Kalau Udah Bisa Nyetir Mobil Sendiri, Harusnya Kamu Juga Mengerti Arti dan Maksud Indikator di Dashboard Mobil Ini

Meski mungkin sudah bisa nyetir mobil sendiri, nggak jarang ada yang belum paham dengan arti atau maksud indikator yang ada pada dashboard mobil. Padahal fungsi dari indikator tersebut untuk mengingatkan kita. Dengan mengetahuinya, berarti kita bisa waspada saat menyetir.

Yuk ketahui apa saja indikator penting yang ada di dashboard mobil itu.

 

Indikator Bertuliskan Check

perfectcarbuyer.com
perfectcarbuyer.com

Kalau indikator bertuliskan check ini menyala berwarna kuning, itu artinya ada yang nggak beres dengan mobilmu. Meski bukan suatu yang parah, tapi sebaiknya kamu mencari bengkel terdekat untuk memeriksakan kondisi kendaraan yang sedang kamu kendarai ini.

Tanda “Low Fuel” Menyala

drbrentchiro.com
drbrentchiro.com

Aha.. kalau yang ini sebagian besar pasti sudah paham maksudnya. Tulisan “low fuel” itu menandakan kalau persediaan BBM sudah menipis. Jadi kamu harus segera mengisinya ke pom bensin terdekat. Lihat juga tanda panah merah yang sudah mendekati huruf E (Empty=kosong).

Indikator Sistem Pendingin Mobil

carmudi.co.id
carmudi.co.id

Nah kalau indikator yang ini menyala di dashboard mobil, itu artinya suhu mesin atau radiator sudah terlalu panas. Jadi baiknya kamu berhenti lebih dulu. Cari tempat yang teduh dan dinginkan dulu mesin mobilmu. Kamu pun juga bisa ikutan istirahat dulu biar tidak terlalu capek menyetir.

Indikator Tekanan Oli Mobil Rendah

carglass.nl
carglass.nl

Ingat, kalau yang ini bukan gambar teko, tapi indikator kalau tekanan oli pada mobil sedang rendah. Kalau peringatan ini menyala, sebaiknya kamu segera cari bengkel terdekat deh untuk memeriksa kondisi oli.

Tanda Peringatan Aki Mobil

dealers.gloveboxcms.com
dealers.gloveboxcms.com

Jika indikator ini yang menyala merah berarti kemungkinan ada masalah dengan aki (accu) mobil atau sistem kelistrikan mobil. Kalau kamu ngerasa gak pede untuk memeriksa sendiri, baiknya segeralah cari bengkel yang terdekat. Biar teknisi mobil bisa segera mengeceknya.

Tanda Hand Rem Belum Dilepasin

yourcarsbestfriend.com
yourcarsbestfriend.com

Kadang saat mobil udah berjalan kamu lupa untuk melepas hand rem. Jadinya indikator ini akan menyala. Yang kamu perlu lakukan ya segeralah untuk melepaskan hand rem itu.

Tanda ABS di Dashboard

paulstravelpictures.com
paulstravelpictures.com

Kalau ABS yang ini artinya bukan “Asal Bapak Senang” tapi antilock brake system. Maksudnya, sensor sistem rem anti terkunci ada masalah. Biasanya sehabis mobil dihidupin, indiaktor ini akan menyala sejenak lalu terus padam. Tapi kalau terusan menyala, berarti ada yang nggak beres dengan sistem ABS-mu. Jadi sebaiknya kamu segera ke bengkel untuk melakukan pengecekan.

Indikator Air untuk Menyemprot Kaca Mobil Depan Tinggal Sedikit

atlanticmotorcar.com
atlanticmotorcar.com

Yap kalau yang ini mungkin kamu udah bisa nebak apa artinya. Betul, itu maksudnya air yang dipakai untuk menyemprot ke kaca mobil sudah tinggal sedikit. Jadi yang kamu perlu lakukan adalah mengisi tempat air itu.

Indikator Lampu Jauh

photobucket.com/user/disepyon
photobucket.com/user/disepyon

Yap, kalau yang ini juga mungkin kamu udah paham. Kalau indikator itu menyala artinya lampu jauh mobilmu sedang aktif. Kamu boleh pergunakan lampu ini kalau jalanan di depanmu sepi. Tapi kalau dari arah depanmu ada kendaraan lain, ya harus kamu matikan. Karena bikin silau men!

Indikator Peringatan Tekanan Ban Rendah

dunntire.com
dunntire.com

Nggak semua mobil yang ebredar di Indonesia terdapat indikator ini pada dashboard-nya. Tapi kalau kamu nemu yang beginian, kamu sudah paham apa yang harus dilakukan. Apalagi kadang indikator ini juga dilengkapi dengan keterangan ban bagian mana yang perlu kamu tambah angin.

Indikator Lampu Kabut di Dashboard

drivingtesttips.biz
drivingtesttips.biz

Yap, kalau yang ini adalah indikator lampu kabut. Berarti kalau indikator ini nyala kamu sedang nyalain lampu kabut. Baiknya memang kamu pakai lampu kabut yang ada di mobilmu terutama ketika melewati jalanan yang berkabut.

Tanda Power Steering Bermasalah

patch.com
patch.com

Kalau tanda ini yang menyala, berarti sistem power steering di mobilmu sedang ada masalah. Memang setir mobil masih berfungsi. Tapi kemudian nggak seringan sebelumnya, Jadi kamu harus keluarkan tenaga ekstra supaya bisa memutar setir mobil ini.

Indikator Kontrol Traksi Mobil

wikipedia.org
wikipedia.org

Jika tanda ini yang menyala berarti ada masalah dengan kontrol traksi pada mobil. Sebaiknya jangan ngebut, jalanlah pelan-pelan dan cari bengkel paling dekat buat mengeceknya. Sebab jika perjalanan dilanjutkan, bakal berbahaya banget.

Nah itulah tanda indikator di dashboard mobil yang perlu kamu pahami. Selain buat kamu yang udah bisa nyetir, baiknya tanda indikator ini juga dimengerti oleh kamu yang berperan sebagai penumpang. Jadi, misalnya sopir kelupaan, kamu bisa ikut mengingatkannya. Iya kan?

Leave a Comment