Madakaripura1

Pesona Keindahan Air Terjun Madakaripura yang Cocok Digunakan Sebagai Spot Fotografi

AIR TERJUN MADAKARIPURA – Indonesia memang kaya akan keindahan alam dan objek wisatanya. Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau yang menyimpan kekayaan alam dan surga pemandangan yang menakjubkan. Tentu saja hal iti dapat membuat beberapa tempat layak untuk dijadikan tempat wisata. Tempat-tempat wisata tersebut terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah pantai, gua, telaga, bukit, gunung, kompleks sejarah, dan juga air terjun.

Dari sekian banyak objek wisata yang sering dikunjungi oleh pelancong, air terjun merupakan objek wisata yang cukup digemari. Selain air terjun membawa hawa sejuk, objek wisata ini juga memberikan efek positif pada psikologi orang yang melihatnya. Selain itu objek wisata air terjun juga sangat digemari oleh pelancong karena sangat cocok untuk dijadikan spot fotografi. Salah satu objek wisata air terjun yang menawarkan sensasi keindahan alam yang cantik untuk spot fotografi adalah air terjun madakaripura. Bagaimanakah keindahannya? Ini dia spot-spotnya:

Patung Gajah Mada yang Sedang Bertapa

gajahmada
didisupriadiphotography.wordpress.com

Jika kamu datang ke objek wisata air terjun madakaripura, maka kedatanganmu akan disambut oleh patung Gajah Mada yang sedang betapa dengan bersila. Tempat inilah spot yang sangat bagus untuk kamu berfoto, apalagi jika cuaca cerah dan kamu datang di sore hari pasti sangat indah.

Jalan Menuju Air Terjun Madakaripura

imgp2775
refanbloue.wordpress.com

Selain spot fotografi tadi ada juga spot fotografi yang sangat sayang jika dilewatkan di sini. Spot itu adalah jalan setapak menuju air terjun madakaripura. Selain kondisinya yang masih alami dan terlihat asri, jalan ini juga diapit oleh tebing batu yang menjulang tinggi. Jadi jangan pernah lewatkan spot berikut ini jika kamu sedang ada di sana.

Area Jatuhnya Air

DSC01625
shafarani.blogspot.com

Kalau spot yang satu ini pasti kamu tidak akan lupa mengabadikannya. Karena mana mungkin jauh-jauh bepergian ke air terjun madakaripura tapi tidak mencoba air terjun dibawahnya. Paling tidak kamu bisa mencoba mengabadikan beberapa orang yang sedang mencoba sensasi airnya. Wah pasti lama-lama kamu juga tidak tahan jika tidak mendekat ke sana.

Langit Diatas Air Terjun

img_0107
intaninchan.wordpress.com

Setelah sampai dibawah air terjun jangan lupa memasang penutup kamera agar kamera tidak basah terkena percikan air terjun. Coba tengoklah keatas dan apa yang kamu dapati? Luar biasa! Pemandangan Langit diantara tebing yang hiaju merupakan spot yang jarang kita temui selain di madakaripura.

Begeserlah Sedikit Lebih Jauh Dari Air Terjun

maxresdefault
i.ytimg.com

Begeserlah sedikit lebih jauh dari air terjun maka kamu akan menjumpai pemandangan yang sekali lagi tidak akan pernah kamu dapatkan dimana-mana selain di sini. Tebing disekitar air terjun ini sangat membius mata fotografer khususnya dengan lanscapenya. Luarbiasa indah.

Jika Kamu Beruntung< Cahaya Surga Mungkin Terlihat Di Sana

16c0c578381615ec39326a0ff1e055d31
terpadu.com

Jika kamu beruntung ketika datang di saat cuaca sedang cerah, maka pulanglah agak senja. Senja di sana sangat luar biasa. Tiba-tiba muncul sinar matahari yang mengenai tebing-tebing hijau seperti cahaya yang turun dari surga.

Salam Manis Untuk Perpisahan

Madakaripura1
blog.misteraladin.com

Setelah seharian penuh berfoto di madakaripura, sekarang waktunya mengucapkan selamat tinggal pada air terjun luar biasa ini. Salam manis dari kejauhan dan kenangan terakhir yang tersimpan di kamera ini akan ku ingat selamanya. Selamat jalan air terjun madakaripura sampai bertemu dilain waktu. Salam hangat dari satu diantara jutaan penduduk Indonesia yang mengagumimu.

