Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Cegukan tidak hanya terjadi pada orang-orang dewasa saja, melainkan bayi pun dapat terjadi cegukan. Biasanya ini terjadi saat dia sedang marah atau pun menangis. Cegukan adalah kondisi yang tidak menyenangkan, jika kondisi ini dibiarkan saja maka dapat menyebabkan muntah, batuk-batuk dan rewel.

Cegukan yang terjadi sebenarnya adalah sesuatu yang normal terjadi karena adanya kontraksi pada otot-otot diafragma, ayah dan ibu juga tak perlu terlalu khawatir. Namun walau demikian, kita tetap harus berhati-hati. Cegukan pada bayi dapat terjadi karena adanya aktivitas makan dan minum seperti menyusui ASI, susu formula atau makanan lain.

Bisa juga karena kondisi suhu tubuh bayi yang mendadak turun, misalnya saat mandi airnya terlalu dingin atau terkena udara dingin.

Cara mengatasi bayi yang sedang cegukan ada banyak, yaitu dapat dilakukan dengan memijat bagian belakang bayi, menggosok gosok punggung bayi dengan lembut agar bayi merasa nyaman sampai cegukannya hilang. Berhenti makan dan minum saat bayi tiba-tiba cegukan.

Mengatasi-Cegukan-Pada-Bayi
pondokibu.com

Pada saat menyusui misalnya jika bayi mengalami cegukan berhentilah menyusui. Hal ini jika diteruskan dapat membuat bayi muntah-muntah. Sendawakan bayi saat setelah menyusu, jika dia belum juga bersendawa maka rangsanglah dia dengan cara menggendongnya dan menepuk nepuk punggung bayi dengan lembut.

Memeluk bayi pada saat cegukan juga dapat membantu menenangkan segera kondisi bayi agar berhenti cegukan. Jika bayi tersebut minum dengan menggunakan botol, maka periksa dulu apakah botol tersebut mempunyai regulator yang baik dan juga lubang yang baik pada botol. Sebaiknya jangan terlalu besar lubangnya pilih yang memiliki lubang kecil, agar bayi dapat mengatur ritme meminummya.

Dan perlu diperiksakan ke dokter apabila cegukan yang dialami bayi menggangu saat sedang menyusu atau sedang makan dan bila menganggu tidur. Jika terjadi cegukan yang tidak terkendali, sering terjadi cegukan bahkan hingga usinya memasuki 1 tahun segera periksakan ke dokter.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika bayi cegukan. Semoga bisa menjadi bermanfaat untuk ibu–ibu di rumah.

Leave a Comment