Belajar Bisnis Online: 74 Cara dan Peluang Untuk Pemula

BISNIS ONLINE – Berkembangnya tekonologi diikuti dengan berkembangnya teknik bisnis dan pemasaran. Mau tidak mau, suka tidak suka setiap pelaku bisnis harus menguasai ilmu-ilmu seputar bisnis online.

Usaha online banyak diminati karena dianggap lebih mudah dikerjakan, kapan saja di mana saja.

Sudah banyak orang yang tadinya bukan siapa-siapa, tidak mengerti apa-apa, menjadi seorang jutawan dadakan hanya karena adanya bantuan dari teknologi internet.

Yang tadinya susah menjual barang, sekarang terlihat begitu mudah menjual ratusan atau bahkan ribuan item per hari. Luar biasa!

Kali ini Satu Jam akan mengulas macam-macam bisnis online yang akan memberikan kamu inspirasi untuk ikut memulai dalam skala kecil.

6 ide bisnis online ini bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha baru di dunia maya atau sebagai pilihan kerja sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah.

Sebelumnya, buat kamu yang muslim, mungkin pernah bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya hukum jual beli online dalam Islam? Silahkan klik link tersebut untuk menemukan jawabannya.

Bisnis Online Jasa Tulis

bisnis online menulis untuk web orang lain
squarespace.com

Tidak semua orang mampu menulis artikel berkualitas, sehingga apabila kamu ingin menjadi seorang penulis freelance, maka kamu juga perlu meningkatkan kualitas tulisanmu.

Ada 2 tingkatan dalam kelompok penulis artikel ini.

Tingkatan rendah, yaitu mereka yang menulis atau menjual artikel-artikel yang (mohon maaf) murahan yang hanya mengejar jumlah kata tertentu.

Mereka melakukan hal ini karena mereka baru akan dibayar setiap sekian ratus kata. Para penulis dalam tingkatan ini tidak akan mendapatkan bayaran lebih dari 10$ per artikel.

Sedangkan penulis tingkat atas biasanya akan dipekerjakan oleh pemilik website-website besar dan portal berita. Mereka dibayar lebih tinggi karena kualitas tulisannya.

Diantara 2 tingkatan ini, tentu saja yang kedua lebih baik.

Bisnis Online Menjadi Dropshipper

fokus bisnis online dropship
enigmadotcom.wordpress.com

Dropshipping maknanya adalah kita berjualan (memulai bisnis) tanpa memiliki stok barang yang dijual.

Jadi, ketika seseorang memesan sebuah produk ke Anda, Anda yang akan forward pemesanan itu ke pihak ketiga (pemilik barang). Nantinya pemilik barang yang langsung mengirimkan barang ke pembeli, tapi atas nama Anda.

Kelihatannya enak ya?

Ini adalah beberapa keuntungan menjadi dropshipper:

  • Tidak butuh banyak modal untuk memulainya.
  • Tidak butuh stok, yang berarti tidak membutuhkan biaya.
  • Bisa berbisnis di mana saja.

Meski demikian, tetap saja ada kelemahannya:

  • Keuntungan penjualannya lebih kecil, hal ini menuntutmu untuk bekerja lebih keras mencari calon pembeli.
  • Tidak bisa memantau langsung stok yang ada, sehingga kamu akan sedikit kesulitan dalam memastikan stoknya.
  • Kualitas tidak terkontrol.

Melihat kelebihan dan kekurangannya, menjadi seorang dropshipper adalah cara yang sangat mudah dan murah untuk memulai belajar bisnis online.

Perlu diingat, meskipun kamu hanya mengorder produk dari pihak ketiga, tapi dengan menjadi dropshipper, tanggung jawa pembeli tetap ada di tangan anda. Baiknya, kamu mengecek kualitas produk yang akan kamu dropship terlebih dahulu dengan membeli 1 barang contoh.

Bisnis Online Jual Produk Informasi

derechoyperspectiva.es
derechoyperspectiva.es

Produk informasi yang bisa dibisniskan antara lain buku, ebook, video maupun audio. Misalnya menjual produk video yang berisi gerakan fitnes untuk membentuk badan atau ebook cara meninggikan badan.

Produk informasi akan jauh lebih mudah dibuat daripada produk fisik, sehingga walaupun kamu belum punya banyak pengalaman, kamu bisa membuatnya juga.

Memangnya ada yang mau beli produk informasi yang di internet sudah disediakan secara gratis?

Jawabnya, “Ada!”

Biasanya, orang-orang akan rela mengeluarkan uang untuk membeli produk informasi dengan 3 alasan:

  1. Isinya lebih mendalam daripada sekedar artikel di blog.
  2. Panduannya lebih rapi dan terstruktur.
  3. Tidak semua orang sempat menjelajahi seluru website yang ada di internet.

Berdasarkan alasan tersebut, menjual produk informasi ini masih memiliki peluang besar dalam pilihan ide usaha online.

Cara membuat produknya:

  1. Dalami informasi yang akan dibuat produk. Karena kamu tidak akan bisa membuat produk yang berkualitas kalau tidak memiliki pengetahuan yang memadai.
  2. Riset permasalahan terbesar yang dihadapi oleh orang-orang di bidang tertentu.
  3. Buat solusinya dalam bentuk ebook, audio atau video.

Bisnis Online Menjadi Translator

wpexplorer.com

Masih tidak jauh dari tulis-menulis, pengalih bahasa Indonesia-Inggris maupun sebaliknya merupakan salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan.

Meskipun bagi translator non-profesional tidak mendapatkan fee yang tinggi, tapi kamu bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai usaha sampingan yang tidak membutuhkan banyak waktu.

Namun, apabila kualitas translate-mu sudah cukup bagus, kamu bisa menjual jasa penerjemahan dengan harga yang tinggi di sini:

Di Indonesia sendiri, banyak para pemilik blog yang membutuhkan artikel berbahasa asing yang tidak terlalu mahal. Kamu bisa temui mereka di forum Ads.id

Merancang dan Menjual Template WordPress

colorlib.com

Ada lebih dari 73.000.000 situs berbasis WordPress serta sekitar 29.000 plugin WordPress yang terus bertambah setiap harinya. (Sumber: ManageWP,2014)

Dengan jumlah calon pembeli yang sangat banyak tersebut, tentu saja peluang bisnis ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Meskipun ada juga template-template yang gratisan, namun kebanyak user merasa tidak puas dengan template gratisan itu, selain merasa gengsi tentu saja kualitasnya pun jauh berbeda dengan yang harus dibeli.

Memang, membuat template bagus untuk sebuah website bukanlah hal yang mudah, kamu harus mempelajari dan mendalami cara membuat template yang bagus terlebih dahulu.

Namun apabila sudah ahli, kamu bisa mengikut langkah para profesional yaitu menjual template dengan harga yang cukup tinggi di situs-situs yang menjadi ‘pasar’ penjualan template.

Jasa Desain Grafis

kreatindo.blogspot.com

Seorang desainer grafis profesional bisa mendapatkan penghasilan lebih dari Rp 1.000.000.000 per tahunnya. Tentu saja penghasilan tersebut tidak didapatkan secara instan, akan tetapi melalui banyaknya pengalaman dan portofolio.

Bagi para pemula, kalian bisa menjual jasa desain grafis di beberapa marketplace seperti:

  1. Sribu: desain logo Indonesia.
  2. 99designs: desain logo internasional.

Sebagai penyedia desain grafis, calon pembeli jasa kamu tidak terbatas pada wilayah tertentu, bisa saja kamu mendapatkan customer dari luar negeri.

Men
..

..

Strategi Menggunakan SEO

..

Secara singkat kita akan mengulas kembaii perihai Search Engine Marketing atau yang dikenal dengan SEO. SEO adaiah serangkaian teknik yang dilakukan secara sistematis, terencana, dan berkesinambungan dengan tuiuan untuk memperbaiki hasii pencarian di search engine meiaiui kata kunci (keyword) tertentu yang berkaitan dengan content (isi) website dari website tersebut.

Ada 3 pain yang perlu diperhatikan agar upaya SEO yang eoba diiakukan bisa mendapatkan hasil yang optimal, yaitu:

  1. Terencana
  2. Sistematis
  3. Berkesinambungan

Mari kita coba jabarkan point demi point untuk mendapatkan sebuah pemahaman agar upaya SEO tersebut benar-benar optimasi.

Terencana

Sebelum Anda melakukan atau menjalankan program SEO untuk sebuah website, terlebih dahulu Anda harus merencanakan segala sesuatunya. Terutama pada upaya melakukan backlink, berapa jumlah websrte yang akan Anda gunakan untuk melakukan backlink.

Nanti pada bagian backlink Anda akan mempelajari hal ini. Agar berjalan dengan baik, Anda harus menyusun rencana, termasuk juga dengan membuat iklan-iklan yang berfungsi untuk backlink dan juga untuk melakukan promosi.

Anda harus merencanakan program promosi apa saja yang akan Anda gunakan selama proses optimalisasi sedang berjalan, setidaknya untuk 3 bulan awal dimana penempatan website belum menempati posisi yang bagus pada search engine.

Sistematis

Ada iangkah-iangkah yang harus ditempuh oleh seorang Internet Marketer ketika melakukan upaya SEO, langkah-Iangkah tersebut harus diiakukan secara sistematis sehingga antara satu upaya ke upaya yang lain dapat saiing bersinergi dan menghasilkan sebuah hasil yang optimal.

Adapun upaya sistematis yang harus dilakukan oleh seorang Internet Marketer sebeium melakukan upaya SEO adalah:

  1. Menentukan keyword yang tepat untuk website: Keyword adalah kata atau serangkaian kata yang digunakan oleh para pencari informasi untuk menemukan sebuah website melalui search engine.
  2. Melakukan optimalisasi dengan memasang script tag SEO ke dalam website: Seteiah menemukan dan menentukan keyword yang tepat untuk digunakan, langkah selanjutnya adalah menaruh script SEO yang berisikan tag-tag yang ditujukan untuk meningkatkan hasil pencarian.
  3. Mendaftarkan website ke search engine: Untuk website baru, Anda selaku internet Marketer harus mendaftarkan website yang ingin dipasarkan itu ke search engine utama.
  4. Melengkapi website dengan tool tambahan: Website harus dilengkapi dengan berbagai tool tambahan seperti sitemap, pensettingan target demografi, hingga penggunaan robot text.
  5. Melakukan backlink dengan terencana: Backlink adalah upaya untuk menunjang upaya SEO agar website mendapatkan peringkat di website, backlink juga digunakan untuk mempertahankan posisi jika sebuah website telah mendapati tempat yang bagus di dalam hasil pencanan.

5 langkah sistematis yang saling berkaitan itu yang harus dilakukan oleh seorang pelaku Internet Marketing untuk dapat menyukseskan upaya SEO.

Meski terkesan sulit, namun sesungguhnya tidak kok, bahkan tidak dibutuhkan pengetahuan programming sama sekali. Meski mereka yang mengerti pemrograman website dasar seperti HTML dapat lebih mudah mengerti jika dibandingkan oleh mereka yang sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman.

Namun jangan Iangsung kecil hati, asalkan Anda memahami penggunaan keyword dan tahu bagaimana cara memasang script SEO ke dalam halaman website, maka Anda dapat melakukan upaya SEO meski sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman.

Berkesinambungan

Pada tahap inilah sering kali seorang pelaku Internet Marketing yang tengah berupaya melakukan SEO untuk sebuah website berguguran, karena mereka tidak memiliki kesabaran untuk terus melakukan upayaupaya agar program SEO yang sedang dijalankannya berhasil sesuai dengan yang direncanakan.

Program SEO ini benar-benar membutuhkan kesabaran untuk melakukan suatu upaya untuk menunjang SEO secara terus-menerus, setiap hari Anda harus melakukan upaya backlink.

Setiap hari Anda harus melakukan upaya untuk mendatangkan pengunjung ke website yang sedang dioptimaiisasikan tersebut, karena website yang mendapatkan pengunjung tetap akan iebih cepat naik peringkat jika dibandingkan website yang tidak mendapatkan pengunjung.

Teknik Menentukan Keyword yang Tepat

Seperti yang sudah saya jelaskan pada halaman sebeiumnya, bahwa menentukan keyword yang tepat adalah hal paling penting dari upaya SEO.

Meski website Anda berhasil mendapatkan peringkat bagus, di search engine, namun jika keyword-nya tidak tepat, maka tidak juga akan menghasilkan penjualan. Karena pengunjung yang datang ke website Anda akan segera pergi, karena mereka tidak menernukan apa yang mereka cari.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan optimalisasi, pastikan website Anda sudah benar-benar sempurna (sudah selesai). Tampilan website Anda harus mencerminkan website profesional yang memang dibuat oieh para profesional untuk kebutuhan mereka, karena tampilan website sangat menentukan dalam proses penjualan.

Contoh kasus, misalkan Anda berhasil mengoptimalkan sebuah website sehingga mendapatkan peringkat bagus di dalam hasil pencarian, kemudian berhasil menjaring banyak pengunjung dari search engine masuk ke website tersebut.