Legenda Air Terjun Madakaripura

legenda madakaripura
ngadem.com

Nama Madakripura,  terkait sangat erat dengan sejarah panjang Kerajaan Majapahit di masa kejayaannya, Hayam Wuruk dan Gajah Mada berhasil menyatukan bumi Nusantara yang membentang dari Wanin hingga Madagaskar. Gajah Mada yang lihai dalam strategi, diplomasi, dan perang, berhasil meruntuhkan kepercayaan raja-raja Nusantara di masa itu, sehingga mereka mau berucap janji setia dalam naungan Surya Majapahit. Seperti apa sepak terjang Gajah Mada dalam menyatukan Nusantara memang masih menjadi sebuah misteri karena bigitu sedikitnya literatur dan sumber yang membahas mengenai hal tersebut.

Madakaripura sendiri  berarti “tempat  tinggal  md1terakhir” Pengunaan nama ini diambil dari kepercayaan masyarakat sekitar yang mengatakan, disinilah Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya. Beberapa sumber dan literatur mengatakan bahwa setelah peristiwa Perang Bubat dimana seluruh rombongan dari kerajaan Sunda Galuh terbantai  Gajah  Mada di copot dari jabatanya sebagai mahapatih di Majapahit. Tragedi Perang Bubat telah melukai begitu banyak pihak dan berdampak sangat luas. Prabu Hayam Wuruk terluka karena cintanya yang sedang mekar tiba-tiba dihadapkan pada maut. Keluarga Raja Majapahit terluka karena akar sejarahnya yang begitu dekat dengan Sunda Galuh mendadak dipangkas dengan paksa. Sunda Galuh adalah pihak yang paling terluka, bukan saja karena harga diri yang dilecehkan tanpa ampun, melainkan juga karena semangat perdamaian, harapan, dan kepercayaan mereka terhadap Majapahit dinodai hingga titik paling hitam.

Bagaimana dengan Gajah Mada? Gajah Mada ditempatkan sebagai pihak paling bersalah atas tragedi itu. Ia dihujat, dicaci, dan dicela. Namun, sesungguhnya sang legendaris ini juga merasa terluka. Ia terluka karena merasa kerja kerasnya selama dua puluhan tahun lebih pada akhirnya tak ada harganya sama sekali. Segala pengorbanan yang ia berikan untuk dapat menyatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah panji-panji Majapahit justru gagal di langkah terakhir.

Namun, tak peduli betapapun kecewa Gajah Mada mendapati kenyataan cita-citanya tak terwujud secara sempurna, ia tetap bersalah telah menyebabkan ratusan orang terbantai. Ia bersalah telah mengubah lengkung janur kuning menjadi ratap perkabungan. Gajah Mada pun harus menerima hukumannya. la dihempaskan dari dhamparkepatihan dan harus melewati hari tua di Madakaripura, sebuah tempat terpencil dan jauh dari segala ingar-bingar urusan duniawi. Ia menenggelamkan diri dalam kesunyian dan terus berdoa pada Sang Pencipa, sampai akhirnya, ia meninggal dunia dalam kesunyian yang tiada tara. Disaksikan butiran-butiran abadi air terjun yang memantulkan cahaya matahari dan menciptakan pelangi, tangga warna dari Nirwana. Air yang turun deras dan memantulkan bianglala ini kemudian dikenal sebagai air suci ‘Tirta Sewana’. Air ini, dipercaya memiliki kelebihan luar biasa sehingga bisa menyembuhan orang sakit dan bisa membuat kita awet muda.

Di luar mitos ini, Madakaripura dikenal sebagai tempat wisata alam terbuka yang menonjolkan daya tarik air terjun dengan ketinggian sekitar 200 meter. Air terjun ini berkumpul di relung sempit dengan diameter 25 meter. Kawasan wisata ini berada sekitar 620 meter diatas permukaan air laut, dan terletak di kawasan Tengger, tak jauh dari Bromo. Tak heran jika beberapa travel agent yang menyiapkan Bromo sebagai daerah tujuan, biasanya juga menyisipkan Madakaripura sebagai tempat tujuan wisata.

Sumber di Madakaripura menyebut, sebenarnya ada lima air terjun di kawasan ini. Dengan gamblang kita bisa melihat tiga air terjun yang ada. Sementara dua  md6lainnya, mesti dicari karena tersembunyi di balik air terjun yang lain. Sementara di tengah tebing, di balik air terjun yang paling besar, terdapat rongga menganga yang melintang secara horisontal. Penduduk setempat percaya, di lubang inilah Sang Patih Gadjah Mada biasa duduk diam, bersemedi dalam keheningan rasa.

