Penyebab banjir

Penyebab Banjir Serta Dampak yang Akan Ditimbulkan

Banjir adalah salah satu bencana alam yang terjadi karena adanya air yang berlebihan hingga merendam daratan. Bencana ini tidak bisa dihindari jika sudah masuk pada musim penghujan, di mana debit air yang bertambah banyak dan melimpah hingga sungai-sungai tidak mampu menampung jumlah airnya. Jika volume banjir semakin banyak, bencana ini dapat merugikan secara materi maupun nyawa seseorang.

Di beberapa daerah banjir bisa terjadi karena sistem drainase air yang kurang baik, selokan yang mampat, sungai yang berubah fungsi menjadi tempat sampah dan bisa juga karena jebolnya tanggul-tanggul yang menahan luapan air.

Bisa terjadi karena faktor alam sendiri, tetapi juga bisa terjadi akibat ulah manusia. Apalagi di jaman sekarang banyak terjadinya banjir disebabkan karena manusi, banyaknya tempat aliran air yang berubah menjadi tempat pembuangan sampah, penebangan pohon secara liar dan tidak diimbangi dengan reboisasi. Pembangunan rumah di pinggir–pinggir sungai yang mengakibatkan semakin sempitnya sungai.

Banyak dampak dari peristiwa tersebut yang mengakibatkan kerusakan dan merugikan banyak orang. Perlindungan nyawa pun sangat diperlukan, terutama bagi yang tinggal di pemukiman pinggir sungai. Sarana dan prasarana yang terkena banjir besar bisa saja rusak.

Gedung, rumah, angkutan dan lain-lain bisa rusak jika diterjang banjir secara berlebihan. Melumpuhkan jalur transportasi darat, menghilangkan harta-benda, menghentikan aktivitas kegiatan sehari-hari, pemadaman listrik dan dapat terjadi erosi tanah maupun longsor.

Timbulnya berbagai macam penyakit, seperti demam berdarah dan diare. Demam berdarah bisa terjadi karena adanya sisa sisa air yang menggenang pada selokan-selokan yang mampat, kaleng-kaleng bekas pada tumpukan-tumpukan sampah dan beberapa tempat yang ada genangan air.

Demam berdarah sering muncul ketika sudah memasuki musim penghujan, di mana air kotor adalah tempat utama perkembangbiakan nyamuk-nyamuk pembawa virus demam berdarah. Sedangkan diare dapat terjadi karena sisa-sisa air kotor. Juga terkadang gatal-gatal dapat timbul sebab bekas banjir dan lumpur yang membawa kuman-kuman.

Banjir, merupakan bencana tahunan yang selalu datang saat musim hujan. Namun pencegahan juga tetap harus dilaksanakan, seperti jangan membuang sampah sembarangan terutama jangan membuang sampah ditempat-tempat aliran air, jangan menebang pohon secara liar dan lakukan reboisasi. Yang paling penting adalah tingkat kesadaran dari manusia itu sendiri yang bisa menyelamatkan lingkungannya sendiri.

1 thought on “Penyebab Banjir Serta Dampak yang Akan Ditimbulkan

  1. Banjir menurutku memang paling besar karena perbuatan manusia. Jika manusia2 sadar dan peduli pada lingkungan, pastinya banjir yg terjadi gak akan spt skrg.
    Btw itu foto yg di atas, aku ngebayangin merek harus ke kantor dg menerjang banjir. Lantas kalo sdh smp kantor apa mereka bisaa kerja dg baju/sepatu yg basah kuyub?

Leave a Comment