foto batik tulis jember

Lebih Dekat dengan Batik Jember

Saat ini dunia Fashion Indmesia terutama batik sudah sangat berkembang pesat dan beragam mulai dari model hingga jenis dari batik yang tercipta. Salah satunya adalah batik Jember yang juga ikut berlomba – lomba dalam membuat ide kreatif mengenai pembuatan baru motif batik yang menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri.

Semisal adalah contoh motif batik Jember yang tercipta merupakan hasil dari kreatif para seniman batik lokal yang akan menjadi chiri khas Jember yaitu satu sentra tembakau terbaik di Indonesia.

Kota jember merupakan salah satu wilayah kabupaten yang letaknya berada di provinsi Jawa Timur yang mempunyai luas sekitar 3 ribuan kilometer persegi dengan ketinggian 3.293 Mdpl. Dengan iklim yang seperti itu maka tidaklah heran dengan suhu rata rata 23 derajat Celcius dengan penduduk sebanyak kisara 2 jutaan tersebut mempunyai potensi serta ciri khas batik yang menonjolkan daerahnya tersebut.

Kabupaten jember juga merupakan daerah yang terkenal sebagai salah satu produsen tembakau yang terbesar di Indonesia, hingga tidak heran bahwa masyarakat setempat mempunyai ide kreatif untuk mengabadikannya didalam selembar kain batik tulis yang disebut batik jember.

Daun tembakau yang memiliki sebutan Daun emas yang digoreskan dalam selembar kain katun dalam konsep kontemporer guna menghasilkan karya yang khas serta mengakar pada kultur serta budaya masyarakat Jember.

pengrajin batik
rri.co.id

Secara turun temurun, batik daun tembakau yang berada di batik jember dari ukuran kecil hingga ukuran besar  selalu menjadi komponen utama dalam membuat dan menciptakan motif batik kombinasi terbaru guna memenuhi selera pasar yang sangat beragam.

Pengrajin batik jember yang berada di kecamatan Sumberjambe yang merupakan salah satu pusat dari sentra batik jember yang notabenenya adalah perempuan banyak sekali menciptakan beragam motif dan juga kreasi dari batik Jember.

Sekitar 33 motif yang pernah dipamerkan oleh dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah jember melalui salah satu situs media sosial tersebut dimana 7 diantaranya didesain langsung oleh Istri dari Bupati Jember yaitu ibu Sri Wahyuni.

Demikianlah sedikit Wawasan mengenai Batik Jember yang perlu kamu ketahui. Semoga menjadi bermanfaat patut dicoba jika kamu berpergian ke Kota Jember.

Tinggalkan komentar