Simak Nih Sejarah Asal Usul Nama dan Makna Logo Nokia

Nokia adalah sebuah perusahaan asal Finlandia yang sempat menguasai pasar telepon seluler di dunia beberapa tahun silam. Sejarah Nokia ini dimulai ketika tahun 1865, Leo Mechelin dan Fredrik Ideastam membangun sebuah perusahaan pembangkit listrik di Tampere Finlandia.

Karena dibangun di tepi sungai Nokianvirta logo Nokia awalnya adalah gambar ikan. Hal ini disebabkan karena sungai ini menjadi jalur ikan salmon yang ingin menetaskan telur mereka. Nama dan Logo Nokia mulai resmi diperkenalkan pada tahun 1871.

Setelah beberapa tahun bergulir, Ideastam merubah perusahaannya menjadi perusahaan kayu yang diolah untuk dijadikan kertas. Perusahaan ini bisa dikatakan sukses karena telah berhasil memproduksi kertas yang diekspor ke Negara Rusia, Prancis, Inggris dan lainnya. Setelah berganti menjadi perusahaan kertas, Nokia mengganti logonya menjadi sebuah lingkaran hitam terdapat nama Nokia melengkung di bagian tenganhya.

Tahun 1967 Nokia bergabung dengan perusahaan lain yang bernama Finnish Cable Works dan mengubah lagi namanya menjadi Nokia Corporation. Logonya pun dirubah juga menjadi tulisan biru muda dan terdapat 3 panah di bagian ujungnya.

Pada warna tulisan Nokia berwarna biru tua sekilas hampir sama dengan warna bendera Finlandia. Namun lagi-lagi diubah warnanya menjadi biru muda. Tiga panah yang terdapat diujung tulisan memiliki makna yaitu berkaitan dengan perangkat ponsel dan koneksi dari ponsel ke tower (BTS).

techno.id
techno.id

Hal ini sangat masuk akal, setelah perusahaan merger, Nokia menjadi lebih fokus pada bisnis yang bergerak dibidang telekomunikasi dan memproduksi telepon seluler.

Lalu Nokia mulai menghapus 3 tanda panah tersebut dan mengubahnya menjadi tulisan saja karena ingin memfokuskan pada filosofi perusahaan yaitu kemudahan (simplicity), reliabel (reliability) dan kemudahan dalam koneksitas (ease of connectivity).

Nokia membuat tulisan Connecting People untuk pengganti 3 tanda panah di bawah tulisan Nokia. Tulisan Connecting People terlihat sangat sederhana karena hanya menggunakan font “Times New Roman”.

Sepertinya para petinggi Nokia belum begitu puas dengan logo yang ini, sehingga mereka menyuruh seorang ahli typografi untuk membuat logo tersebut. Ahli typografi ini lalu mendesain font tulisan dengan warna biru tua.

Mereka juga menambahkan dua gambar telapak tangan yang bersalaman. Makna dari gambar tangan ini adalah  Nokia Corporation percaya bahwa mereka dapat membawa konsumen secara bersama ke puncak dengan saling bahu membahu.

Leave a Comment