Namun bila tampilan website Anda tidak bagus dan tidak mencerminkan website yang profesional, akan timbui keraguan orang tentang apa yang sedang Anda tawarkan melalui website tersebut.

Oleh karenanya pastikan website sudah memiliki tampilan profesional yang enak dilihat sehingga pengunjung yang datang ke website tersebut mau menindaklanjuti niatnya semula yaitu melakukan transaksi.

Memahami Fungsi dan Kegunaan Keyword Targeted

Setiap pencari informasi yang ingin menemukan sebuah website dari Search Engine harus menginput satu kata atau serangkaian kata yang berkaitan dengan apa yang ingin dicari, kemudian search engine akan memberikan hasil pencarian berupa daftar website yang terkait dengan isi dari kata yang diinput tersebut.

Satu kata atau serangkaian kata yang digunakan oleh pencari informasi, itu yang disebut dengan keyword. Adalah sesuatu yang penting untuk menggunakan keyword yang tepat agar upaya SEO mendapatkan hasil yang optimal.

Ada dua jenis keyword yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan keyword yang tepat bagi sebuah website, yaitu:

  1. Keyword Targeted
  2. Keyword Global

Keyword Targeted adalah keyword yang spesifik, biasanya keyword jenis ini yang paling manjur untuk mendatangkan pengunjung yang potensial. Karena pengunjung yang datang ke website adalah benar-benar pengunjung yang membutuhkan layanan jasa atau produk yang sedang ditawarkan oleh website.

Contoh keyword targeted adalah: Jual Bunga Anggrek, Jual Bunga Melati, Jual Buku Sejarah, Jual Buku Sastra, Jual Komik Jepang, Jual Novel import, Jual Komputer Bekas, Jual Komputer Second, Jual HP Bekas, Jual Tahu Bandung, Jual Baju Perempuan, Jual Tas Wanita, Jual Rompi Pria, dan seterusnya.

Keyword targeted diperlukan jika jasa atau produk yang Anda gunakan memiliki ciri khusus, atau Anda memang langsung ingin menjaring pengunjung yang potensial, dimana di sini letak keunggulan dalam menggunakan keyword ini.

Namun kekurangan dari keyword ini adalah tidak bisa menjaring banyak pengunjung karena sejak awal kita sudah menentukan segmen pencari informasi tertentu yang dapat menemukan keberadaan website.

Memahami Fungsi & Kegunaan Keyword Global

Keyword Global adalah keyword umum. Keyword ini bisa digunakan untuk take online yang memberikan banyak layanan kategori produk, semisal penjualdn buku. Karena banyak sekali jenis buku, maka untuk menjaring pengunjung diberikanlah keyword Toko Buku Online atau Jual Buku Online.

Penggunaan keyword global relatif lebih sulit untuk masuk pada urutan atas hasil pencarian, mengingat banyak sekali yang menggunakannya. Masing-masing website berharap dapat menjaring pengunjung yang sebanyak-banyaknya melalui penggunaan keyword global ini, sehingga jumlah kompetitor semakin banyak dan ketat.

Namun jika sebuah website yang menggunakan keyword global berhasil menempati urutan bagus di hasil pencarian, maka secara otomatis jumlah kunjungan yang masuk ke website tersebut akan tinggi.

Karena keyword global akan lebih sering dicari oleh pencari informasi, rata-rata pencari informasi akan mengetikkan keyword global terlebih dahulu. Semisal ada yang sedang mencari jasa pembuatan website, maka si pencari informasi tersebut biasanya akan menggunakan keyword web design untuk memulai pencariannya.

Untuk menyiasatinya, gabungkan antara keyword targeted dan keyword global; gunakan 2 keyword targeted dan 1 keyword global.

Untuk implementasi dan detail teknis lainnya, silakan baca buku Iago SEO Cara Instan, Gak Pake Pusing, di dalam buku itu saya sudah menjelaskan dengan lengkap perihal SEO, jadi saya tidak akan mengulangi di dalam buku ini untuk memberikan ruang bagi pembahasan yang lainnya.

Riset Keyword

Google masih merupakan search engine pencari terfavorit yang digunakan oleh pencari informasi dari seluruh dunia untuk menemukan website, berada pada urutan atas Google adalah sama dengan memiliki salesman yang mampu melakukan promosi selama 24jam penuh.

