. Yang penting kamu cari konsumen lebih dulu. Baru deh bikinin makanan seperti yang dipesan.

Usaha rumahan kayak gini bisa gede. Contohnya sepeti yang dilakukan Nelfiati Andriani. Dulu ia memulai usaha kateringnya itu saat masih jadi PNS. Berkat ketekunannya kemudian usaha Puri Pertiwi Katering itu pun bisa berkembang pesat.

Jual Kendaraan Bekas

thenakedrider.wordpress.com
thenakedrider.wordpress.com

Bisa bantu jual sepeda motor atau mobil sebagai bisnis sambilan. Karena yang penting kamu bisa tahu mana sepeda motor atau mobil yang sedang dijual dan kemudian tinggal mencarikan pembelinya.

Awalnya kamu mungkin bisa memulainya sebagai makelar. Tapi kalau sudah terkumpul modal, bisa mulai deh untuk beli sepeda motor/mobil untuk kamu jual lagi. Yang penting saat kamu beli, pastikan kendaraan itu lengkap surat-suratnya dan tidak bermasalah.

Jasa Jahit Pakaian

mufidcell.wordpress.com
mufidcell.wordpress.com

Jika bisa menjahit baju, kamu bisa gunakan keterampilanmu ini sebagai usaha sampingan. Kamu bisa terima jahitan dari tetangga dan orang-orang di sekitarmu. Cukup pasang plang atau tulisan di depan rumah yang menjelaskan kalau kamu terima orderan menjahit. Dengan begitu orang-orang pun akan tahu.

Meski usaha menjahit ini sudah banyak melakukan, tapi jangan pernah minder untuk memulainya. Sebab lebih banyak orang lagi yang membutuhkan jasa jahit pakaian ini. Modalnya yang diperlukan pun tidak besar dan juga tidak makan banyak tempat. Kamu bisa letakkan mesin jahit dan segala perlengkapan jahit itu di salah satu sudut ruangan di rumah.

Untuk kisah sukses penjahit rumahan ada banyak sekali. Kamu bisa amati sendiri di sekitar rumahmu. Mereka yang membuka bisnis ini banyak yang bukan hanya mampu survive, tapi juga bisa berkembang menjadi produsen pakaian.

Yap, itulah beberapa contoh bisnis sampingan yang bisa kamu coba. Tertarik memulainya? Nggak usah lama-lama berpikir, ayo segera mulai saja. Semoga nantinya bisnismu ini berkah dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Tinggalkan komentar