Air Terjun Sri Gethuk, Pesona Keindahan Alam di Jogja

Jogja emang nggak ada matinya, apalagi kalau ngomongin soal tempat wisata. Selalu aja ada hal baru yang mungkin belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Contohnya nih ya, kamu pasti belum pernah kan menyusuri semua pantai yang ada di Gunung Kidul? Di sana ada banyak banget pantainya lho. Kalau kamu mau menyusurinya selama satu hari saja, nggak akan cukup deh waktunya.

Selain pantai, di Jogja juga banyak tempat wisata lain lho, ada wisata di Gunung Merapi, Kali Biru, Kebun Buah Mangunan, Gua Pindul, dan masih banyak lagi wisata-wisata alam yang bisa kamu jelajahi di Jogja.

Nah, ngomongin soal wisata alam yang ada di Jogja, ternyata ada juga lho tempat wisata di Jogja berupa air terjun. Kalau kamu pernah dengan nama Sri Gethuk, itu dia nama air terjunnya.

 

Letak Air Terjun Sri Gethuk

pegipegi.com
pegipegi.com

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menuju ke Air Terjun Sri Gethuk

roadintravel.com
roadintravel.com

Buat kamu yang pengen mengunjungi Sri Gethuk, ada dua jalur yang bisa kamu pilih. Dua jalur ini buat kamu yang naik kendaraan pribadi ya.

Jalur pertama, kamu harus masuk ke Jalan Wonosari terlebih dahulu, setelah itu menuju Pathuk. Setelah sampai, jalan terus sampai pertigaan Gading. Kemudian menuju Playen dan langsung ke Bleberan.

Jalur kedua, jalur yang ini merupakan jalan alternatif melalui Jalan Imogiri Barat. Setelah itu menuju Jalang Panggang, lalu ke Panggang. Kemudian kamu menuju arah Paliyan, lalu Playen, dan akhirnya sampai ke Bleberan

Nah, setelah sampai Bleberan, kamu tinggal cari jalan untuk sampai ke Air Terjun Sri Gethuk.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk

katalogwisata.com
katalogwisata.com

Namanya saja Air Terjun Sri Gethuk, tentunya ini merupakan wisata alam berupa air terjun. Tapi, di sana nggak ada gethuknya ya, itu cuma namanya aja.

Di sana, kamu dapat menikmati bentang alam yang hijau dengan air sungai yang hijau pula. Pemandangan yang mungkin jarang sekali kamu temui, apalagi di tengah kota. Bahkan, ada yang bilang juga kalau Air Terjun Sri Gethuk merupakan Grand Canyon-nya Jogja.

telusurindonesia.com
telusurindonesia.com

Keindahan lain dari Sri Gethuk adalah air terjun ini dikelilingi tebing dengan ketinggian sampai 50 meter. Wah, itu tinggi banget dan pasti akan sangat indah dengan pemandangan air terjun di tengahnya.

Untuk dapat menikmati keindahan Sri Gethuk, kamu harus berjalan terlebih dahulu melewati jalan setapak dan pematang sawah sejauh kurang lebih setengah kilometer. Nggak cuma segitu aja, kamu masih harus menuruni tangga yang jumlahnya 96 anak tangga.

Pelangi di Sri Gethuk

piknikkejogja.wordpress.com
piknikkejogja.wordpress.com

Bukan cuma pemandangan air terjunnya saja yang dapat kamu nikmati keindahannya. Di Sri Gethuk, kamu juga bisa melihat pemandangan yang menarik. Di sana ada tiga buah mata air yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul.

Nggak cuma itu aja keunikan dari Sri Gethuk, ketika musim hujan tiba, kamu dapat melihat pelangi yang membersamai jatuhnya air di sana. Momen yang langka dan mungkin kamu bisa menemuinya jika berkunjung ke tempat wisata ini.

duniasulis.wordpress.com
duniasulis.wordpress.com

Di tempat wisata ini, kamu bisa mengambil beberapa gambar untuk diabadikan. Tapi harus diingat, jangan sampai kamu merusak apa yang ada di sana. Tentu kita semua nggak mau, dengan banyaknya wisatawan yang datang ke tempat wisata ini, malah membuat keindahannya jadi hilang.

Jadi, ketika kamu berkunjung ke tempat ini, selalu jaga sikap. Jangan ber-selfie beramai-ramai dalam satu tempat, jangan pula kamu buang sampah sembarangan. Selalu simpan terlebih dahulu sampah yang kamu bawa, nanti kalau sudah ketemu tempat sampah, baru deh buang sampahnya.

Leave a Comment