Pengertian Awan Stratus Serta Pembentukan dan Jenisnya

AWAN STRATUS – Awan adalah massa yang dapat terlihat dengan adanya suatu tetesan air atau juga kristal beku. Hal ini tergantung dari atmosfer di atas bumi, bisa juga berada di atas planet lain.

Ada beberapa masalah yang sudah sering dijumpai, seperti awan tinggi yang sebagian terdiri dari tetesan air yang sangat dingin. Tetesan air atau kristal ini biasanya memiliki ukuran sekitar 0,01 mm.

Proses ini bisa mengeluarkan energi sehingga dapat menyebabkan terjadinya udara yang dingin. Saat dikerumuni oleh banyaknya tetesan lain, maka ini semua akan terlihat seperti awan.

Awan bisa terlihat lebih gelap jika awan berada di daerah inframerah. Hal ini karena air akan menyerap radiasi matahari pada saat panjang gelombang.

Awan sebenarnya memiliki banyak jenis yang berbeda-beda. Umumnya ini terjadi karena perbedaan ketinggian di angkasa. Dari semua jenis awan yang ada, ada awan yang kenal dengan nama awan stratus. Berikut penjelasannya:

Awan Stratus

Awan Stratus

Awan Stratus adalah jenis yang memiliki bentuk seperti kabut, jenis awan satu ini berada pada ketinggian yang cukup rendah. Awan yang satu ini termasuk dalam sepuluh bentuk awal dari awan alias genera.

Istilah stratus ini menunjukkan pada stratifikasi atau pelapisan berapa awan terbentuk seperti lapisan atau lembaran.

Awan stratus ini tidak akan membesar secara vertikal, tetapi seperti jenis kumulus. Awan yang satu ini juga akan bertumbuh dengan cara melewati aliran angin. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya terkondensasi pada udara di ketinggian yang cukup rendah.

Awan jenis ini terbentuk dari butiran air dan berada pada ketinggian di atas 1500 meter. Awan stratus sendiri masih bisa berkembang sehingga dapat menghasilkan cuaca yang lumayan buruk dan hujan.

Awan jenis ini mempunyai bentuk yang sama dan lebih cenderung datar dengan warna dasar yang dimiliki abu-abu. Warna inilah yang membuat awan jenis ini bisa membuat terjadinya hujan.

Selain itu bentuk awan stratus ini tipis, sehingga dapat membuat cincin cahaya atau korona yang membentuk akibat dari difraksi sinar bulan atau matahari.

Kombinasi dari awan ini dengan jenis awan lainnya akan membuat beberapa jenis awan baru, seperti :

  • Cirrostratus
  • Nimbostratus
  • Stratokumulus
  • Altostratus

Itulah penjelasan mengenai awan stratus, Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar