media-sosial-di-era-19704

Apa Jadinya Jika Sosial Media Sudah Ada di Jaman 70-an?

Di jaman yang semaju ini sosial media sudah menjadi tren gaya hidup bukan lagi sarana komunikasi dan pertemanan di dunia maya. Namun seringkali kemajuan teknologi itu berdampak pada kualitas penggunaannya, bisa dibilang sosial media saat ini hanya untuk ajang pamer eksistensi dan budaya hedonitas saja. Meski begitu tidak sedikit pula yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana bisnis, promosi maupun silaturahmi. Namun bagaimana jika sosial media tersebut muncul lebih awal di jaman 70-an? Kira-kira akan digunakan untuk apa ya oleh orang-orang di jaman itu?

Facebook; Media Berbagi Kabar dan Memantau Pekerjaan

media-sosial-di-era-19701
jalantikus.com

Pada jaman 70-an ternyata facebook digunakan sebagai media komunikasi yang ditujukan untuk berbagi kabar dengan teman dan keluarga. Selain itu facebook juga merupakan media pertemuan anggota grup atau rekanan bisnis untuk membahas pekerjaan yang ingin didiskusikan. Facebook di jaman itu memiliki slogan Striking, Miracolous Social Team-Up! yang dapat diartikan sebagai “terobosan bersosialisasi dalam sebuah komunitas yang menakjubkan” diharapkan bisa menekan biaya berkirim kabar via telegram dan menghemat waktu yang terbuang jika harus menulis surat. Jika sebelum ada facebook berkirim photo sangat mahal dan lama sampainya, maka dengan adanya sosial media ini jadi murah dan cepat. Benar-benar sosial media yang menawarkan keekonomisan dan level komunikasi yang modern di jaman 70-an.

YouTube; Filmmu akan abadi di YouTube

media-sosial-di-era-19702
jalantikus.com

Seandainya saat jaman 70-an sudah muncul YouTube maka pada jaman itu orang-orang tidak perlu khawatir untuk menyimpan dokumen film dan menonton ulangnya tanpa takut salinannya hilang. Sebelum YouTube ada menonton film hanya bisa di lakukan di bioskop atau pertunjukan saja, namun dengan munculnya YouTube menonton film bisa dimana saja. Selain itu jika dulu pemutaran film harus berkeliling bergantian sekarang pemutarannya bisa serempak hanya dengan memutarnya di YouTube. Slogan yang dipakai YouTube adalah your film will last forever on YouTube the champion address-on internet!, yang bila diartikan adalah “filmmu akan abadi di YouTube, yang terbaik di internet! Selain itu Youtube juga menawarkan kemudahan berkirim dan menonton film baik olahraga, berita, iklan dan lain-lain selama 24 jam seminggu nonstop. Cara yang sederhana dan luarbiasa untuk berbagi hiburan pada seluruh keluarga.

Skype; Berinteraksi Dengan Keluarga Melalui Komunikasi yang Menakjubkan

media-sosial-di-era-19703
jalantikus.com

Jika saat jaman 70-an sudah ada telepon maka berkomunikasi via suara sudah berkembang. Namun ternyata kemunculan Skype justru adalah terobosan berkomunikasi via suara yang sangat pesat. Jika telepon hanya memuat suara maka Skype bisa memuat suara dan gambar dua arah dari orang yang menjalin komunikasi. Skype menawarkan kualitas berkomunikasi dengan keluarga via internet meski mereka dalam jarak yang amat jauh untuk bertatap muka. Ini adalah sebuah terobosan yang ajaib karena bisa menghubungkanmu via gambar dan suara di era modern ini. Skype mempunyai slogan the fabulous voice system able to put your family together atau bisa diterjemahkan sebagai “cara berinteraksi dengan sanak saudara melalui komunikasi suara yang menakjubkan”. Sangat cocok untuk yang sedang berada di tempat jauh namun ingin menjalin komunikasi dan silaturahmi yang intens menggunakan internet.

Twitter; Berkirim Surat Dalam Komunitas Hanya Dengan Menulis 140 Karakter Saja

media-sosial-di-era-19704
jalantikus.com

Jika di jaman itu menulis surat memakan banyak waktu, tenaga dan biaya maka setelah hadirnya Twitter semua itu sudah tidak berlaku lagi. Twitter menyediakan kemudahan, kemurahan dan juga kecepatan dalam berkirim surat. Bahkan Twitter menyediakan komunikasi dalam dua arah yang memungkinkan seseorang berbagi foto, video, informasi termasuk kabar pada sanak famili dan teman-teman. Semua fasilitas tersebut bisa dilakukan hanya dengan mengikuti atau diikuti oleh orang yang ingin lebih tahu informasi tentang kamu. Motto dari Twitter sendiri adalah the sublime, mighty community with just 140 letters yakni “berkirim surat dalam komunitas hanya dengan menulis 140 karakter saja”. Benar-benar sangat canggih di jamannya. Luarbiasa.

Leave a Comment