Misteri di Air Terjun Madakaripura

Air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo dan terkenal dengan keindahannya ini ternyata juga mempunyai sisi lain yang menarik untuk dibahas. Selain sejarahnya yang lekat dengan Patih Agung dari Kerajaan Majapahit, Gajah Mada. Salah satunya adalah misteri tentang munculnya harimau putih.

Menurut keterangan penduduk sekitar, harimau putih itu merupakan penunggu air terjun Madakadipura. Biasanya sosok mistis tersebut muncul di beberapa bagian air terjun tiap tahunnya.

Akan tetapi, 5 tahun belakangan ini, harimau putih itu sudah jarang terlihat lagi, lebih tepatnya semenjak air terjun Madakadipura mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Suhardi yang merupakan juru kunci Madakadipura mengatakan, “Sudah jarang terlihat, sekitar 5 tahun lalu sering, setiap setahun sekali muncul. Tapi sekarang tidak pernah”.

Tidak hanya itu, Suhardi juga mengatakan bahwa harimau putih tersebut adalah perwujudan gaib dari teman Mahapatih Gajah Mada, yaitu Kyai Dodo Putih. Oleh karena itu, kehadirannnya di Madakaripura merupakan sebagai penjaga saja dan tidak akan menganggu atau jahil pada pelancong atau warga sekitar.

Namun, Suhardi mengingatkan kepada wisatawan agar tidak sembarangan berkata kasar atau negatif mengenai air terjun Madakadipura, sehubungan keberadaan harimau putih itu.

Ujar Suhardi, “Harimau putih itu kan penjaga di sini. Ya sebaiknya pengunjung tidak asal ngomong soal jelek soal Makadipura, misalnya ‘cuma air terjun gini’. Soalnya Madakadipura kan juga ciptaan Yang Maha Kuasa.

Persiapan Jelajah ke Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Mengunjungi tempat wisata alam seperti menjelajah ke air terjun Madakaripura di wilayah Probolinggo, Jawa Timur ini membutuhkan persiapan yang matang.

Hal ini dikarenakan akses menuju lokasi yang tidak semudah yang dibayangkan oleh wisatawan. Itulah sebabnya kamu menulis beberapa hal penting yang anda butuhkan sebelum melakukan penjelajahan ke air terjun yang ada di sekitar wilayah Taman Nasional Gunung Bromo – Semeru – Tengger, dan lainnya.

Air terjun Madakaripura di Probolinggo ini dikenal sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa dan nomor 2 di Indonesia dengan ketinggian 200 meter. Nama objek wisata ini berarti “tempat terakhir” karena diyakini sebagai tempat semedi Mahapatih Gajah Mada dan akhir hayatnya di tempat ini.

Lokasi dan Akses

Ada beberapa akses jalan yang dapat anda jalani jika ingin mengunjungi tempat ini. Lokasinya berada di kecamatan Lumbang di Probolinggo.

Jika anda melakukan perjalanan wisata ke gunung Bromo, maka Objek indah ini hanya berjarak 5 KM dari jalan raya menuju kawasan wisata tersebut (desa Sukapura).  dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit hingga sampai di tempat ini.

Persiapan detail

Sebelum anda berkunjung ke air terjun indah di Jawa Timur ini, alangkah baiknya anda persiapkan beberapa hal berikut ini :

  1. Persiapan Dana

Siapkan sejumlah uang untuk biaya perjalanan ke Madakaripura ini. Selain digunakan untuk transportasi, porter dan tiket masuk serta konsumsi dan akomodasi.

Ada juga tempat menginap yang bagus dan dekat dengan lokasi air terjun ini yang berada di kawasan Bromo atau menginap di kawasan wisata di sekitar malang dan area Batu.

Tarif angkutan umum menuju Madakaripura tidak sampai Rp. 25.000. Tetapi jika anda menyewa mobil dari Probolinggo, biasanya dikenakan tarif sekitar Rp. 150.000 (PP, termasuk supir dan BBM).

Untuk tiket masuk ke air terjun dikenakan Rp. 5000 per orang dan jika menggunakan jasa pemandu lokal dikenakan Rp. 50.000 per porter. Tentu saja tarif ini tidak terlalu mahal seperti saat berlibur bersama anak ke Kidzania jakarta, yang memerlukan dana hingga ratusan ribu rupiah per orang saat akhir pekan.

