Batik yang banyak digemari

Batik Jogja, Batiknya Masyarakat Indonesia

Batik Jogja merupakan salah satu jenis batik yang banyak sekali digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak sekali yang berkunjung ke Jogja yang hanya membeli batik dari kota tersebut.

Di jogja pasti kamu akan banyak sekali melihat banyak orang memakai batik karena kota ini yang masih kuat dalam melaksanakan berbagai adat budaya termasuk salah satunya menggunakan dan membuat batik.

Asal usul batik jogja dikenal semenjak kerajaan Mataram pertama dengan rajanya panembahan Senopati. Daerah pematikan yang pertama ialah di desa Plered. Pembatikan di kala itu masih di kalangan keluarga keratin yang dikerjakan oleh para pembantu Ratu.

Akibat dari peperangan di zaman dahulu baik dari keluarga kerajaan maupun penjajahan belanda, banyak keluarga Raja yang mengungsi dan menetap di berbagai daerah seperti Banyumas, Ponorogo, Tulungagung dan sekitarnya.

Meluasnya daerah pembatikan ini yang sampai ke daerah tersebut menurut perkembangan Sejarah perjuangan Indonesia yang dimulai di abad 18. Keluarg keraton yang mengungsi inilah yang mengembangkan pembatikan di seluruh pelosok tanah jawa yang sekarang menurut alam dan daerah baru tersebut.

yogyakarta.panduanwisata.id
yogyakarta.panduanwisata.id

Ada berbagai macam batik Jogja yang yang dibagi ke dalam kelompok Motif seperti bouquet, Ceplok, Kawung, Kelir dan Lereng dan beberapa motif lainnya. Untuk bahan kain, proses pembuatannya dikelompokkan menjadi beberapa kelompok utama seperti :

  • Batik Cap
  • Batik sutera
  • Batik Kombinasi sutera
  • Blus sutera
  • Hem Batik
  • Kemeja batik
  • Sarimbit.

Ragam hias batik Jogja yang geometris seperti lereng atau garis miring lerek, Garis silang atau ceplok, kawung, anyaman dan limaran. Ragam hias yang bersifat simbolos seperti meru yang melambangkan gunung atau bumi, naga yang melambangkan air, burung yang melambangkan angina dan lainnya.

Ragam motif batik jogja sangat banyak sekali dan semuanya sangat indah mulai dari bunga, tumbuhan air, tanaman menjalar, satwa dan lain sebagainya. Semuanya terangkum indah dalam motif batik Jogja.

Demikianlah beberapa pengetahuan dari batik Jogja yang perlu kamu ketahui dan semoga bisa menambah pengetahuan kamu mengenai batik. Semoga menjadi bermanfaat.