Batik Batak

4 Jenis Batik Batak Ini yang Paling Diminati

Kain yang paling terkenal di Sumatera Utara adalah Ulos. Hal ini mengacu pada tekstil tenunan tradisional masyarakat batak besar Provinsi. Menurut nenek moyang Suku batak, ada tiga tipe sumber kehangatan yaitu Matahari, Api dan ulos.

Hal ini mengingatkan nenek moyang suku batak yang tinggal di daerah pegunungan dengan iklim dingin sehingga berinisiatif membuat Ulos.

Ulos merupakan kain tenun khas Batak yang dalam konteks inilah menjadi sumber kehangatan baik secara Fisik maupu secara Non fisik.

Sejalan berjalannya waktu, los yang juga dijadikan Batik Batak ini bukan menjadi pelindung badan saja, namun juga menjadi symbol Restu, Kasih sayang dan persatuan dan komunikasi bagi masyarakat Batak.

Tidak hanya itu, Ulos pun juga syarat dengan arti dan makna yang dianggap sakral karena merupakan symbol persatuan mayarakat adat batak. Ulos juga digunakan dalam setiap upacara kegiatan dalam suku adat Batak seperti pernikahan hingga kematian.

Jenis Batik Batak Ulos ada beberapa jenis, yaitu :

Ulos Rugi Idup

www-kerajnan-info.blogspot.com
www-kerajnan-info.blogspot.com

Rugi berarti corak, Idup berarti kehidupan. Ulos jenis ini mempunyai Warna, Lukisan serta Coraknya yang memberi kesan sebagai lambing kehidupan. Selain itu, Ulos juga sebagai restu  untuk kebahagiaan keturunan dan panjang umur.

Ulos Rugi Hotang

morrissuroso.wordpress.com
morrissuroso.wordpress.com

Rugi berarti corak, Hotang berarti rotan. Motif batik batak ini biasanya diberikan kepada sepasang pengantin yang biasanya disebut dengan Ulos Marjabu dengan maksud agar ikatan batin seperti rotan.

Ulos Sibolang

rugrabbit.com
rugrabbit.com

Ulos Sibolang bisa diartikan dengan Duka cita yang dipakai juga sebagai orang yang meninggal dan belum mempunyai cucuk dan juga dipakai janda atau duda yang belum mempunyai cucu.

Ulos Silindung

sarunaisumatera.wordpress.com
sarunaisumatera.wordpress.com

Secara Umum Ulos silindung ini diberikan kepada orang yang sedang bergembira dalam hal ini menempati sutu tempat rumah baru atau melangsungkan pernikahan dan sejenisnya.

Ulasan tadi adalah beberapa hal pengetahuan buat kamu mengenai batik Batak Ulos. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuanmu mengenai batik batak yang juga terkenal di dalam dan luar negeri itu.

Tinggalkan komentar