Pengertian Asimilasi dan Proses Asimilasi Secara Singkat, Jelas

ASIMILASI ADALAH – proses dari sosial yang terjadi dengan adanya kegiatan mengurangi perbedaan. Hal ini bisa terjadi pada orang perorangan dan kelompok perkelompok dengan menelusuri kepentingan atau tujuan yang sama.

Sedangkan menurut Soerjono Soekanto, Asimilasi adalah suatu proses sosial di taraf lanjut. Asimilasi ini bisa dilihat jika terjadi usaha dari orang perorangan ataupun kelompok perkelompok manusia. Hal ini juga meliputi suatu usaha untuk menjunjung kesatuan tindak, proses-proses mental, dan sikap.

Apabila masyarakat melakukan asimilasi di dalam sebuah kelompok kecil atau besar. Maka mereka tidak akan membedakan dirinya dengan satu anggota kelompok tersebut.

Proses Asimilasi

Asimilasi Adalah
echotuts.blogspot.co.id

Dalam suatu proses asimilasi. Orang-orang akan mengidentifikasikan dirinya sendiri dengan kepentingan dan tujuan dari kelompok. Jika ada dua kelompok manusia yang mengadakan asimilasi, maka batas-batas antara 2 kelompok tersebut akan hilang dan bergabung menjadi satu kelompok.

Secara singkat bisa dijelaskan bahwa proses dari asimilasi ditandai jika pengembangan dengan sikap yang sama. Adapun memiliki sifat emosional dalam mencapai tujuannya atau setidaknya mencapai kesatuan dalam tindakan, pikiran dan organisasi.

Proses asimilasi ini juga bisa timbul jika ada seorang anggota kelompok tadi bisa saling bergaul secara natural dalam waktu yang cukup lama. Sehingga kebiasaan dari kelompok kecil atau besar tersebut bisa berubah dan juga saling menerima.

Sikap yang saling menghargai penting dalam kebudayaan dan didukung oleh masyarakat yang lebih luas. Dimana mereka bisa mengakui kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Dan tentunya bisa lebih mendekatkan masyarakat agar mendukung kebudayaan-kebudayaan organisasi tersebut. Apabila ada suatu prasangka, maka hal ini bisa menjadi penghalang untuk kemajuan proses asimilasi.

Sikap terbuka dari suatu golongan yang sedang berkuasa pada sebuah masyarakat juga bisa mempersingkat proses asimilasi. Hal ini bisa terjadi jika memberikan suatu peluang yang sama pada golongan yang lebih kecil.

Peluang ini bisa berupa mendapat pemeliharaan kesehatan, pendidikan, fasilitas tempat rekreasi dan sebagainya.

Itulah pembahasan seputar pengertian asimilasi dan juga proses asimilasi. Semoga artikel ini bisa membuat Anda lebih paham apa itu pengertian asimilasi dan juga proses asimilasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar