Ini 4 Daftar Penyakit yang Siap Menyerang Saat Tubuhmu Kekurangan Karbohidrat

Setiap orang Pasti mengharapkan tubuhnya sehat dan tetap prima. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat salah satu caranya adalah memenuhi asupan vitamin dan nutrisi setiap harinya. Salah satunya adalah karbohidrat. Kekurangan karbohidrat adalah hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
Karbohidrat memiliki Fungsi dan peranan penting dalam proses Metabolisme serta melancarkan pencernaan dan memaksimalkan kerja protein.

Berikut ini adalah dampak penyakit yang ditimbulkan karena kekurangan karbohidrat

Salah satu akibat ketika kamu kekurangan karbohidrat. | Pict by. disehat.com
Salah satu akibat ketika kamu kekurangan karbohidrat. | Pict by. disehat.com

1. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh rendahnya gula dalam darah sekitar 70 mg/dL. Penyakit ini terjadi pada semua kalangan baik anak – anak maupun Orang Tua. Gejala awal penyakit ini adalah kulit yang selalu basah, cepat marah, sering berkeringat dan detah jantung cepat dan sering lapar.

Kamu bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari.

2. Kwasiorkor

Ini adalah penyakit yang masuk ke dalam kategori penyakit kurang kalori dan protein. Ciri – ciri seseorang yang terserang penyakit ini adalah mengalami rambut rontok, badan lemes, sulit keriput, kurus dan raut muka seperti orang tua meskipun umurnya muda. Gejala awal penyakit ini adalah berat badan yang sedikit menurun, Anemina, perut membesar serta diare.

3. Maramus

Akibat kekurangan Karbohidrat selanjutnya adalah mengalami penyakit marasmus. Maramus adalah gangguan kesehatan yang pada umumnya terjadi kepada anak – anak yang berusia di bawah 5 Tahun. Penyebabnya adalah premature, Kekurangan vitamin, kelaparan kronis dan masih banyak lagi. Untuk mencegah penyakit ini adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan diet seimbang dan mengkonsumsi air bersih.

4. Maramus – Kwasiorkor

Penyakit ini merupakan campuran dari penyakit marasmus dan kwasiorkor yang ditandai dengan adanya wasting dan edema pitting bilateral. Penyakit ini dapat dimasukkan kedalam kategori penyakit yang sangat kekurangan Nutrisi. Penyebabnya adalah kekurangan karbohidrat dan protein. Penyakit ini memiliki ciri – ciri seperti menurunnya kadar protein dalam darah, otot melemah, apatis, kulit kering dan edema.

Demikianlah beberapa daftar penyakit akibat kurang karbohidrat. Semoga kita selalu bisa menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasanmu mengenai karbohidrat.

Kamu juga bisa baca artikel Penulis tentang cara hidup sehat di Gaya Hidup Sehat Dengan Menhindari 5 Makanan Berkolestrol Tinggi