Eloknya Batik Banyuwangi

Di Indonesia, Batik sudah menjadi bagian dari salah satu budaya bangsa yang memang harus dipelihara dan diturunkan secara turun temurun. Ada banyak sekali jenis batik di Indonesia dan berbagai motif serta ciri khas. Salah satu yang memiliki motif khas adalah batik Banyuwangi.

Batik Banyuwangi merupakan sebuah perwujudan nilai estetika serta ragam hias yang mempunyai ciri khas dari Banyuwangi. Motif motif batik yang tercetak pada batik banyuwangi tidak hanya merupakan sebuah wujud estetika, namun juga memiliki nilai – nilai yang dianut oleh masyarakat Banyuwangi.

Semua nama motif dari banyuwangi ini ternyata banyak dipengaruhi dengan kondisi alam, contohnya adalah batik Gajah Oling yang sudah terkenal di berbagai daerah bahkan manca negara itu bermotif berupa hewan belut yang ukurannya cukup besar.

Batik Gajah oling adalah motif batik yang paling tua. Motif batik gaja oling tidak hanya mengemukakan estetika saja namun juga menggambarkan kekuatan yang tumbuh dari jati diri masyarakat Banyuwangi.

radekshopbanyuwangi.blogspot.com
radekshopbanyuwangi.blogspot.com

Dari sekian banyak motif di Banyuwangi, konon batik Gajah Oling memiliki magis atau kisah mistis. Sebuah mitos yang berkembang di masyarakat Banyuwangi di masa lampau bahwa setiap keluarga pantang untuk membawa bayinya keluar rumah pada saat petang hari.

Jika memang harus keluar, maka anak tersebut akan digendong dengan jarit bermotif Gajah Oling agar tidak diganggu oleh mahluk halus.

Keampuhan lain dari gajah oling antara lain adalah untuk menenangkan bayi dari rewel dan menangis. Hingga kini masyarakat banyuwangi masih banyak yang meyakini bahwa Gajah oling bukanlah motif sembarangan, namun juga motif yang memiliki unsur mistis.

Sentra batik banyuwangi adalah di desa kemiren kecamatan Glagah. Di desa tersebut masyarakat sering menyimpan batik motif asli Kemiren yang berusia ratusan tahun. Di desa tersebut banyak sekali motif batik suku Using yang diantarany adalah Sembruk, cacing, Gajah oling, Umah Tawon, Kopi Pecah dan masih banyak lainnya.

Di banyuwangi sendiri juga berusaha mengangkat dan melestarikan batik  dengan cara mengadakan Festifal batik Banyuwangi yang beberapa tahun ini telah diselenggarakan. Usaha ini menunjukkan bahwa pemerintah juga serius dalam menangani peninggalan warisan batik yang berada di banyuwangi.

 

Tinggalkan komentar