Cara Sederhana Membuat Anyaman dari Sedotan

Sedotan setelah digunakan akan menjadi sampah yang tidak berguna. Ditambah lain dengan bahan utamanya dari plastik membuat sampah sedotan sulit sekali untuk hancur dan diuraikan oleh bakteri. Karena semakin menumpuknya sampah tersebut membuat banyak orang mulai berfikir bagaimana cara memanfaatkan sampah sedotan untuk dijadikan barang yang berguna. Dengan mempergunakan kembali sampah sedotan akan membantu mengurangi sampah plastik dalam tanah.

Akhirnya muncul ide yang sangat cemerlang sekali dengan menggunakan sedotan sebagai anyaman. Dengan dijadikan anyaman maka sampah sedotan bisa berubah wujud menjadi barang–barang berguna seperti tas, vas bunga, lampu hias dan masih banyak lagi lainnya. Selain dalam bentuk anyaman, sedotan juga bisa dijadikan hiasan bunga yang kemudian dihiasi lampu agar tercipta warna–warna yang indah terpantul dari warna sedotan tersebut.

Tapi kali ini yang akan dibahas adalah anyaman dari sedotan. Dengan membentuk sedotan menjadi lembaran anyaman, maka ada banyak barang bisa tercipta dari lembaran anyaman dari sedotan tersebut. Hal ini mengingat anyaman dari sedotan mempunyai sifat yang kuat dan juga lentur. Ditambah lagi dengan sifat dari plastik yang tahan lama dan tahan segala cuaca, terkecuali tidak tahan terhadap api.

Membuat anyaman dari sedotan membutuhkan kesabaran ekstra, hal ini karena anyaman tersebut akan dibuat menggunakan potongan–potongan sedotan yang kemudian disatukan dengan simpul anyaman. Penasaran kan? Ayuk kita coba. Yang harus kamu siapkan adalah sedotan bekas yang sudah kamu cuci terlebih dahulu dengan deterjen yang tidak panas ataupun dengan sabun cuci piring, kemudian jemur sampai kering. Alat selanjutnya adalah gunting dan terakhir adalah klip.

Pertama kamu membentuk anyaman dengan yang terdiri dari empat bilah sedotan yang kamu lipat pada bagian tengah sehingga sedotan tersebut berbentuk tekukan. Keempat bilah sedotan tersebut kamu buat mengunci satu sama lain.

Kemudian dari sisa sedotan yang tidak terkunci kamu jadikan kuncian lain dengan menambahkan 3 sedotan. Buat anyaman yang sama dengan menggunakan 3 bilah sedotan dan 1 sisa perpanjangan anyaman pertama. Lakukan terus menerus sampai membentuk lembaran agar bisa kamu bentuk sesuka hati.

Oh iya, fungsi dari klip adalah untuk mengikat kuncian, karena semakin lama akan semakin banyak sisa dari anyaman yang harus kamu urus agar tidak terlepas kunciannya. Selamat mencoba ya.

Leave a Comment