Kalau Anda mendapatkan peringkat bagus di Google, biasanya pada Yahoo dan Bing juga akan mendapatkan urutan yang cukup bagus. Untuk mengOptimalkan penggunaan keyword, Anda bisa melakukan riset terhadap tren penggunaan suatu keyword yang biasa digunakan oleh bencari informasi melalui Google. Anda bisa menggunakan tool gratis dari Google, yaitu Google Trend dan Google Insight.

..

..

..

Perbandingan Offline & Online

fight photo
Gambar dari Flickr

Jual-beli barang dagangan mungkin sudah setua umur manusia itu sendiri. Kemungkinan besar, manusia pertama saling bertransaksi untuk barang-barang kebutuhan mereka. Sekitar 10.000 tahun yang lalu, nenek moyang kita yang berpindah-pindah mulai hidup menetap dan membangun kota.

Mereka mendirikan toko dan menjual barang. Sealama 9.995 tahun dari 10.000 tahun tersebut, menjual produk berarti memiliki lokasi dan gerai flsik untuk berjualan.

Saat ini, dunia sudah benar’benar berubah. Sekarang, Anda dapat membuka bisnis eceran lewat Internet. Gerai fisik sekarang opsional sifatnya, dan sering bahkan tidak perlu. Mari kita bandingkan dua jalur tersebut.

Saat membuka toko eceran di dunia bata dan semen, Anda harus memilih lokasinya. Anda mungkin ingin memilih lokasi yang dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pembeli, dengan lalu lintas yang ramai. Ketika menemukan lokasi tersebut, Anda segera membatasi basis pelanggan Anda pada mereka yang mau pergi ke toko Anda.

Besar kemungkinan Anda harus menyewa gedung yang Anda pilih, minimal pada awalnya. Selanjutnya, Anda dapat membeli atau membangun gedung Anda sendiri. Semakin baik lokasi Anda, semakin mahal Anda hams membayar per meter persegi luas tempat yang Anda pakai.

Setelah memilih lokasinya, Anda mungkin masih harus melakukan sentuhan akhir pada tempat tersebut. Atau setidaknya, Anda masih hams mendekorasi dan mengisi toko Anda. Anda masih harus membeli persediaan yang cukup untuk mengisi toko, dan mengganti barang yang telah berhasil Anda jual di rak.

Pada awalnya, Anda mungkin satu-satunya karyawan bisnis Anda. Mungkin Anda perlu bantuan pasangan atau seorang teman. Akan tetapi, dengan makin berhasilnya bisnis Anda, Anda perlu mengambil peran sebagai bos. Anda perlu merekrut orang dan mengelola mereka. Anda bertanggung jawab membayar upah dan tunjangan serta pajak karyawan.

Anda perlu berpromosi agar calon pelanggan tahu Anda telah siap berbisnis. Ruang iklan di koran, majalah lokal, dan radio mahal harganya. Anda hams mengeluarkan beberapa ratus dolar setahun hanya untuk berildan di Yellow Pages. Memulai clan mengopetasikan bisnis secara flsik perlu biaya puluhan ribu dolar, minimal-uang yang hams Anda keluarkan sebelum memperoleh sesen laba.

Sekarang, pertimbangkan toko lewat Internet. Lokasi Anda hanya bempa sebuah nama (URL) situs Web yang Anda beli. Dari lokasi di World Wide Web itu, pelanggan dari lingkungan, kota, dan negara mana saja di dunia dapat mendatangi toko Anda dan membeli. Anda tidak perlu membeli perabot atau stok barang. Anda dapat membuat kesepakatan dengan pemasok Anda untuk mengirim barang yang Anda jual secara langsung dari gudang mereka ke rumah pelanggan.

Biaya investasi awal Anda hanya beberapa ratus dolar. Beban usaha per bulan Anda biasanya kurang dari $200, bahkan dengan shopping cart, merchant account, dan autmesponder yang sangat canggih. Dalam bisnis Internet, kebutuhan Anda akan staf jauh berkurang. Anda mungkin suatu saat perlu merekrut seorang pegawai, atau mencari jasa dari luar, tetapi Anda tidak akan membutuhkan kasir di belakang mesin hitung.

Ingat angka yang kami kutip sebelumnya: Lima persen waktu yang digunakan oleh pelanggan biasa habis untuk membeli, sisanya yang 95 persen habis untuk mengumpulkan informasi. Salah satu contoh hebat toko online yang menyediakan informasi bagi pelanggan selain menjual produk kepada mereka adalah SixWise. SixWise menawarkan beragam produk kebutuhan keluarga. Akan tetapi

..

..

..

Tinggalkan komentar