  1. Persiapan fisik

Pastikan anda memiliki kekuatan fisik yang prima karena perjalanan lumayan berat. Naik turun bukit dengan beberapa titik yang mudah longsor dan licin. Anda harus berhati-hati saat melewati jalan setapak yang sering dilalui longsoran tanah gunung.

Apabila anda menggunakan pemandu, sudah pasti anda tidak akan merasa berat melalui medan perjalanan sejauh 1 KM.

  1. persiapan konsumsi

Secara umum anda tak perlu khawatir dengan makanan karena di sepanjang jalan menuju lokasi tersedia warung yang dapat dijadikan tempat beristirahat dan mencicipi makanan ringan.

Namun yang pasti, jangan sampai anda kekurangan air minum. Perjalanan naik turun bukit sudah pasti membuat pengunjung dahaga.

  1. Persiapan pakaian

Mengapa sangat penting membawa baju ganti? Tentu saja karena berwisata ke air terjun seperti di Madakaripura ini tidak menyenangkan jika anda tidak berkomunikasi dengan airnya.

Masukkan baju dan celana pengganti ke dalam ransel anda. Tak perlu khawatir beban berat karena ada porter yang akan membantu membawakan dan menjaga barang anda. Untuk terhindar dari percikan air, beberapa warung juga menyediakan payung untuk disewa pengunjung.

  1. Persiapan dokumentasi Bila Perlu

Sungguh keteledoran yang sangat disayangkan apabila anda tidak membawa peralatan fotografi saat berkunjung ke air terjun terindah ini. Dokumentasikan perjalanan anda dengan kamera perekam video maupun foto.

Saran dan Tips

Melihat keindahan air terjun Madakaripura Jawa Timur ini perlu dibarengi dengan kenyamanan yang tinggi. dengan begitu kunjungan anda bisa lebih berkesan dan menyenangkan. berikut adalah saran dan tips dari kami :

  • Kenakan alas kaki khusus seolah sedang naik gunung. Pakaian yang nyaman dan santai adalah pilihan terbaik untuk dikenakan.
  • Pastikan datang pada waktu pagi hari. Konon ada mitos yang beredar di kawasan ini yakni agar anda datang sebelum jam 14.00 WIB.

    Karena menjelang sore sering terjadi hujan serta jalan keluar dari kawasan air terjun sering terendam banjir dan longsor.
  • Setelah tiba di air terjun, luangkan waktu untuk sejenak untuk beristirahat sejenak sebelum anda bermain di sekitarnya. Arus air yang cukup deras menjadi berbahaya jika anda kurang konsentrasi karena kelelahan.
  • Terdapat beberapa air terjun di kawasan Madakaripura ini. Kami telah mencatat ada 5 objek, mulai dari yang debit airnya kecil hingga yang deras.

    Masing-masing mempunyai tingkat kesulitan tersendiri terutama jika anda ingin mendekat ke lokasi. Jalan dengan batu-batu licin menjadi tantangan tersendiri untuk anda.
  • Lengkapi perjalananmu dengan berjalan menuju goa yang ada di dekat air terjun Madakaripura. Berselfie di gua ini sangat eksotis. Namun anda perlu berhati-hati karena batu-batunya cukup licin yang akan menghadang anda sebelum sampai di goa.
  • Waspadalah, ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab ia  akan mengganggu perjalanan liburan anda.

    Seperti tiba-tiba muncul di tengah jalan dan seolah-olah menemani dan ngobrol dengan porter anda, kemudian setelah tiba di lokasi akan meminta uang.

    Untuk itu Mintalah kepada porter untuk mengusir mereka secara halus. Begitu juga pada saat sampai di parkiran saat ingin pulang.

    Ada juga oknum yang berdalih telah mencuci motor atau mobil anda kemudian meminta uang jasa. Sebaiknya ingatkan supir yang membawa mobil untuk waspada terhadap oknum seperti ini.

Dengan segala persiapan-persiapan detail yang telah kami sampaikan di atas, dapat diyakini anda akan merasa lebih nyaman saat berkunjung dan menikmati keindahan air terjun Madakaripuran probolinggo ini. Ciptakan perjalanan yang berkesan saat menuju tempat indah di alam Jawa Timur ini yang tak terlupakan.

Leave a Comment