Seni Bela Diri Wushu

Wushu merupakan sebuah seni bela diri berasal dari negeri tirai bambu, Cina. Wushu dalam bahasa Tionghoa secara harfiah berarti “seni bertempur”. Wushu berasal dari kata WU dan Shu. Makna dari kata “Wu” adalah ilmu perang, sedangkan makna dari kata “Shu” adalah seni.

Sehingga bisa diartikan dan dipahami bahwa Wushu itu adalah seni untuk bertempur atau bisa juga seni bela diri Kungfu. Dalam mempelajari Wushu juga mempelajari seni, olahraga, kesehatan, beladiri, dan mental. Banyak yang dipelajari dalam seni bela diri Wushu.

Nah selama ini kita mengenal bela diri Wushu itu adalah seni bela diri yang disebut Kungfu tetapi gerakannya lebih halus dan kompleks. Dalam seni bela diri Wushu bukan hanya melibatkan fisik saja, melainkan melibatkan pikiran, latihan pernafasan, jalur energi tubuh, aliran darah, dan pemahaman anatomi tubuh.

fitra27afrian.wordpress.com
fitra27afrian.wordpress.com

Wushu di Indonesia sudah lama dikenal, akan tetapi lebih dikenal dengan sebutan Kungfu. Seni bela diri Wushu di Indonesia memperlihatkan perkembangan yang cukup membanggakan. Yang akhirnya dibentuklah sebuah organisasi yang sekaligus sebagai wadah bagi semua perguruan Kungfu se-Indonesia yaitu PB Wushu Indonesia.

Berdasarkan dari sejarahnya, seni bela diri Wushu ada keterkaitan dengan seni bela diri Kungfu yang terkenal di Cina. Seperti Shaolin Pay, Kunlun Pay, Butong Pay, dan perguruan lainnya. Perguruan-perguruan tersebut adalah salah satu perguruan terbesar di Cina pada masa lalu. Bisa diihat dari sejarah dan film-film silat yang menceritakan tentang perguruan Kungfu tersebut.

Tinggalkan komentar